Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Obat Tradisional

image: dentistinjamnagar.com
Gusi bengkak memang akan membuat seseorang merasa sangat tersiksa. Bagaimana tidak, seseorang yang mengalami gusi bengkak pasti akan merasa kesulitan untuk makan karena rasa sakit akibat terjadinya peradangan di bagian gusi tersebut. Gusi bengkak ini bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun saat ini banyak obat kimia untuk mengatasi gusi bengkak, namun ketahuilah jika obat kimia biasanya menimbulkan efek samping. Sehingga seseorang lebih disarankan untuk mengatasi gusi bengkak dengan menggunakan bahan alami, jika tidak ingin terkena efek samping.

Penggunaan bahan alami dalam mengatasi gusi bengkak akan lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Sehingga bisa terhindar dari serangan lebih parah ketika mereka menggunakan obat alami sebagai pembunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Menyembuhkan gusi bengkak bisa dilakukan secara mudah, jadi penyembuhannya itu tidak selalu harus dilakukan dengan menggunakan obat kimia. Di sekitar kita ternyata terdapat beberapa jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi gusi bengkak.

Pada dasarnya, gusi bengkak terjadi akibat beberapa hal. Seperti kebersihan mulut yang kurang terjaga, kemudian akibat iritasi dari penggunaan kawat gigi, ataupun karena kekurangan vitamin C. Untuk mengatasi dengan cepat dan aman, anda bisa menggunakan beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami berikut ini :

1. Garam
Dengan menggunakan garam, anda akan terbebas dari masalah gusi bengkak. Gunakan satu sendok teh garam kemudian campurkan dengan air hangat. Aduk cairan ini hingga semua garamnya larut. Gunakan untuk berkumur supaya bakteri yang menjadi penyebab gusi bengkak terbasmi dengan baik. Supaya proses penyembuhan berlangsung lebih cepat, lakukan kumur minimal 3 kali dalam sehari.

2. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai obat gusi bengkak. Jika anda mengalami gusi bengkak, maka gunakan minyak cengkeh asli untuk mengatasinya. Cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak, dan lakukan cara ini secara rutin minimal 2 kali dalam sehari. 

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga aman untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Cukup dengan menggunakan perasan air jeruk nipis saja, gusi bengkak akan teratasi dengan baik. Cara penggunaannya, campurkan perasan air jeruk tersebut dengan air hangat. Kemudian, gunakan untuk berkumur sebelum tidur ataupun pada saat bangun tidur. Lakukan tips ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Madu
Di dalam madu mengandung zat anti inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada gusi anda. Cara pengobatannya, cukup dengan mengoleskan madu pada gusi yang bengkak. Oleskan madu tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari supaya pembengkakan bisa teratasi dengan baik.

5. Lemon dan air hangat
Campurkan air hangat dan perasan air lemon dengan perbandingan 1:2. Campur sampai rata, kemudian gunakan cairan ini untuk berkumur. Dengan berkumur menggunakan bahan alami tersebut secara rutin, maka gusi akan cepat sembuh dan terhindar dari peradangan yang lebih parah.

Selain melakukan tips-tips di atas dalam mengatasi gusi yang bengkak, seseorang juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi bakteri yang bisa berkembang pada mulut. Selain itu air putih juga mampu menetralisir air liur yang terkena bakteri penyebab gusi bengkak. Selanjutnya, penderita gusi bengkak juga bisa melakukan pijatan lembut pada gusi dengan gerakan melingkar secara berulang. Pijatan lembut ini berfungsi untuk merileksasikan syaraf yang kaku akibat pembengkakan pada gusi tersebut.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar