Rahasia Di Balik Logo Kemerdekaan Indonesia

Setiap logo yang dibuat, tentunya memiliki makna atau maksud yang terdapat di dalamnya. Yang tak lain pada tanggal 17 Agustus ini adalah sebuah peringatan terbesar bagi seluruh bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya. Namun pernahkah anda menelusuri tentang makna dari logo resmi kenegaraan dalam memperingati HUT RI sejak ke-60 hingga ke-70 ini?. Perubahan yang terjadi tersebut mulai dari jumlah gambar bendera yang semakin bertambah, maupun dari sisi lain yang bisa dilihat dari kesamaan pola dari logo mulai ke-60 hingga 70 tahun tersebut. Lantas, mengapa bisa demikian..?, dan tahukah anda apa maksud setiap perubahan logo dari peringatan HUT RI ini ? 

Perlu anda tahu, bahwa sebenarnya setiap dari perubahan logo tersebut, memiliki makna yang perlu dipahami. Yang mana hal tersebut pastinya bersangkutan tentang arti khusus yang perlu dibahas secara detail.

1. Logo peringatan HUT RI di tahun 2005 hingga 2012
Perlu anda perhatikan dengan seksama, tentang kesamaan pola terhadap logo HUT ke 60 hingga ke-66 ini. Bila anda perhatikan,  ada beberapa perubahan terhadap logo-logo ini, yang mana jumlah bendera antara logo satu dengan lainnya, semakin bertambah hingga logo HUT ke-66 sampai menjadi 7 bendera. Mungkin anda semua  pastinya akan menebak bahwa jumlah bendera pada logo selanjutnya akan bertambah lagi menjadi 8 bendera. Namun ternyata tidak seperti demikian. Lantas apa arti dari pertambahan bendera dari logo HUT RI ini ?

Perlu diketahui,  bahwa di tahun 2004 pada masa pemerintahan SBY, Logo HUT RI ke-60 tahun 2005 memilki logo dengan satu bendera, ini menunjukkan bahwa hal demikian merupakan tahun pertama beliau memimpin Indonesia. Sehingga pada tahun selanjutnya jumlah bendera pun terus bertambah hingga pada tahun 2011. Alhasil jumlah bendera pada logo HUT RI terus bertambah hingga mencapai 7 bendera. Namun di tahun 2012, Logo HUT RI ini mengalami perubahan akan jumlah bendera yang terdapat pada logo tersebut. Yakni memiliki gambar 3 bendera saja dengan angka  dua garis untuk HUT RI ke-67. 

Lantas apa arti dari logo tersebut...?, perlu anda tahu bahwa logo tersebut memilki arti yakni menunjukkan tahun ke tiga dari masa pemerintahan Pak SBY. Hal demikian memang sesuai dengan pernyataan sebagai berikut:

 “Pakdhe, itu setelah tahun 2011, pembuat logo sudah membuat 7 bendera sehingga pusing 7 keliling. Makanya tahun berikutnya dapat ide baru dengan dua garis di tahun 2012”.

2. Logo peringatan HUT RI di tahun 2013 hingga 2014

Pada tahun 2013 dan tahun 2014, Logo resmi kenegaraan dalam memperingati HUT RI memilki penulisan angka yang sama dengan HUT RI ke-67 sebelumnya, yakni  dengan dua garis angka, akan tetapi jumlah bendera pada logo bertambah menjadi 4 di tahun 2013, dan 5 bendera di tahun 2014. Lantas apa artinya...?

Perlu anda ketahui, bahwa logo HUT RI di tahun 2013 dan 2014 ini menunjukan adanya angka dengan dua garis yang memiliki arti tentang periode ke dua bapak SBY. Tentunya dari situ banyak orang yang kurang menyadari bahwa di balik logo-logo tersebut memiliki kreatifitas, dan memberikan arti yang cukup dengan penuh teka-teki.

Pada tahun 2014, tema dalam peringatan HUT RI tersebut yakni :
“Dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, Kita dukung kepemimpinan nasional hasil pemilu 2014, Demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera”.
 3. Logo peringatan HUT RI di tahun 2015
Namun, di tahun 2015 ini memiliki perubahan logo pada peringatan HUT RI ke-70. Pembuatan logo HUT RI ke-70 mengalami perubahan desain yang berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam logo HUT ke-70 ini memilki tulisan angka 70 dengan satu garis. Kemudian di atas logo tertulis “ INDONESIA MERDEKA “ . Selain itu, di bawah logo juga tertera tulisan “AYO KERJA” . Tahukah anda apa makna dari logo tersebut…?

Perlu anda mengerti, bahwa di dalam logo HUT RI ke 70 ini menyimpan pesan, yakni menumbuhkan semangat nasionalisme, agar dapat memberikan sesuatu kepada bangsa Indonesia, meskipun itu sesuatu hal yang kecil. Hal demikian memang sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh Shafiq Muljianto, selaku pembuat logo tersebut. Selain itu, makna dari tulisan “AYO KERJA”, bahwa kerja itu tidak pernah berhenti. Sehingga hal itu semua memang sesuai dengan jargon yang telah dicetuskan oleh presiden kita saat ini. 

''Selamat ulang tahun Indonesia-ku yang ke – 70, Semoga tambah maju dan berkembang demi kesejahteraan seluruh rakyat INDONESIA''.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar