Awas, 7 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kesehatan Jantung Anda

image: ubergizmo.com
arbamedia.com - Siapa yang tidak menginginkan jantung sehat..?, Pastinya semua orang ingin mendambakan jantung yang sehat. Jantung yang merupakan salah satu organ utama yang bertugas memompa darah keseluruh tubuh ini, Memang organ yang  sangat penting untuk selalu dijaga dengan baik. Karena apabila jantung dalam tubuh anda mengalami gangguan, Maka berbagai ekosistem dalam tubuh pun akan mengalami masalah. Bahkan penyakit jantung juga merupakan penyakit yang amat mematikan bagi kebanyakan orang. Yang mana tidak sedikit pasien meninggal dunia akibat mereka terserang penyakit jantung. 

Oleh karena itu, Hendaknya anda bisa menjaga kondisi jatung anda agar tetap sehat dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu menyehatkan jantung, Serta nutrisi yang cukup untuk kesehatan tubuh Anda. Namun hal demikian juga masih belum sempurna. 

Disisi lain, Mungkin tanpa anda sadari bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat membahayakan pada kesehatan jantung dalam tubuh. Hal demikian bisa terjadi karena dari beberapa kebiasaan tersebut bisa memicu berbagai respon yang dapat meningkatkan risiko anda terkena serangan jantung. Dan inilah 7 kebiasaan yang dapat merusak kesehatan jantung  anda.

1. Depresi
Memang terjadinya depresi atau stres pada diri seseorang, Itu bila tidak segera diatasi akan bisa memicu seseorang tersebut terkena serangan jantung. Dengan cara sering berkomunikasi dengan sahabat atau kerabat dekat disertai curhat, sharing, ataupun canda dan tawa, Akan menjadikan depresi dan stres pada diri seseorang tersebut bisa terkurangi. Oleh karena itu, Setidaknya kita harus segera mengalihkan perhatian jika mengalami depresi atau stres, Agar tidak berlarut-larut hingga mengganggu kesehatan jantung Anda.

2.  Tidak membersihkan sela-sela gigi
Kebiasaan kurangnya membersihkan sela-sela gigi ini, Terkadang memang sering diabaikan oleh sebagian orang. Namun tahukah anda risikonya….?, Ya, Bahwa pada sela-sela gigi yang tidak sering dibersihkan, Maka hal demikian akan mengakibatkan peradangan pada gusi Anda. Sehingga penyakit ini bisa merambat ke bagian tubuh lainnya, Layaknya seperti jantung anda. Oleh karena itu, Kebisaan seperti ini perlu anda hindari agar kesehatan tubuh anda terutama jantung bisa terjaga dengan baik.

3. Terlalu memforsir tenaga
Bermalas-malasan itu tidak baik, Akan tetapi terlalu memforsir tenaga itupun juga tidak baik. Tahukah anda, Bahwa terkadang orang dalam melakukan aktifitas seperti ingin memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan dalam rangka diet, Tidak sedikit orang yang terlalu mengerahkan semua energinya untuk berlatih ekstra, Sehingga hal demikian malah bisa memaksa kinerja jantung dalam tubuh. Hal tersebut juga kurang baik, Karena bisa membahayakan kondisi jantung dalam tubuh. Bila anda hendak ingin mendapatkan hasil diet yang sehat, Maka anda bisa melakukan latihan secara perlahan saja namun teratur. Sehingga disisi lain anda juga bisa menjaga kondisi kesehatan jantung.

4. Duduk dan diam  yang terlalu berlebihan
Perlu anda ketahui, Bahwa ketika anda duduk berjam-jam layaknya menonton tv dan sejenisnya, Maka hal demikian juga merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena gangguan jantung dan stroke. Karena bila  anda kurang gerak, Maka akan mengakibatkan meningkatnya kandungan lemak dan gula dalam darah, Yang semuanya itu bisa memicu anda terkena serangan jantung. Oleh karena itu, Ketika anda sedang duduk terlalu lama tanpa gerakan tubuh, Maka hendaknya bisa mengimbanginya dengan berdiri sejenak serta berjalan secara berkala, Sehingga kondisi kesehatan tubuh anda bisa tetap terjaga.

5. Minuman beralkohol
Apabila kandungan alkohol dalam tubuh berlebih, Maka dapat berisiko terkena gangguan jantung serta darah tinggi. Sehingg hal demikian juga perlu dihindari, Agar tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Sehingga jantung dalam tubuh anda bisa terjaga dengan baik dan sehat.

6. Merokok
Asap rokok sudah tentu dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung. Hal demikian karena  asap rokok tersebut menyebabkan penyumbatan arteri, Yang bisa mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Sehingga bisa berakibat terganggunya kinerja jantung dalam tubuh.

7. Mengkonsumsi makanan asin berlebihan
Apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asin berlebihan, Ini juga termasuk faktor pemicu terkena serangan jantung. Hal demikian karena semakin asin makanan tersebut, Maka semakin tinggi juga tekanan darah dalam tubuh. Dan itu semua bisa memicu terhadap serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.
Artikel Terkait