Tiga Tips Jitu Agar Kemampuan Otak Selalu Maksimal

image: philly.com
Kemampuan otak memang menjadi faktor yang sangat menentukan pada pola pikir setiap manusia. Namun banyak orang yang hanya menggunakan skala kecil atau sedikit saja dari kemampuan otak itu sendiri. Bahkan kemampun otak ini juga bisa menjadi lemah, bila tidak terus diasah dan digunakan secara maksimal. Sehingga hal demikian memang sudah selayaknya bagi anda semua untuk menemukan sebuah cara yang tepat, agar kemapuan otak dalam berpikir bisa tetap dalam kondisi sehat dan maksimal. 

Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya pada otak manusia ini memiliki memori, yang merupakan  daya ingat dari seluruh hal yang anda ketahui. Namun sayangnya  kemampuan otak ini akan bisa memudar bila tidak dijaga dengan sebaik mungkin. Dan pada akhirnya, akan menjadikan diri kurang bisa berpikir secara maksimal dalam menghadapi dan menanggapi beberapa hal yang ada di sekitar. 

Oleh karena itu, untuk membuat kemampuan otak tetap bisa berjalan secara maksimal dan sehat, maka ada beberapa cara mudah yang perlu anda terapkan. Dan inilah 3 cara mudah untuk mengasah kemampuan otak agar selalu maksimal.

1. Selalu melatih otak kanan dan kiri anda
Dalam hal ini, untuk menjadikan otak anda bisa lebih terfokus, berpikir dengan baik, dan sehat, maka kondisi otak kanan dan kiri haruslah dalam kondisi terlatih. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa melatih kedua otak tersebut agar bisa menjadi seimbang. Sehingga dari situ akan bisa menjadikan otak bisa berpikir secara optimal dalam menhadapi kehidupan sehari-hari. Dan jika kedua otak ini bisa bekerja secara maksimal, maka bisa menjadikan anda berpikir lebih fokus dan cerdas tentunya. 

Untuk mengasah otak kanan dan kiri agar bisa berjalan seimbang cukuplah sederhana, anda bisa melatihnya dengan menggunakan kedua tangan dalam mengerjakan sesuatu secara bergantian, rutin dan teratur. Sehingga secara tidak langsung, ini akan bisa merespon otak kanan dan kiri secara seimbang.

2. Melatih kemampuan sensorik secara teratur
Kemampuan sensorik yang dimiliki oleh setiap manusia, akan bisa berpengaruh pada kemampuan otak bisa berpikir maksimal dan sehat. Dalam hal ini, hendaknya anda bisa melatih kemampuan sensorik dengan baik. Yang mana hal tersebut tentunya akan menjadi pemicu akan kefokusan otak dalam berpikir sehat. Untuk cara melatihnya pun amatlah mudah, yakni dengan melatihnya menggunakan cara mencium bumbu masakan, dan beragam olahan masakan dengan kondisi mata tertutup secara rutin. Jangan lupa diselingi dengan menebak nama bumbu atau masakan tersebut. Maka dari situ, nantinya bisa menjadikan ketangkasan respon pada otak akan lebih maksimal.

Selain itu, anda juga bisa melatih otak dengan memilih baju favorit yang terdapat di lemari dengan menggunakan mata tertutup. Sehingga akan menjadikan sensorik bisa lebih tajam.

3. Memakai sepatu high heels
Bagi wanita, tentunya ada hal yang bisa anda terapkan untuk menjadikan kemampuan otak agar tetap dalam kondisi sehat dan berpikir secara maksimal. Yakni dengan menggunakan sepatu high heels. Hal demikian karena dengan menggunakan sepatu high heels selama kurang lebih 5 hingga 10 menit, maka akan bisa memperlancar peredaran darah dalam tubuh hingga ke otak. Sehingga hal itu akan menjadikan seseorang lebih bisa terfokus. Hal tersebut memang sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh Dara Schwartz, yakni seorang psikolog yang berasal dari Rumah Sakit Tajam Mesa Vista.

Namun ingat, dalam pemakaian high heels ini jangan terlalu lama. Karena jika sering menggunakan high heels yang terlalu lama, maka bisa menjadi penyebab munculnya varises. Tentunya anda juga mengerti, bahwa sesuatu yang terlalu belebihan itu juga tidak baik. Oleh karena itu, dalam penggunaan sepatu tinggi ini juga bisa diterapkan dalam membantu meningkatkan kemampuan otak, namun dengan durasi yang sewajarnya saja.
Artikel Terkait