Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada, Ini Akibatnya Jika Uban Dicabut

image: stylebees.com
Kandungan melanin yang terdapat pada rambut, itu sangat menentukan keberadaan uban pada rambut kepala anda. Dimana bila kandungan melanin pada rambut tinggi, maka rambut anda bisa tetap hitam berkilau. Akan tetapi bila kandungan melanin pada rambut tersebut malah sebaliknya, maka akan menimbulkan perubahan warna rambut menjadi putih atau abu-abu, alias rambut mengalami ubanan. Sehingga uban yang terdapat pada rambut ini, pastinya bisa membuat seseorang terganggu dalam berpenampilan. Bahkan rasa percaya diri pun akan bisa berkurang. 

Oleh karena itu, Untuk menanggulangi permasalahan rambut yang beruban, biasanya seseorang akan memberikan cat atau mencabuti uban tersebut hingga bersih dari rambut kepala.

Namun dalam urusan mencabuti uban ini, tahukah anda tentang dampak buruk bagi kesehatn...?. Berdasarkan dari para peneliti menunjukkan, bahwa mencabuti rambut uban akan bisa membahayakan bagi kesehatan anda. Lalu apa dampaknya, Berikut ulasannya :

Perlu anda ketahui, bahwa menurut hasil penelitian yang terdapat di Museo Nacional De Ciencias Naturales, Spanyol, menunjukkan bahwa Ismael Galvan, telah melakukan penelitian tentang bahaya dari mencabut uban pada rambut kepala. Dimana dari hasil penelitian tersebut menyatakan :
:

'' Jika Uban dicabut, Maka akan bisa berdampak buruk pada kesehatan selaput kepala. Selain itu, bisa menjadikan jumlah rambut akan menipis bila anda sering mencabutinya. Bahkan dengan cara mencabuti uban tersebut, Uban tidak malah terlihat berkurang. Karena dalam jangka panjang justru menjadikan uban tersebut bisa terlihat lebih banyak, meskipun antara rambut yang beruban dan yang tidak beruban memiliki jumlah yang sama. Sehingga hal demikian malah bisa memperparah penampilan anda.

Oleh karena itu, mencabuti uban ini adalah tindakan yang tidak tepat, Sehingga hendaknya hal tersebut bisa diwaspadai. Yang mana mencabuti uban malah akan bisa menjadikan kerusakan folikel rambut, saraf-saraf kepala, dan akar rambut, yang semuanya itu jusru mengganggu kesehatan anda.

Tak hanya itu saja, bahwa berdasarkan ahli dermatologi yang berada di New York, yakni Debra Jaliman, MD, menunjukkan bahwa mencabuti uban memang tidak berdampak pada tumbuhnya uban lebih banyak. Akan tetapi mencabuti uban bisa merusak folikel dan saraf pada rambut. Bahkan uban juga akan bisa terlihat lebih outstanding, dikarenakan oleh berkurangnya jumlah rambut yang terdapat di sekitar rambut kepala.


Sehingga mencabuti uban ini merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Karena hal itu juga bisa merusak akar rambut , menyebabkan borok, infeksi pada bekas cabutan uban tersebut, yang terdapat pada kulit kepala. 

Dan perlu anda ketahui, bahwa kebanyakan orang yang mengalami ubanan ini  di usia 30 tahunan, mereka akan mengalami kerontokan pada rambut sebanyak 80 hingga 100 helai rambut setiap harinya. Akan tetapi pertumbuhan rambut pada usia tersebut memang bisa tergolong sangat lambat, yang mana akan bisa menyebabkan kebotakan. 

Dari situ semua, tentunya anda bisa lebih waspada untuk mencabuti uban yang terdapat pada rambut kepala. Alangkah baiknya jika uban timbul, maka cukup merapikan atau memotongnya saja, tanpa perlu mencabutnya. Sehingga kondisi rambut dan kulit kepala tetap sehat.