5 Gejala Penyakit Ini Bisa Dilihat Melalui Wajah


image: drviggiano.com
Kondisi pada wajah memang bisa mencerminkan tentang kesehatan pada diri setiap insan. Yang mana banyak para peneliti telah mengatakan bahwa “wajahmu merupakan jendela kesehatan”. Sehingga hal demikian membuat wajah memiliki fungsi yang cukup kompleks. Selain sebagai sorotan utama pada penampilan seseorang, Wajah juga bisa sebagai indikasi untuk mengetahui akan kondisi kesehatan pada diri seseorang tersebut. Bahkan berbagai macam gejala penyakit yang anda alami bisa terlihat dengan gamblang, bila pada wajah anda mengalami sedikit banyak perubahan. Misalnya wajah yang terlihat pucat, maupun adanya bercak di sekitar hidung, mulut , mata dan lainnya. 

Sehingga semuanya itu bisa menjadikan anda lebih mengetahui tentang beberapa gejala penyakit yang ada, yakni dengan cukup melalui wajah. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa mengetahui tentang ciri-ciri wajah yang memiliki indikasi akan gejala beberapa penyakit yang ada. Yang mana nantinya bisa anda terapkan untuk mengantisipasi agar tubuh bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat. Dan inilah 5 gejala penyakit yang bisa anda lihat melalui wajah.

1. Bercak kuning di sekitar area mata, hidung, dan mulut
Perlu anda ketahui, bahwa terjadinya bercak kuning yang terdapat di sekitar area mata, hidung, dan mulut, memang menjadi gejala akan terkena kolesterol tinggi. Hal ini karena bercak kuning tersebut bisa menunjukkan terjadinya gejala arteri yang tersumbat, bahkan akan bisa terlihat jelas tentang adanya tumpukan lemak yang terdapat di sekitar bagian mata, mulut dan hidung. Yang mana kondisi ini bisa dikenal dengan sebutan xanthelasma. 

Dan menurut Dr Emma Starrit, yakni seorang konsultan ahli kulit yang berada di Sydney, Australia, beliau juga menunjukkan bahwa kondisi yang semacam ini memang merupakan gejala dari kolesterol tinggi. Namun tak hanya itu saja, bahwa ada juga suatu penyimpangan pada saat tubuh melakukan metabolisme lemak dalam darah, yang nantinya juga bisa menyebabkan penyakit turunan pada keluarga. Untuk itu, bila wajah mengalami seperti hal demikian, maka anda bisa mencoba untuk menangulangi dengan perawatan medis yang ada, sehingga gejala penyakit yang seperti itu bisa diatasi secara efektif.

2. Jerawat pada dagu
Mengalami jerawat pada dagu ini, biasanya menjadi gejala terjadinya Sindrom polikistik ovarium. Dimana ketika seseorang terkena jerawat di dagu ini, terkadang sering memencetnya. Padahal daerah dagu tersebut sangat rentan sekali terhadap fluktuasi hormon progesteron dan testosteron. Yang mana hal demikian biasa terjadi ketika pada saat wanita mengalami menstruasi. Akan tetapi bila terjadinya jerawat yang cukup parah pada dagu tersebut, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi akan adanya sindrom ovarium polikistik (PCOS). Oleh karena itu, bila pada dagu di wajah mengalami  jerawat yang banyak dan cukup parah, maka anda bisa melakukan perawatan secara medis untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Hal demikian memang sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Dr Starrit, bahwa PCOS juga seringkali diindikasikan oleh gejala umum yakni jerawat pada dagu. Dan perlu anda ketahui, bahwa selain jerawat pada dagu ini, proses menstruasi yang kurang teratur juga bisa menjadi gejala akan PCOS ini.

3. Kulit wajah keriput dan kendur
Bila kulit pada wajah keriput dan kendur, biasanya memiliki gejala akibat terlalu banyak merokok. Hal demikian karena asap pada rokok juga bisa merusak kolagen dan elastin yang berfungsi mengencangkan kulit.  Hal tersebut memang sesuai dengan apa yang telah diungkapkan oleh Dr. Lynette young, yakni seorang dokter anti-aging. 

Dan bila hal itu tidak segera ditanggulangi dengan baik, maka kondissi kulit pun akan semakin kendur ,keriput, dan bisa menjadikan kulit rusak. Oleh karena itu, untuk mengemablikan kulit yang keriput dan kendur tersebut, hendaknya anda bisa menghindari kebiasaan merokok tersebut, agar kulit bisa tetap terlihat kencang kembali.

4. Terjadi pecah-pecah di area sudut mulut
Ini bisa menjadi gejala kurangnya tubuh akan asupan vitamin B dan B3. Yang tak lain ialah produk susu yang menjadi salah satu solusinya. Dimana pada kandungan susu tersebut diperkaya dengan kandungan vitamin B dan B3 di dalamnya. Yang nantinya berguna untuk menjaga asupan pada tubuh tetap terpenuhi. Sehingga hal itu bisa menjaga agar kulit bibir tidak menjadi pecah-pecah dan tetap dalam kondisi sehat.
Selain produk susu, anda juga bisa menggantinya dengan mengkonsumsi daging, sayuran hijau gelap, layaknya kacang polong dan bayam untuk memenuhi asupan pada tubuh anda.

5. Lingkaran hitam di leher
Terdapat lingkaran hitam di leher bisa juga menjadi salah satu gejala akan terkena diabetes. Hal demikian karena kondisi yang seperti ini memang menjadi prekursor umum pada penderita diabetes. Yang mana hal tersebut sering disebabkan oleh obesitas, diet tinggi gula, korbohidrat olahan , yang semuanya itu bisa menjadikan adanya lingkaran hitam tersebut muncul pada ketiak dan leher. Semua hal itu memang sesuai apa yang telah diungkapkan oleh Dr. Starrit. Oleh karena itu, lingkaran hitam ini bisa menjadi indikasi akan meningkatnya risiko seseorang terkena penyakit diabetes.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar