Tips Mudah Atasi Batuk Dengan Ramuan Alami

image: classicfm.com
Pada dasarnya batuk itu bisa disembuhkan tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia. Batuk merupakan masalah kesehatan yang bisa dialami oleh setiap manusia. Penyakit batuk terbagi menjadi dua jenis, yakni batuk berdahak dan batuk kering. Keduanya memiliki gejala yang berbeda, sehingga untuk pengobatannyapun juga berbeda cara. Mengingat batuk adalah penyakit yang membuat seseorang merasa terganggu, maka harus segera diatasi dengan langkah yang tepat. Salah satu cara menyembuhkan batuk bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Disamping batuk sangat mengganggu, masalah kesehatan ini juga bisa membahayakan organ paru-paru, dan juga saluran pernafasan. Oleh sebab itu harus diatasi dengan langkah tepat dan aman. Batuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah terjadinya peradangan pada pernafasan. Terjadinya inflamasi pada saluran pernafasan akan menyebabkan serangan batuk berdahak. Asap rokok, ataupun polusi juga menjadi penyebab terjadinya batuk. Jadi tetap selalu waspada dan perhatikan kondisi kesehatan lingkungan sekitar anda. Menyembuhkan batuk dengan ramuan alami menjadi solusi paling tepat, supaya anda terhindar dari serangan batuk yang lebih parah.

Selain asap rokok ataupun infeksi pada saluran pernafasan, batuk juga bisa disebabkan akibat zat kimia yang ada di dalam makanan. Biasanya, zat kimia yang digunakan dalam pemanis buatan akan membuat seseorang menjadi terserang batuk. Untuk itu, atasilah batuk sebelum terjadi serangan batuk kronis dengan melakukan penyembuhan secara alami menggunakan ramuan herbal pilihan berikut ini :

-  Jahe dan kencur
Kedua bahan tersebut dapat digunakan sebagai ramuan alami yang mampu meredakan batuk berdahak. Di dalam jahe mengandung zat anti bakteri yang mampu menghagatkan tubuh dan mengencerkan dahak akibat batuk. Pembuatannya cukup dengan mengambil jahe dan kencur sebanyak 2 jari. Kemudian, iris-iris tipis dan rebus dengan menggunakan air secukupnya. Konsumsi selagi hangat supaya batuk bisa mereda.

-  Jeruk nipis dan kecap
Perasan air jeruk nipis bisa dicampur dengan kecap untuk dijadikan sebagai sirup obat batuk. Campurkan air jeruk nipis dengan kecap secara merata. Kemudian konsumsi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Jika anda tidak suka dengan rasa kecap yang asin dan manis, maka gunakan madu sebagai penggantinya.

-  Jahe dan daun sirih,
Kedua bahan alami ini mengandung senyawa yang mampu meredakan batuk berdahak. Penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun sirih kemudian campurkan dengan potongan jahe. Rebus dengan menggunakan 2 gelas air, biarkan sampai mendidih dan saring sebelum dikonsumsi.

- Belimbing wuluh
Buah yang memiliki rasa sangat masam ini mampu mengatasi masalah batuk kering. Cukup dengan memblender belimbing wuluh, kemudian campurkan sedikit garam. Peras dengan menggunakan kain tipis, dan konsumsi air perasan belimbing wuluh secara rutin hingga ada perubahan pada serangan batuk yang anda alami.

- Kunyit
Kunyit mengandung berbagai senyawa alami yang mampu membunuh bakteri penyebab batuk. Untuk pembuatannya, anda cukup menumbuk kunyit kemudian ambil airnya dan campurkan ke dalam satu gelas susu hangat dengan menambahkan madu. Konsumsi minuman ini secara rutin hingga batuk anda mereda.

Menerapkan beberapa tips mengatasi batuk di atas,  akan membuat seseorang lebih aman dalam menghindari efek samping penggunaan obat kimia. Dari bahan-bahan alami tersebut, tubuh akan menjadi lebih sehat dan sistem imun bisa meningkat dengan baik. Disamping mengkonsumsi ramuan alami, seseorang yang sedang terserang batuk harus beristirahat dengan cukup. Serta hindari makanan ataupun minuman yang bisa menyebabkan serangan batuk menjadi lebih parah.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar