5 Cara Mudah Menghindari Gigitan Nyamuk

Nyamuk binatang penghisap ini, sepertinya sudah menjadi satu bagian dengan kehidupan manusia. Kehadirannya begitu mengusik ketenangan, terutama di malam hari. Pastinya anda semua sering merasakan kehadiran nyamuk yang sangat mengganggu bukan?. Di malam hari mereka hadir dengan suara yang sangat mengganggu, belum lagi jika kulit kita digigit, pasti akan merasakan gatal hingga menimbulkan bentol. 

Hal inilah yang membuat banyak orang selalu mengandalkan obat semprot atau lotion untuk menangkal kehadiran hewan penghisap tersebut. Namun seperti yang telah kita ketahui bahwa, menggunakan lotion nyamuk dalam jangka waktu lama, akan menimbulkan efek yang kurang baik terutama bagi kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, anda harus mencari cara untuk mengusir nyamuk tanpa selalu mengandalkan obat semprot atau lotion. Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa pilihan tepat bagi anda untuk mengusir nyamuk, tanpa resiko buruk bagi kesehatan : 

1. Manfaatkan minyak esensial yang terbuat dari ekstrak lavender
Lavender, tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan yang sangat dibenci oleh nyamuk. Aroma dari bunga ini sangat menyengat, hingga membuat nyamuk tidak tahan. Oleh karena itu, dibandingkan dengan menggunakan lotion atau obat semprot, lebih baik anda memanfaatkan minyak esensial lavender untuk menangkal kehadiran nyamuk.
Anda bisa mengaplikasikan cara tersebut dengan mengoleskan ke bagian tubuh, atau bahkan bisa juga dengan menggantungkan kain yang telah diberi minyak esensial lavender pada area jendela dan ventilasi kamar anda. Sehingga dengan cara ini nyamuk tidak akan pernah masuk ke dalam kamar anda. 

2. Menanam tanaman anti nyamuk
 Jika Anda menginginkan lingkungan rumah atau tempat kerja bersih serta terhindar dari nyamuk, anda bisa menanam beberapa jenis tumbuhan seperti serai, lavender, peppermint, basil, atau rosemary. Dimana tumbuhan-tumbuhan tersebut merupakan tanaman yang sangat di benci oleh nyamuk. Jika lingkungan anda dikelilingi tanaman-tanaman tersebut, sudah dipastikan nyamuk tidak akan betah. 

3. Singkirkan air yang tergenang
Nyamuk, hewan ini merupakan hewan yang sangat menyukai tempat lembab seperti kubangan air dan juga saluran air yang tersumbat. Di sanalah nyamuk akan berkembang biak untuk menghasilkan koloni yang lebih banyak lagi. Oleh sebab itu, Setidaknya Anda agar selalu melakukan tindakan 3M yaitu, Mengubur, menguras dan menutup.

a.Mengubur
Pastikan di sekitar hunian anda tidak terdapat botol atau kaleng bekas yang memungkinkan air menggenang di dalamnya. Sehingga mengubur bekas sampah tersebut adalah langkah yang tepat.

b.Menutup
Jangan membiarkan tempat penampungan air di kamar mandi atau rumah anda terbuka. Karena nyamuk akan mudah bersarang jika tempat penampungan air selalu terbuka.

c.Menguras
Kuras tempat penampungan air secara rutin dan bersihkan setiap genangan air yang ada di sekitar rumah.   

4. Gunakan pakaian warna terang
Nyamuk, merupakan hewan yang sangat menyukai warna gelap. Dimana mereka akan melancarkan aksinya menghisap darah  jika seseorang mengenakan pakaian gelap dan tidur di ruangan gelap. Oleh sebab itu disarankan untuk anda, jika tidur gunakanlah pakaian yang berwarna terang. 

5. Hindari parfum beraroma bunga
Memakai wewangian atau parfum itu boleh saja, namun yang harus anda perhatikan adalah jangan gunakan parfum beraroma bunga jika anda akan tidur atau berada di lokasi yang terdapat banyak sekali nyamuk. Pasalnya aroma bunga mampu menarik perhatian serangga, termasuk juga nyamuk. 

Nah, itulah cara alami mengusir nyamuk yang tentu saja tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan. Gunakan cara-cara tersebut setiap hari, dan sebisa mungkin jauhkan diri anda dari obat semprot ataupun lotion nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan.
Artikel Terkait