Tips Turunkan Kolesterol Tinggi Dengan Langkah Sehat

image: hospitalvida.com
Menurunkan kolesterol tinggi dengan langkah sehat menjadi alternatif paling aman bagi anda yang ingin terhindar dari serangan penyakit degeneratif ini. Pasalnya, jumlah kolesterol yang melebihi batas normal akan menyebabkan terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, ataupun hipertensi. Untuk menghindari terjadinya berbagai penyakit tersebut, maka seseorang yang mengalami masalah kolesterol harus melakukan tindakan cepat dalam menurunkan kadar kolesterol tersebut. Terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan dengan mudah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.
  
Sebelumnya perlu anda tahu, Bahwa kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol HDL dan kolesterol LDL. Dimana, LDL ini adalah kolesterol jahat yang akan menyebabkan terjadinya pengendapan pada arteri. Ketika pengendapan ini terjadi hingga berlarut-larut, maka seseorang akan lebih mudah terserang penyakit jantung dan juga stroke. Meningkatnya kadar kolesterol di dalam darah dipengaruhi dari konsumsi makanan oleh seseorang itu sendiri. 

Banyak orang yang tidak menyadari, bahwa kebiasaan buruknya mampu membuat tubuhnya menjadi terserang masalah kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, setiap orang harus mengetahui jenis makanan sehat yang tidak menyebabkan masalah kolesterol tinggi. Salah satu cara untuk mengatasi kolesterol yang tinggi, bisa dilakukan dengan memanfaatkan langkah-langkah alami.

Pada dasarnya, masalah kolesterol tinggi tidak harus selalu diatasi dengan obat-obatan kimia. Memang kita perlu melakukan pemeriksaan secara medis, namun tidak harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Karena, biasanya obat kimia hanya bersifat sementara dan akan menimbulkan efek samping dalam jangka panjangnya. Untuk itu seseorang perlu menerapkan tips untuk menurunkan kolesterol secara alami dengan beberapa langkah sehat berikut ini :

- Olahraga
Melakukan aktifitas fisik atau olahraga, menjadi hal yang mudah untuk bisa menurunkan kolesterol di dalam darah. Metabolisme di dalam tubuh akan berlangsung dengan baik ketika seseorang mampu melakukan olahraga secara rutin.

- Konsumsi makanan sehat
Seseorang yang mengkonsumsi makanan sehat atau rendah lemak, maka mereka akan terhindar dari masalah kolesterol tinggi. Makanan sehat inilah yang mampu mengurangi endapan kolesterol yang terjadi di dalam arteri.

- Kurangi konsumsi gluten
Bagi anda yang mengalami kolesterol tinggi, sudah seharusnya mengurangi konsumsi gluten. Gluten ini adalah kandungan yang ada di dalam pati, misalnya tepung dan sejenisnya. Dengan demikian, kurangilah makanan yang terbuat dari tepung ataupun gandum karena mengandung gluten tinggi. Dan hal ini tidak baik bagi penderita kolesterol tinggi.

- Konsumsi ramuan alami penurun kolesterol
Di sekitar kita, terdapat berbagai jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat alami penurun kolesterol, Salah satunya adalah daun salam. Jadi, bagi anda yang ingin melakukan pengobatan alami bisa merebus daun salam dengan air secukupnya, kemudian konsumsi secara rutin.

- Batasi konsumsi makanan berkalori
Pasalnya, jenis makanan ini juga akan memicu terjadinya peningkatan kadar kolesterol LDL.  Dengan demikian seseorang lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

- Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Hal demikian karena keduanya mengandung antioksidan tinggi, yang mampu menurunkan kolesterol di dalam darah.

Beberapa cara mengatasi kolesterol jahat yang dijelaskan di atas, bisa menjadi langkah paling aman bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit degeneratif akibat kolesterol. Olahraga yang dianjurkan untuk penderita kolesterol adalah jogging, ataupun olahraga kardio lainnya yang mampu membuat tubuh menjadi berkeringat. 

Disamping itu, penderita kolesterol juga harus mengurangi konsumsi gorengan, kemudian telur baik telur ayam, puyuh, ataupun bebek. Selain itu, penderita juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi udang, kerang, belut, cumi-cumi, susu, keju, dan juga daging sapi yang mengandung lemak tinggi.                  
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar