Cara Mengatasi Amandel Dengan Obat-Obatan Alami

image: wisegeek.org
Amandel merupakan suatu penyakit yang bisa saja menyerang semua usia. Penyakit amandel adalah peradangan atau pembengkakan pada tenggorokan yang ditandai dengan adanya benjolan pada pangkal mulut, atau bagian atas tenggorokan. Penyakit ini tidak hanya menyerang usia dewasa namun juga anak-anak. Bahkan amandel akan lebih mudah terjadi pada kalangan anak-anak. Salah satu penyebab yang bisa memicu terjadinya amandel adalah terlalu sering mengkonsumsi es ataupun chiki-chiki yang mungkin mengandung bahan kimia. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit tersebut bisa dilakukan dengan langkah sehat dan tetap aman.

Proses penyembuhan penyakit amandel tidaklah mudah. Karena memerlukan perawatan intensif hingga pembengkakan yang terjadi kembali normal. Terjadinya serangan penyakit amandel, biasanya ditandai dengan sakit kepala, demam, dan terasa sakit jika digunakan untuk menelan. Ketika seseorang tenggorokannya terasa sakit untuk menelan, dan hal ini terjadi hingga beberapa bulan, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Amandel juga bisa terjadi akibat adanya bakteri staphylococcus aureus ataupun streptococcus pneumoniae. Mengingat penyakit ini berbahaya, maka seseorang perlu mengetahui cara untuk menyembuhkan amandel dengan aman dan tanpa menimbulkan risiko apapun. 

Beberapa orang mungkin akan lebih memilih untuk mengkonsumsi obat kimia ketika mengalami penyakit amandel. Namun, ketahuilah obat-obatan kimia bisa menyebabkan efek samping setelah pengkonsumsian. Sebenarnya pengobatan dari dokter juga bisa anda lakukan dalam mengatasi penyakit tersebut. Namun, di lain waktu ketika peradangan membengkak lagi, maka anda bisa menerapkan cara alami yang aman bagi kesehatan tubuh. Inilah beberapa cara mengobati amandel secara alami yang bisa anda lakukan dengan mudah :
-  Gunakan Jeruk nipis
Jeruk nipis termasuk salah satu bahan alami yang mampu mengatasi penyakit amandel. Di dalam jeruk nipis mengandung vitamin C yang mampu mengurangi masalah peradangan di bagian tenggorokan. Untuk pembuatannya, peras 2 buah jeruk nipis, kemudian campurkan dengan air kapur sirih. Aduk secara merata dan konsumsi 3 kali dalam sehari.

-  Daun benalu
Dimana daun ini bisa didapatkan dari pohon jeruk nipis. Daun benalu, mengandung senyawa alami yang mampu mengatasi amandel secara aman. Untuk pembuatannya, pertama tumbuklah daun benalu dan adas pulo waras. Peras air dari tumbukan kedua bahan tersebut, Kemudian seduh dengan air panas dan minum secara rutin.

- Bawang merah
Bawang merah ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja. Namun, dibalik aromanya yang bisa membuat mata menangis, bawang merah juga mampu mengatasi penyakit amandel. Cara penggunaannya sebagai obat amandel cukup mudah, anda cukup mengupas bawang merah, kemudian kunyah dan telanlah. Cara ini bisa dilakukan secara rutin untuk penyembuhan penyakit amandel.

- Mengkudu
Sudah tidak diragukan lagi, Buah ini memiliki sejuta khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain digunakan sebagai obat diabetes, mengkudu juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit amandel. Caranya cukup dengan memeras buah mengkudu yang sudah matang. Kemudian ambil air perasan tersebut, dan tambahkan madu murni sebelum dikonsumsi secara rutin.

- Kulit manggis
Ramuan herbal ini mampu menyembuhkan peradangan amandel secara efektif. Penggunaannya, cukup dengan merebus kulit manggis kering dengan air dalam jumlah perbandingan yang sama. Saring rebusan kulit manggis tersebut, dan gunakan untuk berkumur. Jadi tidak perlu diminum, cukup digunakan untuk berkumur saja. Terapkan tips ini secara rutin agar amandel bisa teratasi dengan baik.

Beragam tips menyembuhkan amandel yang telah disebutkan di atas, bisa anda jadikan sebagai solusi aman, sehingga dalam mengatasi penyakit amandel tidak harus dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Pengobatan alami tersebut mampu membuat pembengkakan menjadi mengempes, sehingga kondisi kesehatan di area mulut terjaga dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar