5 Jenis Makanan Untuk Sehatkan Paru-Paru Anda

image: pngimg.com
Bagaimana tidak, Bahwa dalam menjalankan fungsinya, Paru-paru bertugas untuk mengeluarkan kabondioksida pada saat tubuh anda bernafas. Yang mana di dalam paru-paru tersebut akan terjadi proses pertukaran antara karbondioksida dengan gas oksigen yang anda hirup setiap hari. Sehingga membuat organ yang satu ini memang sangat penting untuk dikondisikan agar tetap sehat. Bahkan, Bila kondisi paru-paru dalam tubuh mengalami masalah, Tentunya proses pernapasan pada tubuh pun akan mengalami gangguan yang cukup signifikan, Dan bisa juga memicu akan kematian yang dikarenakan kesulitan dalam bernafas. 

Pada umumnya , Kebanyakan orang akan menggunakan masker sebagai media untuk bisa menghirup udara yang lebih bersih dalam menjaga kesehatan paru-paru. Namun tidak hanya itu saja, Perlunya memilih makanan yang tepat juga sangatlah mendukung untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Sehingga dengan cara anda mengkonsumsi beberapa makanan tersebut, Maka bisa membantu menjadikan paru-paru dalam tubuh terjaga dengan baik. Dan inilah 5 makanan yang dapat membantu menyehatkan paru-paru dalam tubuh anda.

 1. Apel
Sering mengkonsumsi apel sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dalam tubuh anda. Hal demikian karena pada buah apel yang merupakan makanan pencuci mulut ini, Terdapat kandungan vitamin C, E dan flavonoid, Yang semuanya itu bisa meningkatkan kinerja paru-paru dalam tubuh anda. Bahkan dari kebanyakan orang yang sering mengkonsumsi apel bisa memiliki paru-paru lebih sehat dari pada orang yang tak pernah menkonsumsinya. Oleh karena itu, Hendaknya anda bisa membiasakan mengkonsumsi buah jenis ini, Baik itu sebagai makanan penutup maupun di sela-sela waktu luang anda, Agar kondisi paru-paru bisa menjadi lebih baik dan sehat.

2. Lemak ikan
Sungguh luar biasa manfaat dari lemak ikan ini, Karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Omega 3 yang terdapat pada lemak ikan memiliki nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh paru-paru. Selain itu, Kegunaan lemak ikan juga dikenal sebagai makanan untuk meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak. Sehingga tidak salah, Jika anda sering mengkonsumsi ikan dalam kehidupan anda sehari-hari. Karena hal demikian juga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Wortel
Cukup dikenal bahwa wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun tidak hanya itu saja, Bahwa kandungan vitamin C, A, antioksidan, dan likopen yang terdapat pada wortel juga bisa berguna untuk kesehatan paru-paru anda. Selain itu, Mengkonsumsi wortel secara rutin juga bisa menurunkan risiko akan terkena penyakit kanker paru-paru. Dimana penyakit ini juga dikenal sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh anda.

4. Kacang kacangan
Kandungan magnesium yang terdapat pada kacang-kacangan ini, Layaknya seperti kacang buncis dan kacang tanah, Sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. Dan perlu anda ketahui sebelumnya, Bahwa kandungan magnesium pada jenis kacang tersebut, Merupakan mineral penting yang diperlukan oleh paru-paru agar bisa berfungsi dengan baik. Bahkan magnesium juga bisa menyehatkan kondisi jantung dalam tubuh anda. Sehingga mengkonsumsi kacang-kacangan ini sangat penting dalam memenuhi berbagai protein dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Sayuran hijau
Beberapa kandungan yang terdapat pada sayuran hijau laykanya brokoli, kembang kol, kale, dan lainnya, diketahui juga memiliki khasiat untuk menurunkan risiko akan terkena penyakit kanker paru-paru. Dan kandungan klorofil pada sayuran hijau ini, Juga berkhasiat untuk membersihkan dan membuat kondisi darah dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Sehingga mengkonsumsi sayuran hijau ini sangat dianjurkan untuk menyehatkan kondisi dalam tubuh anda.

Selain 5 jenis makanan diatas, Hendaknya anda juga memperbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, Agar kondisi paru-paru dalam tubuh bisa terjaga dengan baik. Hal demikian karena air bisa membantu menghilangkan lendir yang terdapat pada paru-paru dan menjaga paru-paru agar tetap bisa terhidrasi dengan baik. Sehingga dengan minum air yang cukup, Ini bisa melindungi paru-paru anda dari iritasi.
Artikel Terkait