Cara Jitu Hindari Mata Perih Saat Memotong Bawang

image: nilgoon-mag.com
Rasa perih memang biasa dialami bagi kebanyakan orang pada saat memotong bawang. Dimana pada saat mengiris jenis rempah-rempah ini, bau yang cukup tajam bisa membuat mata meneteskan air mata ketika mengupas atau memotongnya. Sehingga hal demikian kerap menjadikan seseorang harus memakai kacamata sebelum memotong bawang. Namun anda janganlah khawatir, bahwa ada cara yang tepat dalam memotong bawang tanpa anda harus terlebih dahulu memakai kacamata. 

Sehingga dalam soal potong memotong jenis bahan masakan ini, anda bisa lebih mudah dan nyaman tanpa menimbulkan rasa perih, yang bisa membuat anda jengkel dalam memotongnya. Dengan demikian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda terapkan dalam mengiris bawang ini. Sehingga hal tersebut bisa anda jadikan pilihan yang sesuai dengan selera anda dalam menerapkannya. Dan inilah beberapa tips yang cukup ampuh dalam mengatasi rasa perih ketika mengiris atau memotong bawang.

1. Membekukan bawang
Agar bawang tidak menimbulkan rasa perih ketika dipotong atau diiris, maka anda bisa menaruhnya terlebih dahulu ke dalam kulkas yang mungkin sudah tersedia di rumah anda. Hal demikian karena sel pada bawang bila dibekukan akan memiliki reaksi yang lambat. Dengan begitu anda bisa mengiris bawang tersebut setelah kurang lebih 15 menit anda masukkan ke dalam kulkas tersebut. Kemudian perlu anda ingat, bahwa sebelum bawang tersebut dimasak, hendaknya anda bisa menunggu hingga kadar dingin pada bawang  tersebut berkurang. Lalu barulah anda bisa memasaknya.

2. Jangan memotong bagian akar terlebih dahulu
Dalam mengatasi rasa perih pada saat memotong atau mengiris bawang ini, Hendaknya anda bisa mempertahankan akar dari bawang merah itu, dan janganlah memotongnya terlebih dahulu. Hal itu karena jika akar bawah dipotong dahulu, akan bisa membuat enzim pada mata cenderung terkonsentrasi pada akar tersebut. Selain itu, membiarkan terlebih dahulu akar bawang akan mencegah pelepasan pada semua uap yang berbahaya pada bawang tersebut. Yang mana uap tersebut akan bisa menjadikan mata terasa perih. Dengan menerapkan cari ini, akan bisa mengurangi rasa perih pada saat mengiris bawang.

3. Menarik napas dalam-dalam
Dengan cara bernapas melalui mulut dan menjulurkan lidah anda keluar, hal demikian bisa menjadi cara untuk mengurangi rasa pedih pada saat memotong bawang. Hal ini karena uap bawang bisa membuat anda meneteskan air mata, dan terasa perih ketika berinteraksi dengan air yang terdapat pada bola mata. Dengan demikian, bila anda menangkap uap bawang tersebut dengan menjulurkan lidah, maka uap bawang tersebut tidak akan mencapai mata. Sehingga bisa menjadikan mata anda tidak terasa perih pada saat mengiris bawang tersebut.

4. Memotong bawang sambil menyalakan lilin
Memotong bawang sambil barada di dekat lilin yang menyala atau di dekat kompor, ini akan bisa mencegah rasa perih yang ditimbulkan oleh uap dari bawang tersebut. Hal demikian karena hawa panas bisa menjauhkan senyawa uap bawang dari mata anda. Sehingga rasa pedih tidak akan menghampiri anda pada saat mengiris bawang tersebut.
Oleh karena itu, cara ini dapat anda terapkan agar bisa menyelamatkan rasa perih ketika berurusan dengan jenis rempah-rempah yang satu ini. Dengan begitu, anda bisa mengiris atau memotong bawang dengan mudah dan nyaman, tanpa harus diiringi dengan meneteskan air mata.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar