Anda Sulit Tidur, Atasi Dengan 6 Makanan dan Minuman Enak Ini

Susah tidur atau seringkali disebut dengan insomnia, merupakan sebuah penyakit yang cukup serius. Dimana jika penyakit ini menyerang, para penderitanya akan mengalami gangguan saat tidur. Dengan keadaan yang demikian, tentu saja kesehatan tubuh penderitanya akan mengalami penurunan performa. 

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh lemah dan mudah terserang  berbagai macam penyakit. Hal yang lebih parah lagi adalah insomnia dapat menyebabkan kecelakaan. Karena orang yang menderita insomnia akan lebih sering mengantuk di siang hari. Dimana jika hal tersebut terjadi pada para pengendara sepeda atau mobil, risiko mengalami kecelakaan akan sangat tinggi.

Banyak cara untuk mengatasi masalah gangguan susah tidur, mulai dari konsumsi obat atau bahkan pergi ke Dokter untuk berkonsultasi. Namun kami punya saran untuk anda sebelum mengkonsumsi obat atau berkonsultasi ke Dokter terkait masalah kesehatan tersebut. Anda bisa memanfaatkan jenis makanan lezat berikut ini untuk mengatasi masalah sulit tidur yang Anda derita:

1. Jus ceri
Dalam sebuah penelitian terbaru ditemukan fakta mengejutkan bahwa, ceri mampu mengatasi masalah insomnia pada orang dewasa.  Dengan mengkonsumsi ceri sebelum tidur dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung, akan menambah intensitas tidur seseorang lebih lama sekitar 84 menit /malamnya. Ceri,  buah ini mengandung sejumlah hormon tidur seperti melatonin, dan juga asam amino yang dapat memicu rasa kantuk.

2. Buah kiwi
Manfaat buah kiwi sebagai obat tidur alami, memang baru diketemukan oleh para peneliti. Buah kiwi mengandung senyawa baik yang mampu mengatasi gangguan tidur pada seseorang. Dimana jika sebelum tidur Anda mengkonsumsi buah kiwi, maka intensitas tidur akan lebih panjang satu jam, serta kualitas tidurnya akan lebih nyenyak.

3. Rumput laut
Sejumlah ilmuwan yang berasal dari University of Oxford, telah melakukan beragam riset terkait manfaat rumput laut dalam mengatasi kualitas tidur anak-anak. Dan hasilnya sangat mengejutkan, ternyata mengonsumsi rumput laut mampu mempermudah seseorang cepat terlelap dan terhindar dari insomnia. Hal itu dikarenakan, rumput laut memiliki kandungan omega-3 DHA yang mampu menstimulus tubuh agar cepat tidur. 

4. Walnut
Walnut, makanan yang satu ini termasuk makanan nikmat yang mengandung banyak sekali melatonin, yang sejatinya merupakan jenis hormon pemicu rasa kantuk. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa, mengkonsumsi segenggam Walnut dapat meningkatkan kualitas tidur dengan lebih baik. Oleh sebab itu mengkonsumsi walnut sebelum tidur bagi para penderita insomnia sangat dianjurkan.

5. Almond
Salah satu faktor penyebab gangguan tidur adalah, kurangnya asupan magnesium dalam tubuh. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah susah tidur, seseorang bisa memanfaatkan makanan yang kaya akan magnesium seperti almond. Dimana jenis kacang ini merupakan salah satu jenis kacang yang sangat kaya akan kandungan magnesiumnya, Sehingga setelah mengkonsumsinya anda akan cepat terlelap. 

6. Teh Chamomile
Teh Chamomile merupakan minuman yang memiliki efek relaksasi, yang mampu membuat seseorang lebih cepat terlelap. Dimana jika seseorang mengkonsumsinya sebelum tidur, maka bisa dipastikan intensitas tidur mereka akan lebih panjang serta kualitas tidurnya juga bisa lebih baik.

Nah, itulah jenis makanan dan minuman nikmat yang bisa membuat tidur anda lebih berkualitas, tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Dimana dengan mengkonsumsi makan tersebut, anda akan lebih cepat terlelap tanpa pernah merasa takut akan efek sampingnya. Selain itu, jika ada obat alami yang lebih sehat, mengapa kita harus memilih obat yang dapat memberikan efek samping yang tidak baik bagi tubuh ?
Artikel Terkait