5 Tips Mudah Hilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

image: genioustricks.com
Menghilangkan jerawat, sebenarnya tidak selalu harus dilakukan dengan menggunakan kosmetik yang mungkin mengeluarkan biaya tidak sedikit. Pasalnya, di sekitar kita terdapat berbagai bahan alami yang mampu mengatasi jerawat dengan aman dan efekktif. Jerawat, merupakan salah satu masalah kesehatan pada wajah yang bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri dalam berpenampilan. Mengatasi jerawat memang bukan suatu hal yang mudah, karena membutuhkan waktu cukup, hingga jerawat tersebut benar-benar hilang. 

Secara garis besar, jerawat seringkali dialami oleh remaja baik laki-laki ataupun perempuan yang baru mengalami masa pubertas. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon di dalam tubuh, sehingga menjadi tidak seimbang dan akhirnya munculah jerawat. Disamping itu, pola hidup yang tidak sehat juga menjadi pemicu munculnya masalah jerawat ini.

Bagi anda yang mengalami masalah jerawat, sudah seharusnya mengetahui langkah-langkah menghilangkan jerawat tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia, ataupun kosmetik berbahan kimia. 

Pada dasarnya, masalah jerawat tidak hanya dialami oleh kulit wajah saja namun jerawat juga bisa muncul dibagian punggung ataupun dada. Mengatasi jerawat dengan cara alami, akan lebih aman jika dibandingkan dengan penggunaan obat kimia. Karena, obat kimia mungkin bisa memperparah jerawat itu sendiri jika jenis kulit tidak cocok dengan bahan kosmetik tersebut. Dengan demikian seseorang yang mengalami jerawat lebih disarankan untuk menerapkan beberapa cara yang alami menghilangkan jerawat berikut ini :

1. Tomat, termasuk salah satu bahan alami yang mampu mengatasi jerawat secara aman. Terlebih untuk penggunaannya juga tidak sulit, dimana anda cukup potong buah tomat tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang berjerawat. Selain ditempelkan juga bisa diusap-usapkan hingga beberapa menit. Setelah itu cuci dengan air yang bersih.

2. Jeruk nipis, merupakan buah yang kaya vitamin C sehingga sangat baik bagi kulit. Penggunaannya cukup mudah, potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian, peras airnya dan gunakan air jeruk nipis pada seluruh bagian wajah, biarkan hingga 30 menit kemudian cuci sampai bersih.

3. Lemon, salah satu buah yang mampu menghilangkan jerawat secara efektif. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah lemon mampu membuat jerawat cepat mengering, sehingga akan membuat kulit lebih halus. Cara penggunaannya, cukup dengan memanfaatkan sari lemon sebagai masker kulit untuk dijadikan masker. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis, dan gunakan pada malam hari sebelum tidur.

4. Pepaya, mungkin banyak yang tidak menyangka jika buah pepaya bisa digunakan sebagai masker pembasmi jerawat. Pembuatannya, cukup dengan menghaluskan pepaya kemudian gunakan sebagai masker. Usapkan masker pepaya pada wajah secara merata, diamkan hingga 15 menit kemudian cuci dengan air hangat hingga bersih. Lakukan treatment ini secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Madu, sudah dikenal sejak lama jika mengandung khasiat alami bagi kecantikan wajah. Ketahuilah, madu ini mengandung senyawa alami yang mampu menghilangkan jerawat secara aman. Cara pembuatan masker madu juga tidaklah sulit. Pertama, siapkan madu serta putih telur dengan jumlah yang sama. Jika sudah mencampur kedua bahan secara merata, gunakan pada wajah atau bagian tubuh yang ditumbuhi jerawat. Diamkan selama 20 menit, dan terakhir cuci dengan air hangat hingga bersih.

Beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang telah disebutkan di atas, bisa dijadikan sebagai alternatif aman jika anda ingin menghilangkan jerawat tanpa mengalami resiko efek samping. Terlebih, bahan-bahan alami tersebut juga mampu mencegah timbulnya jerawat kembali, sehingga wajah anda akan kembali cerah bersinar tanpa jerawat yang mengganggu.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar