Cara Mudah Atasi Mimisan Dengan Langkah Alami

image: earnoseandthroatct.com
Epistaksis atau mimisan, merupakan suatu kondisi dimana hidung mengeluarkan darah tanpa diduga. Mimisan terjadi akibat selaput lendir hidung yang pecah ataupun robek sehingga darah akan mengalir keluar. Beberapa orang tentu merasa panik ketika mengalami mimisan, karena akan terjadi secara tiba-tiba bahkan tanpa disadari. Sebenarnya mimisan ini bisa berhenti dengan sendirinya ketika darah yang sebelumnya mengalir sudah mulai membeku. Untuk mempercepat menangani masalah mimisan, anda bisa melakukan pengobatan hidung yang mimisan tersebut hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami saja.

Mimisan bisa terjadi akibat suhu udara yang ekstrim. Ketahuilah, suhu yang terlalu dingin ataupun terlalu panas bisa membuat selaput tipis di dalam hidung menjadi kering hingga akhirnya pecah. Selain itu, rasa pusing yang berlebihan juga bisa menyebabkan pecahnya selaput tipis pada hidung. Selain itu, Benturan keras pada bagian hidung, juga bisa menyebabkan terjadinya mimisan. Sehingga semua itu bisa menyebabkan infeksi ataupun terjadinya peradangan. Menyembuhkan mimisan dengan langkah alami bisa dijadikan sebagai solusi yang aman untuk menghindari serangan yang lebih parah.

Mimisan memang akan membuat seseorang merasa panik bahkan takut jika terjadi dalam waktu yang sering. Untuk itu bagi anda yang mengalami masalah mimisan, sebaiknya lakukan beberapa cara untuk mengobati mimisan secara alami berikut ini :

1. Daun sirih
Cukup dengan menggunakan daun sirih muda, Remas dan gulung supaya bisa dimasukkan ke dalam lubang hidung. Sumbat hidung dengan menggunakan daun sirih hingga beberapa menit atau sampai darah yang keluar mampet. Kenapa bisa demikian, karena di dalam daun sirih mengandung senyawa alami yang mampu menyusutkan pembuluh darah. Sehingga bisa membantu untuk mengatasi mimisan.

2. Akar teratai
Akar teratai juga bisa digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi masalah mimisan. Tumbuk akar teratai kemudian ambil perasan airnya. Jika sudah, teteskan air tersebut ke dalam lubang hidung Anda. Dengan cara tersebut, maka mimisan bisa tertanggulangi secara aman.

3. Rambut jagung
Tak pernah disangka jika rambut jagung bermanfaat bagi kesehatan juga. Untuk digunakan sebagai obat mimisan, rambut jagung bisa direbus dengan menggunakan 400 cc air. Kemudian biarkan hingga mendidih sampai airnya tersisa 200 cc saja. Minum air rebusan tersebut dalam kondisi masih hangat.

4. Akar alang-alang
Selain bermanfaat sebagai obat panas dalam, bahan alami ini juga mampu mengatasi mimisan. Untuk pembuatannya, anda cukup menyiapkan 60 gram akar alang-alang kemudian rebus dengan 400 cc air, dan biarkan volume air berkurang menjadi 200 cc. Selanjutnya minumlah air rebusan tersebut dalam kondisi masih hangat.

5. Pegagan
Pegagan merupakan tanaman herbal yang mampu mengatasi mimisan dengan baik. Cara menerapkannya cukup merebus 60 gr Pegagan yang sudah kering dengan air 400 cc. Rebus hingga mendidih dan air tersisa 200 cc. Kemudian konsumsilah ramuan ini selagi masih hangat.

6. Kangkung segar
Kangkung ternyata mengandung senyawa alami yang mampu mengatasi pecahnya selaput lendir di bagian hidung. Caranya gunakan 25 gram kangkung segar dengan mencampurkan air secukupnya. Blender dan gunakan jus kangkung tersebut untuk mengatasi mimisan dengan cara meminumnya.

7. Kulit kacang tanah
Tidak hanya bijinya saja yang bermanfaat, namun kulit dari kacang ini mampu mengatasi masalah mimisan. Untuk menggunakan sebagai obat mimisan anda cukup menyiapkan 25 gram kulit kacang tanah. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 400 cc. Biarkan sampai mendidih dan airnya berkurang hingga menjadi 200 cc. Saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

Beberapa tips mudah mengobati mimisan tersebut bisa dijadikan sebagai langkah paling tepat dan aman bagi anda yang mengalami mimisan. Tidak perlu panik ketika anda mengalami mimisan, cukup lakukan salah satu cara diatas untuk menghentikan darah yang keluar akibat pecahnya selaput lendir. Jika mimisan masih terus terjadi, sebaiknya anda lakukan pemeriksaan ke dokter guna mengetahui penyebab lain dari mimisan tersebut.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar