12 Manfaat Buah Semangka Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Memang cocok sekali, apabila menikmati segarnya buah semangka di tengah-tengah panasnya terik matahari yang terkadang membuat kondisi tubuh kurang mood. Apalagi kandungan air yang terdapat di dalam buah semangka, mungkin hal demikian cukup bisa menggoda tenggorokan kering, dan mengobati rasa haus yang anda rasakan.

Bahkan tidak hanya itu saja, dimana warna merah yang terdapat pada daging buah semangka ini, pastinya mengandung beberapa mineral, vitamin, nutrisi, betakaroten dan kalium, yang semuanya itu sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Dari situ semua, tentu di dalam buah semangka ini, terdapat sejuta manfaat yang tak terduga. Sehingga membuat buah segar yang satu ini, tidak kalah dengan manfaat buah-buahan yang lainnya.

Dan perlu anda ketahui, bahwa buah semangka merupakan buah yang bisa anda temukan di berbagai tempat, sehingga untuk membelinya pun anda tidak perlu susah payah untuk menemukannya. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan khasiat luar biasa yang terdapat pada buah segar tersebut untuk berbagai kebutuhan, terutama bagi kesehatan tubuh anda. Dan inilah beragam manfaat atau khasiat luar biasa yang terdapat pada buah semangka bagi kesehatan tubuh.

1. Memperkuat tulang
Buah semangka, yang mana manfaat dari buah segar ini bisa untuk memperkuat pertumbuhan tulang anda. Hal demikian karena kandungan kalium yang terdapat di dalam buah semangka, memang cukup dikenal sebagai benteng pertahanan untuk melindungi kalsium dalam tubuh. Sehingga membuat sendi dan tulang yang anda miliki menjadi kuat sepanjang masa. Oleh karena itu, selain menghilangkan rasa haus, buah semangka memang sangat berguna untuk memperkuat tulang pada tubuh anda.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas
Dengan memanfaatkan kandungan senyawa karotenoid yang terdapat pada buah semangka, maka secara tidak langsung akan dapat menetralisir radikal bebas yang telah merasuki tubuh anda. Dimana berbagai asap kendaraan, udara kotor, asap pabrik, dan lainnya yang anda hirup, selalu menjadi penyebab umum yang menjadikan tubuh terkena radikal bebas. Oleh karena itu, Dengan cara mengkonsumsi buah semangka, secara tidak langsung akan melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang ada.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah semangka ini memang cukup dikenal dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Dan pastinya kandungan vitamin C yang terdapat pada buah segar ini, mampu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga dengan sering mengkonsumsi buah semangka, maka kondisi tubuh anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakait. Yang mana penyakit tersebut bersumber dari cuaca yang kurang menentu, bahkan dalam kondisi cuaca yang sangat ekstrim sekalipun.

4. Membuat mata anda lebih sehat
Ternyata pada buah semangka juga mengandung betakaroten, yang mana bila anda konsumsi, Maka di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Dan tentunya anda sudah mengetahui bahwa Vitamin A itu sendiri memang sangat baik untuk kesehatan mata anda. Sehingga menjadikan organ penglihatan anda tidak akan mudah untuk memudar karena diterpa oleh usia.

5. Menjadikan ginjal anda lebih sehat
Kenapa bisa demikian...? Ya, karena dengan anda sering mengkonsumsi buah semangka ini, maka hal demikian bisa membantu untuk meningkatkan aliran urine dalam tubuh. Yang mana dengan lancarnya aliran unrine ini, pastinya akan berdampak pula terhadap kesehatan ginjal anda. Sehingga mengkonsumsi semangka juga bisa membantu menyehatkan ginjal anda.

6. Bisa mengurangi lemak pada tubuh
Lemak yang terlalu belebihan pada tubuh, maka hal demikian akan bisa mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kandungan citrulline yang terdapat pada buah semangka, mampu untuk mengurangi lemak berlebih pada tubuh anda. Sehinggga bagi anda yang memiliki lemak berlebih dalam tubuh, maka cukup mengkonsumsi buah semangka secara rutin, sudah menjadi bahan alami untuk mengurangi lemak dalam tubuh anda.

7. Menyehatkan jantung anda
Perlu anda ketahui, bahwa buah semangka juga merupakan buah yang menjadi sumber likopen. Yang mana kandungan likopen yang terdapat pada buah semangka tersebut, memiliki peran penting yang berguna untuk menjaga kesehatan pada jantung anda. Sehingga bagi anda yang memiliki jantung kurang sehat, ada baiknya bila anda mengkonsumsi buah semangka yang cukup segar ini.

8. Bisa mengurangi risiko terkena hipertensi dan stroke
Dengan adanya kandungan karetenoid yang terdapat pada buah semangka ini, maka akan berguna untuk mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan hipertensi. Hal demikian karena karotenoid yang terdapat pada buah semangka ini, mampu mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri atau vena, yang semuanya itu bisa menyebabkan anda terserang hipertensi.  Selain itu, kandungan kalium yang terdapat pada semangka, juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Sehingga dari situ buah semangka bisa memperkecil kemungkinan anda terkena stroke dan hipertensi.

9. Mengurangi nyeri pada otot
Para peneliti meyakini bahwa, buah semangka terbukti mampu untuk mengurangi rasa nyeri pada otot. Selain itu, juga bisa meningkatkan pemulihan nyeri otot akibat latihan. Dari peneliti pun mempercayai bahwa, mungkin kandungan asam amino L citrulline yang terdapat pada buah semangka inilah, menjadikan buah itu bisa digunakan untuk mengurangi nyeri pada otot.

10. Meningkatkan kesuburan pria
Pria, bila anda rutin mengkonsumsi buah semangka, maka secara tidak langsung bisa berguna untuk menjaga vitalitas kesehatan anda. Hal demikian berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa, memang buah semangka bisa menjadi peningkat kesuburan pria yang tidak menimbulkan efek samping. 

Yang Mana penelitian tersebut, Seperti yang telah diungkapkan oleh Dr. Bhimu Patil, seorang direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center, yang berada di College Station. Oleh karena itu, Buah semangka bisa anda jadikan untuk peningkat kesuburan alami, sehingga aman bagi kesehatan tubuh anda.

11. Dapat mencegah sariawan
Perlu anda ketahui bahwa sariawan itu sendiri bisa terjadi karena bakteri yang berkembangbiak pada rongga mulut yang kering. Dengan cara anda mengkonsumsi buah semangka, maka akan bisa memberikan asupan air dan vitamin, sehingga bisa mengurangi bakteri yang terdapat pada mulut anda. Oleh karena itu, khasiat dari buah semangka ini bisa mencegah terjadinya sariawan.

12. Untuk menghindari Dehidrasi dan kaya serat alami
Tentunya anda sudah mengetahui, bahwa buah semangka ini memang diperkaya dengan kandungan air yang cukup tinggi. Namun tak hanya itu saja, bahwa pada buah semangka juga kaya akan kandungan serat di dalamnya. Sehingga membuat buah yang cukup segar ini, bisa mencegah tubuh anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, memang sangat kompleks sekali manfaat di balik segarnya buah semangka ini.

Itulah beragam manfaat dan khasiat luar biasa yang terkandung pada buah semangka, Dan anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga buah semangka bisa anda jadikan salah satu terapi dalam mengatasi berbagai penyakit pada tubuh Anda.
Artikel Terkait