Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

image: forgoodhealth.org
Dalam menjaga kesehatan dan fungsi organ jantung, seseorang harus melakukan pola hidup sehat supaya tetap bisa beraktifitas dengan lancar. Jantung yang sehat dipicu dari kebiasaan serta pola hidup seseorang. Kita bisa menjaga kesehatan jantung secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat - obatan, karena jantung akan berfungsi secara sehat ketika tubuh kita selalu aktif bergerak. Cara efektif untuk mendapatkan jantung lebih sehat kita bisa menerapkan cara – cara natural yang berpacu pada kebiasaan sehari – hari. Mengingat penyakit jantung sangat berbahaya, maka setiap orang perlu melakukan pencegahannya. Salah satu cara agar kita tidak terkena penyakit jantung adalah menerapkan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk tentunya.

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian pertama di dunia. Seseorang bisa mati secara mendadak jika serangan jantung terjadi, dan tidak segera tertolong. Oleh sebab itulah, setiap orang dianjurkan untuk melakukan pencegahan supaya bisa terhindar dari masalah penyakit jantung ini. 

Sebenarnya, mencegah penyakit jantung bisa dilakukan secara alami dan tidak perlu membutuhkan banyak biaya. Pencegahan ini, bisa anda lakukan sendiri tanpa melibatkan orang-orang di sekitar kita. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, memang benar kata pepatah jika pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati. Jadi, lakukanlah pencegahan sedini mungkin supaya terhindar dari penyakit jantung.

Sebelumnya perlu anda tahu juga, Bahwa penyakit jantung bisa terjadi karena berbagai faktor. Kolesterol darah yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung, karena peredaran darah menjadi terganggu atau tidak lancar. Setiap orang bisa saja mengalami hal tersebut, jika menjalankan pola hidup yang tidak baik. Untuk itu, Terapkanlah beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung yang bisa dilakukan secara mudah berikut ini :

# Olahraga Teratur
Supaya organ jantung Anda bisa berfungsi secara maksimal. Selain memperkuat detak jantung, dengan berolahraga juga bisa membantu menjaga berat badan tetap stabil, dan jantung pun juga mampu memompa darah dengan baik. Tidak harus melakukan olahraga berat, misalnya anda bisa melakukan dengan jalan kaki, jogging, dan tidak perlu melakukan fitnes/olahraga yang tergolong berat.

Olahraga yang baik untuk menyehatkan jantung adalah dengan melakukan jogging ataupun jalan kaki di pagi hari. Pada saat anda lari, jantung kita akan memompa darah lebih cepat sehingga jantung akan tetap sehat dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

# Pola hidup yang sehat
Seseorang harus menerapkan pola hidup sehat dengan memilih makanan yang rendah kolesterol, rendah lemak, serta rendah garam. Hal itu dilakukan supaya kesehatan organ jantung bisa berfungsi secara normal, dan tetap terjaga dengan baik. Kemudian, seseorang harus mengkonsumsi makanan tambahan yaitu sayur, susu, makanan biji – bijian seperti kedelai, kacang-kacangan, serta rutin mengkonsumsi buah di setiap harinya. Di dalam buah dan sayur mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, sehingga organ jantung pun juga bisa berfungsi secara normal.

# Hindari merokok
Kebiasaan ini menjadi penyebab utama dari masalah penyakit jantung. Ketahuilah, bahwa nikotin di dalam rokok mampu menyebabkan terjadinya kerusakan pembuluh darah. Hal ini akan memudahkan kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga terbentuklah plak, Yang mana bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari penyakit jantung, mulai saat ini hindarilah kebiasaan merokok.

Beberapa tips agar terhindar dari serangan jantung di atas, perlu diterapkan sejak usia muda supaya anda terhindar dari serangan penyakit jantung di usia tua nanti. Karena, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar yang terjadi di seluruh dunia. 


Serangan jantung mendadak memang akan menimbulkan hal yang fatal, dimana darah tidak bisa beredar dengan lancar ketika jantung tidak memompa darah secara sempurna. Peredaran darah akan terhambat karena pompa jantung yang terhenti. Sehingga jika hal itu tidak segera tertolong, maka akan menyebabkan kematian. Untuk menjaga kesehatan jantung sangatlah lebih baik jika anda menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar