Tips Mencegah Penyakit Stroke Dengan Langkah Yang Sehat

image: nhlbi.nih.gov
Mencegah terjadinya serangan stroke, mungkin akan menjadi cara yang lebih baik dari pada mengobati. Mengingat penyakit stroke sangat berbahaya, maka setiap orang disarankan untuk selalu melakukan pencegahan supaya terhindar dari masalah kesehatan ini. Stroke, salah satu penyakit penyebab kematian yang bisa menyerang siapa saja. Ketika seseorang terserang penyakit stroke mereka bisa mengalami kelumpuhan dalam usia mudanya. Salah satu cara untuk mencegah penyakit stroke ini bisa dilakukan dengan mudah, hanya menggunakan langkah alami yang menyehatkan.

Penyakit stroke adalah suatu kondisi dimana adanya serangan ke otak secara mendadak, lantaran terjadinya penyumbatan pembuluh darah ataupun akibat pecahnya pembuluh darah ke otak. Seseorang yang mengalami penyakit darah tinggi, mereka sangat berisiko terhadap serangan stroke.

Ketahuilah, ketika pembuluh darah pecah maka nyawa seseorang tidak bisa tertolong lagi. Hal inilah yang membuat penyakit stroke, disebut sebagai penyebab kematian kedua setelah jantung. Di Indonesia, banyak kasus seseorang mati mendadak karena terjadinya pembuluh darah yang pecah akibat serangan stroke. Dengan demikian setiap orang harus menerapkan gaya hidup sehat, agar terhindar dari  penyakit stroke tersebut.

Baik pria ataupun wanita, kini diharuskan untuk melakukan pencegahan serangan penyakit stroke. Karena stroke bisa saja menyerang semua orang dan tidak hanya kalangan usia lanjut saja. Mereka yang memasuki usia lebih dari 45 juga bisa terserang penyakit stroke. Dengan demikian, ketahuilah beberapa cara mencegah penyakit stroke berikut ini :

1. Hindari kebiasaan merokok
Perlu anda tahu, merokok bisa memicu terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah, sehingga bisa membuat darah menjadi menggumpal. Penggumpalan darah yang terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan penyumbatan sehingga terseranglah penyakit stroke.

2. Atasi masalah depresi dengan baik
Tahukah anda, seseorang yang mudah mengalami stres dan depresi akan lebih rentan terhadap serangan penyakit stroke. Pasalnya, terlalu banyak pikiran akan mempengaruhi kinerja otak, sehingga bisa terserang stroke sewaktu-waktu.

3. Konsumsi makanan sehat
Untuk menghindari penyakit stroke, seseorang dianjurkan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang cukup. Dalam hal ini anda perlu menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, karena mampu meningkatkan kolesterol di dalam darah. Jadi, lebih disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan juga buah yang mengandung serat tinggi, sehingga mampu mengendalikan kolesterol di dalam darah.

4. Kurangi konsumsi garam
Mengkonsumsi garam berlebih, ternyata bisa memicu terjadinya serangan stroke. Karena konsumsi garam yang terlalu tinggi akan meningkatkan tekanan darah. Sehingga hal ini perlu anda hindari konsumsi garam yang berlebihan, agar tubuh terbebas dari penyakit kronis tersebut.

5. Hindari obesitas
Jadi, anda harus mengontrol berat badan supaya tidak mengalami masalah obesitas. Kelebihan berat badan meningkatkan terjadinya serangan hipertensi, jantung, ataupun stroke. Hal ini disebabkan oleh banyaknya lemak di dalam tubuh, sehingga peredaran darah menjadi kurang lancar.

6. Olahraga
Ketahuilah, dengan berolahraga secara rutin anda bisa terhindar dari serangan penyakit stroke. Olahraga bisa dilakukan disela-sela waktu santai baik itu pagi ataupun sore. Tidak harus olahraga berat, yang terpenting tubuh anda sudah mengeluarkan keringat sehingga proses metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik.

Beberapa tips agar terbebas dari penyakit stroke yang di ulas di atas, akan menjadi solusi paling aman dan bisa dilakukan dengan mudah. Lakukan beberapa cara di atas supaya anda terhindar dari serangan penyakit kronis tersebut. Pencegahan ini bisa dilakukan sejak dini, jadi meskipun usianya masih 30 tahunan, seseorang wajib menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah serangan penyakit stroke dalam usia mudanya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar