6 Tips Sederhana Agar Hati Bahagia Kembali

image: listen-hard.com
Tingkat stres yang tinggi, memang hal demikian akan bisa berdampak tidak baik bagi setiap orang yang mengalaminya. Yang mana, bila tingkat stres ini tidak segera ditanggulangi secara tepat, maka hal itu akan bisa menyebabkan hal buruk bagi kesehatan tubuh. Dan dampak buruk tersebut diantaranya bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan berbagai fungsi otak pun akan bisa mengalami gangguan. Dari situ tentunya anda tidak ingin mengalaminya bukan…?.

Dengan demikian perlunya anda mengatasi rasa stres ini memang sangat penting. Sehingga nantinya bisa menjadikan hati dan pikiran anda lebih rileks, serta suasana hati pun bisa bahagia kembali seperti sediakala. 

Perlu anda tahu bahwa tingkat stres ini bisa muncul, biasanya dipicu oleh berbagai faktor. Di antaranya rasa gelisah akan berbagai permasalahan, takut kehilangan kerjaan, jabatan, takut menghadapi masa depan, maupun berbagai faktor lainnya. Namun anda janganlah khawatir, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengatasi rasa stres ini, agar nantinya suasana hati yang gundah bisa segera teratasi


Dan berikut 6 cara sederhana agar bisa membuat hati anda bahagia kembali :

1. Mendengarkan Musik Bernuansa Ceria
Dengan cara anda memilih dan mendengarkan beberapa lagu yang memiliki nuansa ceria atau gembira, maka secara tidak langsung bisa berpengaruh pada suasana hati anda lebih bahagia. Berdasarkan sebuah hasil penelitian yang ada pada Journal of Positive Psychology, menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang happy, maka dari situ akan bisa menjadikan orang memiliki suasana hati yang baik. 

Oleh karena itu, bila anda sedang mengalami rasa gelisah, takut, bingung dan lainya, maka dengan mendengarkan musik yang happy itulah suasana hati dan pikiran anda bisa menjadi lebih rileks. Sehingga suasana hati menjadi lebih bahagia kembali.

2. Tersenyum dan Tertawa
Berdasarkan hasil penelitian yang ada di Clark University, menunjukkan bahwa bila seseorang tersenyum, maka dari situ akan bisa mengaktifkan kenangan positif. Selain itu menurut hasil studi yang dilakukan pada tahun 2011, juga menyatakan bahwa berpikir tentang sesuatu yang bisa membuat anda ternyum, akan benar-benar membuat diri menjadi lebih bahagia. Bahkan bila anda stres dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada, maka dengan tertawa akan bisa meningkatkan mood, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Oleh karena itu, Dengan cara menerapkan suatu hal yang bisa membuat anda tersenyum dan tertawa, nantinya akan bisa menjadikan suasana hati lebih merasa bahagia.

3. Berolahraga
Dengan cara anda melakukan gerakan fisik layaknya lari atau menerapkan jenis olahraga lainnya, maka hal demikian secara tidak langsung bisa mendorong otak untuk melepas hormon endorfin. Yang mana hal tersebut bisa membantu anda untuk meningkatkan suasana hati, dan membuat kondisi diri anda bisa lebih baik. Dengan demikian tingkat stres yang anda alami akan bisa tertanggulangi secara tepat dan sehat.

4. Berbuat Baik
Dalam hal ini, menerapkan sesuatu hal yang baik memang bisa menjadikan suasana hati bisa lebih bahagia. Mungkin anda bisa mulai membiasakan diri dengan bertutur kata santun, saling membantu antar sesama dan lainnya. Yang semuanya itu akan bisa memberikan manfaat baik bagi diri anda sendiri, maupun orang lain. Sehingga hidup anda bisa menjadi lebih positif.

Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California, menunjukkan bahwa melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Oleh karena itu, aplikasikanlah diri anda untuk selalu berbuat baik agar bisa menjadikan diri lebih bahagia.

5. Berjalan-jalan di Taman
Berdasarkan hasil penelitian yang ada di Inggris, menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan lebih merasa bahagia bila berada di lingkungan yang memiliki nuansa asri dan hijau, dibandingkan dengan mereka yang berada di lingkungan perkotaan. Oleh karena itu, bila suasana hati anda sedang gelisah, maka anda bisa menyempatkan diri untuk berjalam-jalan di taman, yang dipenuhi dengan keasrian dan tanaman hijau. Sehingga semuanya itu bisa membuat nuansa hati bisa bahagia kembali.

6. Berdoa
Perlu anda ketahui, bahwa tingkat spiritualitas dan keterlibatan akan agama yang di dimiliki seseorang, akan bisa membuat mereka lebih baik dan tenang. Berdasarkan hasil review yang telah dilakukan dari 300 studi tentang spiritualitas dan kesehatan, menunjukkan bahwa dengan berdoa bisa menjadi jalan bagi seseorang dalam menghilangkan tingkat stres yang dialami.
Artikel Terkait