Cara Mudah Atasi Sariawan Dengan Langkah Alami

image: whoabella.com
Sariawan merupakan penyakit yang biasa terjadi pada bagian mulut. Dalam dunia medis, sariawan disebut dengan istilah stomatitis aftosa, atau sebuah kelainan yang terjadi di sepalut lendir mulut dengan berupa luka di mulut ataupun lidah. Yang mana penyakit tersebut memiliki bentuk putih kekuningan dan permukaannya terlihat sedikit cekung. Seseorang yang terserang sariawan tentu akan merasa terganggu, Bahkan aktifitasnya tidak bisa berjalan lancar akibat sariawan tersebut. Salah satu tips mengatasi sariawan yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, yang mungkin sudah tersedia di sekitar anda.

Sariawan akan membuat seseorang kesulitan untuk mengkonsumsi makanan, pasalnya luka yang terjadi pada bibir akan terasa sakit atau perih ketika digunakan untuk mengunyah makanan. Dengan demikian, ketika seseorang mengalami sariawan harus segera diatasi dengan lebih cepat supaya bisa nyaman saat mengkonsumsi makanan. Perlu anda tahu, menyembuhkan sariawan sebenarnya tidak harus memakai obat-obatan kimia yang bisa menimbulkan efek samping. Ketahuilah, di sekitar kita terdapat beberapa jenis tumbuhan herbal yang senantiasa mampu memerangi masalah sariawan yang anda derita.

Sariawan bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C, dan juga vitamin B12, sehingga menyebabkan mulut menjadi terserang bakteri penyebab sariawan. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, dan suka mengkonsumsi makanan dalam kondisi sangat panas akan membuat mulut menjadi lebih sensitif. Sehingga semuanya itu bisa menyebabkan seseorang terkena sariawan. Maka, Untuk menghindari masalah yang lebih buruk anda perlu menerapkan beberapa cara mengobati sariawan secara alami berikut ini :

1. Air kelapa
Mungkin belum banyak yang tahu jika air kelapa ini mengandung bahan alami yang mampu mengobati sariawan. Penggunaannya cukup dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin hingga sariawan bisa sembuh dengan baik.

2. Pisang dan Madu
Kedua bahan alami ini mengandung senyawa aktif yang mampu memberikan nutrisi baik pada luka di mulut anda. Untuk pembuatannya anda cukup menghaluskan pisang, kemudian campuri pisang tersebut dengan madu. Jika sudah tercampur rata, oleskan ramuan alami ini pada luka sariawan. Zat anti peradangan dan vitamin C yang ada di dalam pisang maupun madu, akan membantu proses penyembuhan sariawan menjadi lebih cepat.

3. Daun jambu biji
Selain mampu mengobati penyakit diare, daun jambu biji juga berkhasiat sebagai obat sariawan alami. Cara Memanfaatkannya cukup dengan mengunyah daun jambu biji, kemudian kumur hingga rasa perih pada luka sariawan berkurang.

4. Yoghurt
Yoghurt mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Perlu diketahui, bahwa yoghurt ini mengandung senyawa alami yang mampu menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut maupun tubuh. Untuk pengobatan sariawan, anda bisa mengkonsumsi yoghurt secara rutin supaya sariawan bisa sembuh secara sehat.

5. Buah-buahan
Hal ini lebih diutamakan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Bagi anda yang mengalami masalah sariawan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk, tomat, nanas, dan juga jenis buah lainnya yang mengandung vitamin C tinggi.

6. Kunyit
Kunyit ternyata juga berkhasiat sebagai obat sariawan. Langkah pembuatan obat sariawan dari kunyit cukup mudah, pertama haluskan kunyit kemudian tambahkan 1 sendok teh gliserin yang sudah halus. Campur dua bahan tersebut sampai merata, dan oleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan secara rutin supaya sariawan cepat sembuh.

Beberapa tips pengobatan sariawan yang dijelaskan di atas, bisa dijadikan sebagai alternatif supaya anda terhindar dari masalah sariawan, yang akan menyiksa anda ketika makan ataupun saat melakukan aktifitas sehari-hari. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mengembalikan kondisi kesehatan mulut yang terserang sariawan. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari makanan dengan kandungan minyak yang tinggi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar