Atasi Migrain Cukup Dengan 5 Langkah Sederhana

image: webmd.com
Mengatasi migrain dengan langkah sehat menjadi solusi yang aman dan lebih efektif. Migrain merupakan gangguan kesehatan yakni sakit kepala sebelah yang membuat kita sangat tidak nyaman. Umumnya sakit kepala terjadi akibat seringnya makan tidak teratur, terlalu stres dan beberapa hal lainnya. Sakit kepala sebelah ini bisa dialami oleh semua usia, ditandai dengan timbulnya rasa sakit secara berlebihan. Migrain ini termasuk nyeri kepala primer atau nyeri yang terasa berdenyut di satu sisi kepala. Penyakit tersebut biasanya disertai dengan muntah ataupun mual–mual. Selain itu, Gangguan ini bisa terjadi secara berkala baik itu setiap hari maupun setiap minggu.

Penyebab terjadinya sakit kepala sebelah belum diketahui secara pasti. Namun, jika dilihat beberapa orang yang pernah mengalaminya, migrain ini sering terjadi karena seseorang melakukan aktifitas terlalu berat. Yang mana melakukan pekerjaan terlalu berat atau hiperaktifitas akan menyebabkan pembuluh otak melebar, disertai dengan terjadinya peradangan atau inflamasi. Sehingga pelebaran pada pembuluh otak inilah yang menimbulkan rasa sakit kepala sebelah. Dengan demikian seseorang perlu menerapkan cara untuk mengobati migrain secara alami sebagai solusi yang aman. Perlu anda tahu, Migrain akan semakin menimbulkan rasa sakit yang berlebih ketika inflamasi terjadi semakin berat. Namun, Untuk mencegah terjadinya sakit kepala sebelah, lakukanlah istirahat yang cukup dengan mengkonsumsi air putih di waktu melakukan kerja berat.

Disisi lain, Terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga menjadi penyebab terjadinya saki kepala sebelah atau migrain. Kafein tidak hanya terkandung pada kopi saja, namun kafein ini juga terkandung di dalam coklat maupun makanan ringan. Ketika seseorang mengalami sakit kepala sebelah, maka harus segera dilakukan tindakan. Pasalnya, Migrain ini bukanlah gangguan kesehatan yang sepele, tetapi merupakan penyakit kronis. Untuk itu ketika anda mengalami masalah kesehatan ini, segera terapkan beberapa cara untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah berikut ini :

1. Akupuntur
Melakukan terapi akupuntur mampu membantu penyembuhan migrain. Dengan melakukan akupuntur ini, akan memudahkan peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengendur. Yang mana dengan kondisi peredaran darah yang normal, maka masalah migrain akan teratasi dengan baik.

2. Konsumsi air putih dalam jumlah lebih banyak
Seseorang yang terkena migrain lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak, serta mengurangi konsumsi kopi maupun soft drink. Pasalnya, Kopi ataupun soft drink yang berlebih akan bisa mengganggu peredaran darah, sehingga menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu, ketika anda mengalami sakit kepala sebelah sebaiknya hindari konsumsi kafein dan juga soft drink.

3. Aromaterapi
Ketahuilah, aromaterapi ini mampu mengurangi sakit kepala sebelah. Untuk mengaplikasikannya, anda cukup meneteskan aromaterapi pada kain ataupun handuk kecil. Selanjutnya kompreskan di bagian kepala anda secara berulang hingga rasa sakit berkurang.

4. Wedang jahe
Seseorang yang mengalami migrain juga disarankan untuk mengkonsumsi wedang jahe yang hangat. Karena bahan alami jahe ini, mengandung banyak antioksidan dan mampu melancarkan peredaran darah yang masuk ke otak. Untuk itu, Konsumsilah minuman ini dalam kondisi hangat supaya tubuh juga terasa lebih hangat.

5. Kompres dengan menggunakan es
Hal demikian karena efek dingin dari es ternyata mampu meredakan rasa sakit yang terjadi di kepala anda. Cara menerapkannya, Kompres kepala anda dengan es yang sudah dibungkus menggunakan kantong plastik. Kemudian Saat mengompres, anda sebaiknya memilih posisi berbaring yang nyaman. Terapkan tips ini hingga rasa sakit di kepala anda mereda.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, anda juga bisa memanfaatkan ramuan jawa dari kulit manggis yang sudah tenar di kalangkan masyarakat. Hal itu karena anti-inflamasi di dalam kulit manggis, mampu membantu mengurangi rasa sakit ketika seseorang sedang mengalami migrain.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar