6 Tips Agar Gaji Anda Tak Langsung Habis Awal Bulan

Tentunya bagi kita semua akan merasa senang, di saat awal pembayaran atau gaji yang kita nantikan sudah diterima. Bahkan terkadang juga ada sebagian orang yang memiliki keinginan untuk membeli barang atau syukuran bila gaji tersebut sudah tiba di tengah-tengah mereka. Namun dari situ pernahkah anda memiliki gaji bulanan, yang mana tidak terasa  tiba-tiba sudah habis begitu saja..?. Memang hal demikian suatu permasalahan yang cukup meresahkan, bahkan bisa juga membuat kepala kita sedikit pusing akibat gaji bulanan yang diterima tiba-tiba lenyap seperti angin lewat. 

Mungkin banyaknya tagihan yang harus dibayar itulah yang kerap menjadi penyebab gaji yang diterima menjadi hilang secara tiba-tiba. Diantaranya berupa tagihan listrik, telepon, air, cicilan rumah, hingga kartu kredit yang semuanya itu harus segera dilunasi. 

Sehingga hal tersebut bisa membuat anda gigit jari di pertengahan bulan. Padahal di sisi lain, gaji atau penghasilan anda cukup lumayan, namun kenapa bisa langsung habis begitu saja…? 

Oleh karena itu, perlunya cara yang tepat untuk menjadikan gaji bulanan anda tetap memiliki manajemen yang baik, agar nantinya gaji yang anda miliki tidak cepat habis begitu saja. Sehingga tidak akan sampai memperkeruh permasalahan yang bisa berujung dalam urusan hutang. 

Dan inilah 6 cara yang tepat agar gaji yang anda miliki tidak langsung habis di awal bulan:

1. Menyadari permasalahannya
Walaupun permasalahan gaji yang habis tiba-tiba ini cenderung menjadi permasalahan umum, namun tidak berarti seseorang bisa begitu mudah terlepas dari masalah ini. Dengan cara menyadari dan mengingat-ingat apa saja yang menjadi awal permasalahannya memang sangat perlu. Sehingga secara tidak langsung anda bisa memiliki keinginan kuat untuk lepas dari permasalahan tersebut. 

Dengan demikian anda juga bisa belajar dari beberapa teman, kerabat, anggota keluarga yang sudah bisa mengatur keungan dengan baik dan tepat. Oleh karena itu, kesadaran bahwa anda memiliki masalah dalam mengatur keungan itu harus ditanamkan, agar anda memiliki kiat untuk lepas dari masalah tersebut.

2. Jangan belanja hanya karena hiburan
Apabila anda sedang pergi bersama teman atau kerabat anda, biasanya hal yang umum terjadi ialah mudah tergoda untuk belanja barang-barang secara berlebihan. Layaknya pakaian, barang elektronik dan lainnya, yang semuanya itu memang bisa sangat menggoda untuk membeli sesuatu yang mungkin kurang perlu. Sehingga hal itu membuat pengeluaran yang anda miliki bisa melamapu batas. Hal demikian karena bila anda belanja karena sebab terhibur semata, ini bisa menjadikan pengeluaran besar bagi kehidupan anda. Oleh karena itu, di saat anda ingin belanja, hendaknya anda bisa berpikir dua kali, sampai pada akhirnya bisa menjaga keuangan anda dengan baik dan tidak sampai membeli barang yang tidak terlalu penting bagi anda.

3. Mencari pengeluaran yang bisa dipangkas
Tips ini merupakan salah satu yang perlu anda terapkan. Hal demikian karena bila anda mulai memikirkan beberapa pengeluaran yang perlu ditiadakan, ini akan sangat membantu anda dalam mengatur keungan yang anda miliki. Setidaknya anda bisa menemukan tentang pengeluaran bulanan yang kurang begitu penting. Diantaranya, apakah anda bisa hidup tanpa adanya TV kabel..?, sehingga tidak perlu menguras keuangan anda tiap bulan karena berlangganan, kecuali hal itu sangat mendukung bagi bisnis dan dunia karir anda.

Dan apakah anda termasuk anggota gym, yang mana anda jarang / tidak pernah menggunakannya..?, maka dari situ anda bisa meniadakannya untuk membantu keuangan anda agar bisa diatur dengan baik. Oleh karena itu, meniadakan pengeluaran yang dirasa kurang perlu, atau anda tidak pernah menggunakannya itu sangat penting agar bisa menjadikan pengeluaran bulanan anda bisa teratur.

4.  Segera bayar tagihan anda
Hendaknya anda tidak menunda tentang tagihan bulanan yang ada. Karena hal demikian hanya akan menjadikan anda terkena denda yang harus segera anda bayar. Selain itu, anda akan mengalami masalah pada bulan yang akan datang, yakni mengalami pembengkakan pengeluaran. Sehingga segera melunasi tagihan yang ada, memang harus anda terapkan, agar tidak mengalami masalah yang berkepanjangan.

5. Jangan membawa kartu kredit lebih dari Satu
Hal demikian karena bila anda membawa kartu kredit lebih dari satu ketika hendak keluar rumah, pastinya hal ini akan membuat anda tergoda untuk berbelanja yang berlebih. Yang mana anda akan merasa bahwa limit atau batas kartu kredit anda cukup besar. Sehingga bisa membuat anda cenderung untuk berbelanja tidak teratur.

6. Mengubah gaya hidup anda
Dimana anda harus bisa mengubah gaya hidup untuk bisa lebih hemat akan pengeluaran yang ada. Dan bila dirasa terbiasa dengan makan di luar atau membeli makanan di luar yang terlalu memeras pemasukan anda, maka anda bisa memilih untuk membawa makanan sendiri dari rumah misalnya. Sehingga dari situ, pengeluaran anda bisa teratur dan tidak mudah habis di awal bulan pembayaran gaji anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar