Tips Mudah Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Langkah Sehat

image: wikihow.com
Bekas jerawat menjadi salah satu pengganggu penampilan seseorang. Namun, pada dasarnya bekas jerawat adalah sebuah proses penyembuhan atau perbaikan jaringan kulit akibat jerawat yang muncul sebelumnya. Selain itu, kurangnya produksi kolagen pada kulit juga akan membuat pori-pori menjadi tertekan atau pun berlubang. Untuk mengatasinya, anda perlu mengetahui cara mengilangkan bekas jerawat yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah sehat. Jadi bekas jerawat ini tidak selalu dihilangkan dengan menggunakan kosmetik mahal atau pun obat-obatan kimia lainnya yang mungkin menimbulkan efek samping pada kulit.

Secara medis, bekas jerawat tidak akan mengganggu kesehatan kulit, hanya saja akan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Umumnya, bekas jerawat ini akan memudar seiring dengan berjalannya waktu. Namun, banyak seseorang yang tidak sabar sehingga mereka akan berusaha supaya bekas jerawat tersebut cepat hilang. Untuk itu, bagi anda yang ingin terbebas dari masalah bekas jerawat segera lakukan cara untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan langkah-langkah alami yang menyehatkan.

Menghilangkan bekas jerawat, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu supaya kulit kembali cerah bersinar. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan bahan-bahan alami :

1. Minyak Zaitun, merupakan bahan alami yang tidak hanya bermanfaat sebagai pelembab saja. Namun, senyawa alami di dalamnya juga mampu mengurangi jumlah kolagen di dalam kulit, sehingga flek hitam akibat jerawat akan memudar dengan sempurna. Untuk penggunaannya, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun di bagian kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit dan cuci sampai bersih.

2. Scrub gula, dalam membuat scrub ini anda bisa mencampurkan dengan minyak zaitun. Ketahuilah, di dalam gula mengandung AHA dan juga asam glikolat yang mampu meningkatkan regenerasi sel, serta akan membersihkan sel kulit mati akibat jerawat. Buatlah scrub dengan 1 sendok makan minyak zaitun, kemudian tambahkan 2 sendok makan gula, tambahkan juga air jeruk nipis beberapa tetes dan aduk sampai rata. Lakukan scrub pada wajah yang memiliki bekas jerawat secara rutin, supaya wajah anda kembali putih seperti semula.

3. Lidah buaya, tanaman yang mengandung aloe vera ini mampu mengatasi jerawat sekaligus bekasnya. Penggunaannya, cukup dengan potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya tersebut. Jika sudah, oleskan pada kulit yang berbekas jerawat dengan memberikan pijatan lembut. Diamkan hingga 30 menit supaya zat alaminya merasuk pada kulit, setelah itu cuci sampai bersih.

4. Teh hijau dan es batu, kedua bahan ini ternyata efektif dalam menghilangkan flek hitam akibat jerawat. Pembuatannya tidaklah sulit, seduh teh hijau kemudian ambil airnya dan masukkan kedalam plastik. Kemudian, masukkan di dalam freezer dan biarkan sampai membeku. Jika sudah, oleskan dan taruh es (ramuan yang membeku) tersebut di bagian kulit yang mengalami bekas jerawat. Perlu anda tahu, teh hijau ini mengandung zat anti-inflamsi yang mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah anda.

5. Mentimun, tidak hanya digunakan sebagai penurun tekanan darah saja namun juga efektif dalam mengatasi bekas jerawat. Gunakan irisan mentimun pada wajah yang mengalami bekas jerawat, dan biarkan hingga setengah jam kemudian cuci sampai bersih. 

Beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang telah dijelaskan diatas, dapat anda lakukan dengan mudah. Jadi, anda tidak selalu harus melakukan perawatan intensif di salon atau pun klinik kecantikan. Karena bahan-bahan alami juga bisa anda jadikan alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat, dan tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaan jangka panjang. Lakukan treatment secara rutin jika anda ingin mendapatkan wajah cantik bersinar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar