5 Bahan Alami Untuk Kesehatan Mata Anda

Mata, Merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Bahkan mata juga termasuk dalam jajaran indra yang dimiliki oleh manusia, Sehingga fungsinya sangat vital sekali. Namun, Tidak hanya sekedar penting, Mata juga termasuk dalam anggota tubuh yang sangat sensitive terhadap rangsangan serta gangguan.

Mata, merupakan bagian yang kerap kali mengalami gangguan, Mulai dari mata merah bahkan hingga kebutaan. Salah satu penyakit mata yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah, Rabun dekat atau pun rabun jauh. Masalah pada mata ini bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor.

Berada di depan layar komputer, televisi, atau bahkan ponsel dalam intensitas yang terlalu lama, dan kurun waktu yang juga sangat sering, Akan menimbulkan kerusakan pada mata.  Dimana kerusakan tersebut, Juga dapat berakibat pada timbulnya gangguan pengelihatan. Sehingga seringkali masalah ini memaksa seseorang untuk menggunakan alat bantu pengelihatan berupa kacamata.

Untuk itu, Menjaga kesehatan mata adalah hal yang sangat diperlukan untuk mempertahankan pengelihatan. Sejak usia dini, Usahakan untuk mengurangi terlalu lama berada di depan komputer atau gadget lainnya. Selain mulai mengurangi intensitas menatap gadget terlalu lama, Anda juga perlu merawat mata dengan mengkonsumsi makanan sehat. Nah, Berikut ini adalah makanan sehat sekaligus menjadi bahan alami yang mampu menyehatkan mata :

1.Bayam
Sayur bayam, merupakan bahan yang nikmat apabila diolah menjadi sup atau tumis. Bayam, bukan hanya sekedar sayuran, namun tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin C, beta karoten, lutein, zat besi dan juga zeaxanthin.

Dimana zat-zat tersebut merupakan zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama pada bagian mata. Oleh sebab itu, bagi penderita gangguan mata disarankan untuk rutin  mengkonsumsi bayam.

2.Wortel
Wortel, makanan kesukaan kelinci ini, sejak lama dikenal sebagai obat mujarab untuk mengobati penyakit mata. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi dan juga betakarotennya,  mampu mengatasi masalah penurunan penglihatan, dan juga mampu mengurangi potensi terserang katarak.


3.Telur
Sejumlah ahli menyebutkan bahwa, telur juga sangat baik mengatasi masalah kesehatan mata.  Kuning telur , disebut memiliki kandungan  lutein, zeaxanthin, dan zink yang mampu mengatasi masalah kesehatan dan mampu mengurangi risiko terserang katarak, Serta penurunan daya pandang lainnya.

4.Kacang almond
Kacang almond, merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan Vitamin E. Dimana vitamin ini memiliki peran penting dalam menghaluskan dan mencerahkan kulit. Namun, tidak hanya itu, ternyata vitamin E dari almond juga bermanfaat untuk  menjaga kesehatan mata dari berbagai macam risiko berbahaya.

5.Ubi
Ubi, merupakan sejenis makanan yang menyimpan kandungan karbohidrat tinggi. Di Indonesia sendiri, ubi telah dimodifikasi menjadi makanan lezat dan nikmat seperti kripik, kue bahkan hingga sayur. 

Namun, ternyata ubi tidak hanya nikmat jika disantap, tetapi juga dapat menyembuhkan penyakit atau gangguan pada mata. Mengkonsumsi ubi secara rutin, selain bisa menjadi pengganti nasi juga mampu mempertajam pandangan mata.

Nah, bagaimana sobat ?, Sekarang anda sudah tau kan.. Makanan atau bahan alami apa saja yang bisa menyehatkan mata anda. Mungkin nggak perlu beli obat mata atau kacamata terlebih dahulu, karena anda bisa mencoba lima bahan alami diatas. Untuk anda yang kesehariannya hanya berkutat di depan gadget dan lomputer, lima makanan di atas adalah makanan yang sangat tepat untuk anda konsumsi secara rutin. Dan jika anda bosan dengan lima makanan tersebut, anda bisa mengolahnya menjadi berbagai sajian nikmat yang bisa menggugah selera.
Artikel Terkait