4 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

image: youqueen.com
Ketombe sering menjadi masalah yang membuat resah banyak orang. Munculnya ketombe pada kulit kepala akan menimbulkan rasa gatal, sehingga membuat seseorang menjadi terganggu. Ketombe, bisa terjadi karena berbagai hal mulai dari ketidakcocokan penggunaan shampo, ataupun terlalu banyak kandungan minyak pada kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe pun juga diperlukan cara yang tepat, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu cara menghilangkan ketombe bisa dilakukan dengan mudah, yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah anda.

Perlu anda tahu, Menghilangkan ketombe tidak harus selalu dilakukan dengan perawatan khusus yang mungkin menggunakan bahan-bahan kimia. Semua orang bisa saja mengalami masalah ketombe, sehingga tidak ada salahnya jika anda mengetahui cara-cara aman untuk mengatasi masalah ketombe, sehingga tidak menimbulkan efek samping pada kulit kepala anda. Ketombe akan mempengaruhi pertumbuhan rambut pada kulit kepala, Pasalnya folikel rambut tidak bisa tumbuh dengan sempurna akibat ketombe yang menumpuk pada kulit kepala.

Masalah ketombe, terkadang juga membuat seseorang merasa tidak percaya diri dalam berpenampilan. Karena, tampilan rambut akan terkesan tidak bersih dengan adanya kotoran putih-putih dari ketombe yang menempel di kulit kepala. Untuk memaksimalkan penampilan serta terbebas dari masalah ketombe, anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

1. Cuka Apel
Cuka merupakan salah satu bahan yang mampu menghilangkan ketombe. Perlu diketahui, bahwa ketombe ini merupakan hasil dari sel-sel kulit mati dan jatuh tempo dalam waktu lebih singkat, sehingga menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Cara menggunakan cuka untuk mengatasi ketombe, cukup dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat, dan dosis yang digunakan harus dalam perbandingan sama. Jika sudah tercampur, gosokkan dengan lembut pada kulit kepala, dan diamkan hingga 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.

2. Lemon
Lemon Bermanfaat sebagai pemecah jamur penyebab ketombe. Selain itu di dalam buah lemon juga mengandung sitrat dan vitamin C yang tinggi, sehingga mampu menutrisi folikel-folikel rambut pada kulit kepala. Untuk menggunakan lemon sebagai masker penghilang ketombe, kita cukup mencampurkan 1 sendok teh air lemon ke dalam 1 cangkir air. Jika sudah, aplikasikan / oleskan pada kulit kepala dengan memijat halus selama 1 menit. Kemudian diamkan hingga 10 menit dan cuci sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa melakukan treatment ini setiap hari.

3. Baking soda
Baking soda tidak hanya bermanfaat sebagai bahan tambahan makanan saja, namun juga bermanfaat sebagai penghilang ketombe. Caranya campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 cangkir air ke dalam botol. Kocok dengan pelan supaya bahan tercampur dengan baik. Gunakan campuran tersebut sebagai pengganti shampo dan lakukan secara rutin.

4. Daun Neem
Anda bisa memanfaatkan daun neem untuk bahan alami menghilangkan ketombe. Di dalam daun ini mengandung senyawa alami yang mampu mengurangi rasa gatal serta bersifat antifigual, yang mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Untuk menggunakannya cukup sederhana, Seduh daun neem dengan air hangat, dan diamkan selama 1 malam. Sesudah itu, saring keesokan harinya, kemudian aplikasikan / oleskan pada rambut anda. Selain direndam dengan air hangat, daun neem juga bisa dijadikan sebagai pasta untuk mengatasi ketombe yang membandel pada kulit kepala.

Nah, Beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang telah dijelaskan di atas, bisa dijadikan sebagai alternatif paling aman bagi anda yang ingin terbebas dari masalah ketombe. Sementara, untuk mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala, lakukan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, serta menggunakan jenis shampo yang sesuai dengan kulit kepala anda, sehingga bisa terbebas dari masalah ketombe.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar