6 Tips Obati Sakit Gigi Dengan Tumbuhan Herbal

image: ourknowledgeisyourpower.com
Setiap orang tentu pernah mengalami sakit gigi. Banyak orang yang mengeluh ketika mereka mengalami penyakit ini, Pasalnya sakit gigi akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, sehingga membuat seseorang tidak betah. Sakit gigi merupakan sebuah kondisi dimana gigi ataupun rahang mengalami nyeri akibat adanya gigi yang rusak, ataupun gangguan sistem syaraf pada gigi. Beberapa ahli mengatakan, Bahwa sakit gigi ini merupakan gejala ringan dari penyakit stroke ataupun jantung. Dengan demikian, ketika anda mengalami masalah ini harus segera diatasi dengan tepat. Salah satu cara mengobati sakit gigi yang aman yaitu dengan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Secara umum, seseorang yang mengalami sakit gigi tidak bisa tidur nyenyak, kemudian sakit kepala, mudah marah dan juga ingin nangis akibat rasa sakit yang sangat berlebihan. Untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada gigi dan juga rahang, seseorang bisa menerapkan cara penyembuhan sakit gigi dengan bahan alami, tanpa harus selalu menggunakan obat-obatan kimia.

Sakit gigi bisa terjadi akibat adanya bakteri pada gigi yang akan membuat gigi menjadi berlubang seiring dengan berjalannya waktu. Namun selain gigi berlubang, sakit gigi juga akan muncul akibat gusi yang mengalami pembengkakan. Untuk menghindari serangan yang lebih parah, anda bisa melakukan beberapa cara menyembuhkan sakit gigi secara alami, dengan menggunakan tanaman herbal berikut ini :

1. Bathok kelapa
Bathok kelapa merupakan bahan alami yang mampu menyembuhkan sakit gigi secara aman. Untuk pembuatannya, cukup dengan mengambil 1 bathok kelapa kemudian bakar hingga keluar minyaknya. Selanjutnya gunakan kapas untuk mengambil minyak batok kelapa tersebut. Lalu tempelkan kapas yang telah diolesi minyak bathok pada gigi yang berlubang dan yang terasa sakit. Biarkan beberapa saat hingga rasa sakit pada gigi anda mereda.

2. Daun inggu kering
Gunakan 2 hingga 4 gram daun inggu kering dengan menambahkan 2 cangkir air bersih. Kemudian rebus daun inggu kering ke dalam panci dengan 2 gelas air tersebut. Biarkan sampai mendidih, selanjutnya saring rebusan tersebut dan gunakan untuk berkumur selagi masih hangat. 

3. Daun sirih dan cengkeh
Anda bisa merebus kedua bahan tersebut secukupnya dengan air, kemudian gunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Daun sirih dan juga cengkeh mengandung zat anti bakterial, sehingga mampu membunuh bakteri yang ada di dalam gigi berlubang.

4. Bawang putih
Bawang putih, merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengatasi sakit gigi dengan aman. Kupas bawang putih kemudian haluskan, lalu tempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada gigi yang sakit. Selain ditumbuk, Anda juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut sebagai obat sakit gigi.

5. Cengkeh
Dengan memanfaatkan minyaknya, Cengkeh juga bisa digunakan sebagai obat alami yang mampu meringankan rasa nyeri pada gigi anda. Teteskan minyak cengkeh pada kapas kemudian, masukkan atau tempelkan pada gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara berulang hingga rasa sakit gigi yang anda alami hilang secara sempurna.

6. Bunga matahari
Untuk menggunakan tanaman bunga matahari sebagai obat sakit gigi, rebuslah bunga matahari dan jahe secukupnya dengan air sebanyak 600 cc. Biarkan sampai mendidih hingga volume air berkurang hingga 300 cc / setengahnya. Saring rebusan air tersebut kemudian minum tanpa menambahkan bahan lainnya.

Nah, dari penjelasan di atas ternyata mengobati sakit gigi secara alami bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menyita banyak waktu. Langkah alami ini akan lebih aman dan membuat gigi menjadi lebih sehat. Bahan-bahan alami di atas juga bisa didapatkan dengan mudah, sehingga anda bisa melakukan tindakan dengan cepat jika sewaktu-waktu mengalami sakit gigi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar