5 Tips Kecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

image: naturalremedyideas.com
Mengecilkan pori-pori dengan bahan alami menjadi solusi aman, supaya bisa tetap cantik dengan wajah menawan. Biasanya seseorang akan melakukan berbagai usaha ketika pori – pori wajahnya mulai muncul. Ketika pori – pori mulai muncul, Maka dalam berpenampilan kurang percaya diri, sehingga untuk menutupi pori – pori tersebut harus menggunakan make up lebih tebal dari biasanaya. Munculnya pori – pori disebabkan oleh melebarnya jaringan kulit karena kondisi wajah yang berminyak, ataupun ditumbuhi jerawat. Selain itu, ketika pori – pori yang muncul tidak segera diatasi, maka semakin lama akan semakin melebar.

Mengecilkan pori-pori  dengan langkah sehat dan alami dapat dilakukan dirumah tanpa harus  selalu melakukan perawatan ke klinis kecantikan. Munculnya pori – pori pada kulit tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Karena, pori – pori kulit bisa muncul ketika nutrisi yang dibutuhkan tidak terasupi secara maksimal. Dengan demikian, untuk mencegahnya anda harus mencuci muka dengan rutin dan konsumsi makanan bernutrisi, supaya kebersihan dan kesehatan kulit tetap terjaga. Bagi anda yang mengalami masalah pada pori-pori kulit yang sudah melebar, rasanya tidak perlu bingung lagi. Karena kini ada beragam cara yang alami untuk membantu anda dalam mengecilkan pori-pori tersebut.

Mungkin bagi setiap wanita pasti akan merasa resah dan tidak percaya diri ketika pori-pori wajahnya menjadi besar akibat kekurangan nutrisi. Dari masalah ini, mereka akan rela melakukan berbagai perawatan supaya pori-pori kulitnya menjadi kecil dan permukaan wajahnya bisa terlihat lebih halus.

Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengecilkan pori – pori yang bisa anda lakukan secara mudah :

• Membersihkan wajah secara rutin
Seseorang dianjurkan untuk membersihkan wajahnya setiap pagi, siang, sore, dan juga malam setelah melakukan berbagai aktifitas. Membersihkan wajah secara rutin, mampu membantu membersihkan sisa make up yang menempel pada pori-pori kulit wajah.

• Scrub
Lakukanlah scrub untuk pengelupasan pada kulit wajah. Hal ini mampu membantu menghilangkan sel – sel kering pada permukaan wajah, sehingga pori – pori yang sudah terbuka akan mengecil secara perlahan. Kemudian, anda harus menjaga wajah supaya tetap bersih, misalnya dengan selalu mencuci muka minimal 3 kali dalam sehari.


• Tabir Surya
Gunakan tabir surya atau sunscreen, dimana paparan sinar UVB dan UVA mampu menciptakan radikal bebas, dan berpotensi untuk menghambat produksinya sel. Sehingga secara tidak langsung pori – pori akan muncul dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika anda berada di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari, hendaknya memakai tabir surya, layaknya memakai topi yang dapat melindungi wajah anda.

• Susu kedelai
Bahan alami ini bisa digunakan sebagai masker untuk kulit wajah Anda. Di dalam susu kedelai mengandung vitamin E dan protein yang dibutuhkan kulit untuk meregenerasi sel kulit tersebut. 

• Masker mentimun dan apel
Kedua bahan yang bersifat astringent ini, mampu membantu mengecilkan pori-pori yang melebar. Penggunaannya cukup dengan menghaluskan mentimun dan juga apel. Campurkan secara merata, kemudian aplikasikan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Jika sudah, cucilah wajah anda menggunakan air hangat sampai bersih.

Disamping melakukan beberapa tips dan trik perawatan kulit wajah di atas, seseorang juga dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin E untuk kebutuhan nutrisi kulit wajah. Kulit membutuhkan vitamin E untuk menjaga keelastisannya. Sehingga dengan vitamin E yang cukup, penuaan di usia dini tidak akan terjadi. Maka dari situ semua kulit bisa lebih awet muda karena terlindungi dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan menerapkan beberapa langkah alami yang dijelaskan di atas, anda akan memiliki kulit cantik tanpa pori – pori yang melebar.
Artikel Terkait