Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejuta Khasiat Luar Biasa Di Balik Lezatnya Kuning Telur

Terkadang sebagian orang menghindari untuk mengkonsumsi kuning telur, Apalagi seseorang yang sedang menjalankan diet sehat. Tak heran, Jika kuning telur selalu disisihkan atau bahkan dibuang karena kurangnya mengenal lebih dalam tentang nutrisi baik di dalamnya. Serta mengganggap jika kuning telur hanya makanan yang berlemak dan mengandung banyak kalori. Selain itu, Ada juga yang menganggap bahwa kuning telur kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Sepertinya anggapan yang kurang pas tersebut harus segera diluruskan kembali, kenapa ?, Karena kuning telur yang sudah akrab di mata kita, Ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa di dalamnya.

Kuning telur merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan gizi. Kandungan mineral serta vitamin B kompleks di dalamnya juga sangat penting bagi keseimbangan tubuh. Tak hanya itu saja, Banyak beberapa kandungan nutrisi pada kuning telur yang juga memiliki segudang manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Apa sajakah itu ?, Berikut ulasannya :

# Mencegah penyakit kanker
Tahukah anda, Bahwa pada kuning telur ini, Ternyata bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker terutama pada kanker payudara dan usus besar. Hal demikian dikarenakan, Bahwa pada kuning telur mengandung vitamin D dan selenium, Yang semuanya itu akan berperan sebagai zat anti-kanker dalam tubuh. Sehingga vitamin dan mineral ini sangat berguna sekali untuk membantu menanggulangi penyakit kanker yang ada.

# Menjaga kesehatan otak
Kegunaan kuning telur juga bisa menjaga kesehatan pada otak anda. Hal demikian karena pada kuning telur sendiri memiliki kandungan kolina, Yang berguna untuk meningkatkan fungsi serta kinerja pada otak. Bahkan pada kuning telur ini juga bisa mencegah penyakit depresi dan alzheimer.

# Mencegah osteoporosis 

Kuning telur, Juga bisa anda konsumsi untuk menguatkan tulang dalam tubuh. Sehingga bisa menjaga tulang agar tetap kuat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu, Mengkonsumsi kuning telur juga cukup baik untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi bugar.

# Kaya akan nutrisi 

Sudah tentu, Kuning telur memiliki asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan putih telurnya. Pada kuning telur terdapat beberapa nutrisi, Diantaranya kalsium, zat besi, fosfor, dan zat seng. Yang semuanya baik untuk kesehatan tubuh anda.

# Membantu membakar lemak
Untuk membakar lemak dalam tubuh, Maka anda bisa mengkonsumsi kuning telur secara rutin. Hal demikian karena nutrisi dan protein yang terkandung pada kuning telur, Bisa membatasi jumlah kalori serta menjaga energi yang ada dalam tubuh.

Selain beberapa manfaat tersebut di atas, Kuning telur juga banyak mengandung mineral, Yang berfungsi untuk mengelola tubuh. Sehingga bisa dikatakan bahwa, Kuning telur merupakan makanan super yang mempunyai gizi lengkap untuk memenuhi kecukupan gizi pada tubuh Anda. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh saja, Bahkan kuning telur juga dipercaya ampuh untuk menyuburkan rambut karena mengandung vitamin A, D, E, lipid, protein serta mineral.

Kuning telur juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang sedang mengalami kecenderungan kekurangan darah, Yang disebabkan karena kandungan hemoglobin yang menurun secara tiba – tiba. Dengan mengambil kuning telur mentah lalu memakannya langsung dapat mengatasi masalah ini. Tentunya hal ini juga akan berdampak baik bagi janin yang sedang ada di dalam kandungan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts ( UOM ), Kuning telur kaya akan zeaxanthin dan lutein. Keduanya adalah vitamin untuk menyehatkan mata. Tahukan anda, Jika semakin banyak kita mengkonsumsi kuning telur dengan teratur, Akan melindungi mata kita dari risiko degenerasi macula, Yaitu penurunan ketajaman dalam melihat karena bertambahnya usia. Kuning telur juga merupakan sumber dari vitamin b, b12, Yang berguna untuk pembentukan myelin (zat lemak putih), Atau zat yang berfungsi untuk membantu transmisi antar sel saraf dan melindungi sistem saraf

Nah, Sekarang anda tahu bahwa bukan hanya putih telur saja yang bermanfaat, Akan tetapi kuning telur juga menyimpan sejuta manfaat baik yang luar biasa bagi tubuh kita. Tapi ingat, Jangan mengkonsumsi segala makanan secara berlebihan, Walaupun sejatinya makanan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan berlebihan, Itu sangatlah tidak baik.

Itulah sederatan fakta penting tentang kuning telur, Yang kaya akan nutrisi dan membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat..!