Sembuhkan Radang Tenggorokan Dengan 5 Bahan Alami Ini

image: i-medic.ro
Semakin lama, kekebalan tubuh seorang manusia akan semakin berkurang apabila ia menjalankan kehidupan dengan pola hidup yang tak teratur. Mengingat semakin hari seseorang dituntut untuk cepat, mereka menjadi lalai dan meninggalkan pola hidupnya yang sehat. Makan secara sembarangan dan seringkali lupa untuk istirahat, membuat tubuh manusia sering mengalami penurunan daya tahan, hingga berujung pada sakit.

Dengan menurunya daya tahan tubuh, maka dengan mudah sebuah penyakit akan menyerang. Penyakit yang sering menyerang ketika tubuh sedang kelelahan adalah, penyakit flu dan juga pusing. Namun sebelum flu menyerang, biasanya beberapa gejala seperti radang tenggorokan akan terlebih dahulu menyerang. Radang tenggorokan sendiri, merupakan masalah yang cukup mengganggu. Dimana jika masalah tersebut datang, maka sistem pencernaan terutama pada bagian tenggorokan akan terganggu.

Sakit pada bagian tenggorokan akan membuat proses menelan makanan akan sangat sulit, karena jika makanan tersebut berjalan melalui kerongkongan maka rasa nyeri dan perih akan dirasakan. Dengan sulitnya menelan makanan, tentu saja tubuh akan kekurangan nutrisi, karena semakin parah tenggorokan, maka semakin sedikit pula konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang sakit tenggorokan. Nah, berikut ini adalah 5 deretan bahan alami yang bisa mengatasi rasa sakit pada tenggorokan yang tak kunjung reda : 

Pisang

Pisang, buah yang cukup populer ini merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Dimana teksturnya yang lembut dapat dengan mudah melintas pada tenggorokan yang sakit. Kandungan vitamin B6, kalium dan juga vitamin C pada pisang, dapat memudarkan peradangan pada bagian pangkal mulut atau tenggorokan. 

Sup Ayam
Sup ayam, masakan yang satu ini pastinya akan menjadi obat radang tenggorokan paling digemari. Dimana sup ayam ini merupakan makanan lezat yang dapat mengurangi peradangan pada daerah tenggorokan, dan bagian yang lainnya karena mengandung zat anti inflamasi. Apalagi jika sup ayam tersebut dimasak bersama sayuran bergizi tinggi seperti seledri, lobak, bawang putih dan juga wortel yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Lemon dan Madu
Jika anda masih enggan untuk menelan sesuatu yang dirasa agak keras seperti pisang atau sup, anda bisa menggantinya dengan cairan berupa lemon dan madu. Dua cairan ini mengandung banyak sekali vitamin yang mampu secara cepat menutup luka akibat peradangan, dan juga mengurangi pembengkakan pada bagian dinding tenggorokan. 

Putih Telur
Bahan yang satu ini mungkin akan anda ragukan khasiatnya untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Namun anda jangan salah, jika kamu merasakan sakit pada bagian pencernaan tersebut, kamu bisa mengkonsumsi putih telur sebagai obatnya. Kandungan anti inflamasi dalam putih telur diklaim mampu mengatasi rasa nyeri pada bagian tenggorokan, dan juga mampu mengempeskan pembengkakan. 

Teh Madu dan Jahe
Teh madu dan air jahe, dua minuman ini merupakan minuman yang sangat cocok dalam mengatasi masalah radang tenggorokan. Kandungan antioksidan dari teh yang dicampurkan dengan madu yang  kaya akan zat anti inflamasi, dapat melapisi tenggorokan anda dari iritasi dan pembengkakan. Selain itu, aroma dan rasa hangat jahe akan memberikan kehangatan dan kelegaan layaknya relaksasi.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman sebagai bahan alami yang mampu mengatasi masalah radang tenggorokan. Pilih salah satu cara saja untuk anda aplikasikan setiap hari. Karena jika anda rutin mengkonsumsi jenis bahan alami diatas, bukan hanya tenggorokan anda yang akan terbebas dari rasa sakit, namun juga tubuh anda akan menjadi lebih sehat.
Artikel Terkait