Tips Mudah Atasi ‘’Pilek’’ Dengan Langkah Alami

image: newsfirst.lk
Influensa atau pilek merupakan sebuah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan yakni hidung, tenggorokan dan juga paru-paru. Hal ini akan mempengaruhi kerja alat pernafasan menjadi terganggu. Pilek merupakan penyakit yang sangat mudah menular, terutama ketika seseorang sedang bersin. Virus yang menjadi penyebab flu ataupun pilek sangat mudah dalam menginfeksi orang lain. Untuk mencegah terjadinya penularan yang lebih parah, seseorang perlu mengetahui cara menyembuhkan pilek dengan memanfaatkan obat tradisional. 

Seseorang yang terkena flu biasanya akan disertai dengan batuk. Hal ini tentu akan menyiksa mereka karena tidak bisa melakukan aktifitas secara maksimal. Bahkan ketika mengalami flu, seseorang juga sering merasa tidak percaya diri. Oleh sebab itu, perlunya anda menerapkan tips untuk mengatasi pilek atau flu hanya menggunakan langkah-langkah alami saja, yang mana lebih aman dan mampu mencegah terjadinya iritasi pada alat pernafasan.

Influensa memang terlihat sepele, namun jika tidak diobati dengan tepat maka gangguan kesehatan ini bisa bertahan dalam waktu lebih lama. Dengan demikian lakukanlah beberapa cara menyembuhkan pilek secara alami berikut ini :

1. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah lebih banyak
Kandungan mineral di dalam air putih mampu meredakan masalah flu. Jadi, seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas per harinya. Air putih mampu membuat tenggorokan menjadi bersih dari kuman yang menjadi penyebab masalah flu.

2. Konsumsi air hangat
Mengkonsumsi air hangat saat terserang flu memang sangat dianjurkan. Sebaliknya, minuman yang dingin bisa memperparah serangan flu pada tubuh. Ketahuilah, cairan hangat juga mampu melegakan tenggorokan, dan membantu mengencerkan lendir akibat flu.

3. Istirahat penuh
Seseorang yang terkena flu harus beristirahat yang cukup, jadi tidak melakukan aktifitas yang berat sama sekali. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang akan terhindar dari serangan yang lebih parah.

4. Konsumsi sayur dan juga buah
Di dalam sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan ini juga mampu meningkatkan sistem imun, sehingga membuat seseorang terhindar dari serangan flu yang lebih parah.

5. Bawang
Masalah flu juga bisa diatasi dengan menggunakan aroma bawang. Dalam hal ini seseorang bisa menggunakan semua jenis bawang, baik itu bawang putih, bawang merah, ataupun bawang daun. Ketahuilah, aroma bawang ini berfungsi sebagai katalis yang mampu mengeluarkan cairan menyumbat di dalam hidung.

6. Gunakan uap sebagai terapi
Ini bisa dilakukan dengan menggunakan air panas yang dimasukkan ke dalam wadah khusus, dan kemudian ditutupi dengan menggunakan handuk. Selanjutnya hirup uap dari air panas tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan air panas tersebut dengan kunyit, jahe, dan juga minyak kayu putih. Bahan-bahan tersebut mampu membantu meredakan hidung tersumbat.

7. Konsumsi ramuan madu dan jahe
Untuk memanfaatkan madu dan jahe sebagai obat influensa alami. Penggunaannya cukup dengan mengambil 2 ruas jahe, selanjutnya parutlah jahe tersebut sampai lembut. Ambil airnya dan campur perasan jahe tersebut dengan menambahkan 1 sendok madu.  Gunakan air hangat untuk mencampur dua bahan tersebut, sehingga mampu melegakan tenggorokan dan mengatasi hidung tersumbat. 

Beberapa tips mengatasi flu yang telah dijelaskan di atas, akan memudahkan seseorang untuk terhindar dari masalah influensa parah. Mengobati lebih awal, juga mampu menghindarkan seseorang dari serangan batuk akibat pilek. Disamping itu, seseorang juga bisa menggunakan obat oles yang mampu meringankan pusing dan hidung tersumbat akibat pilek.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar