7 Jenis Jamur Ini Berkhasiat Luar Biasa Bagi tubuh

image: nature-flo.com
Kandungan luar biasa yang terdapat pada jamur, tidak hanya menjadikan jamur itu sendiri terasa lezat bila dikonsumsi. Bahkan mengkonsumsi jamur juga bisa memberikan manfaat yang cukup kompleks untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, jamur jenis pangan ini juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada, baik itu jenis penyakit ringan maupun penyakit yang cukup serius. Sehingga di balik kelezatannya, jenis tumbuhan jamur tersebut bisa dijadikan pilihan sebagai obat alternatif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dihadapi oleh setiap manusia.

Akan tetapi dalam mengkonsumsi tanaman jamur ini, hendaknya terlebih dahulu anda bisa mengenali berbagai jenis jamur itu sendiri, agar nantinya bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, ada beberapa jenis tanaman jamur yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dan inilah 7 jenis tanaman jamur pangan, yang bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi beberapa penyakit yang ada.

1. Jamur shitake
Perlu anda tahu bahwa jenis jamur shitake, sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit tumor yang dialami seseorang. Hal demikian karena pada jamur ini memiliki aroma yang cukup khas, dan mengandung zat lentinan yang berguna sebagai senyawa anti tumor alami. Sehingga dalam mengobati penyakit yang cukup serius ini, tidak ada salahnya bila anda mengkonsumsi jamur shitake. Selain itu kandungan vitamin D yang terdapat pada jamur shitake memang cukup tinggi. Yang mana juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan kebugaran tubuh anda. Untuk mendapatkan khasiat dari jamur shitake, hendaknya anda bisa mengkonsumsinya 4 hingga 5 ons perhari secara rutin dan teratur. Anda dapat mengolahnya dalam bentuk masakan.

2. Jamur maitake
Jenis jamur yang enak ini, memang bisa anda gunakan untuk melawan penyakit kanker payudara. Yang mana pada setengah cangkir dari jamur maitake bila anda konsumsi secara rutin, maka mampu membersihkan sistem tubuh dari racun. Sehingga bisa mengatasi sel-sel abnormal yang bisa menjadi mudah rusak. Dengan demikian, jamur maitake ini akan bisa membantu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh pada sistem kekebalan tubuh anda. Dari situ semua menjadikan kondisi tubuh anda bisa kembali normal secara efektif.

3. Jamur putih
Dalam hal ini jamur putih bisa anda konsumsi untuk mencegah terjadinya kanker prostat, dan juga bisa membantu dalam program diet anda. Hal demikian karena pada jenis jamur ini, memiliki kandungan berupa selenium yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, dan juga berguna untuk mencegah akan terjadinya penyakit kanker prostat. Selain Itu, jamur putih ini juga akan mempercepat proses metabolisme dalam tubuh, dan menjaga kadar gula dalam darah bisa tetap normal.

4. Jamur tiram
Mengkonsumsi jamur tiram, memang bisa dijadikan sebagai benteng pertahanan terhadap kemungkinan terjadinya penyakit HIV dalam tubuh. Hal itu karena kandungan senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya, mampu menjadi obat anti-kanker dalam tubuh. Sehingga kegunaan dari jamur tiram ini, memang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh anda.

5. Jamur porcini
Tahukah anda, bahwa jamur yang memiliki bentuk gendut yang mirip portobello ini, memang cukup dikenal sebagai bahan alami untuk anti-inflamasi. Yang mana kandungan ergosterol yang ada di dalamnya, bisa melakukan sitotokisitas yang berguna untuk menyerang sel berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian jenis jamur ini bisa anda gunakan sebagai makanan enak anti- peradangan.

6. Jamur simeji
Kandungan betaglikan yang terdapat pada jenis jamur ini, menurut National Cancer Institute Of Japan, diyakini mampu memperlambat dan menghancurkan sel tumor yang menyerang tubuh. Selain itu, jamur simeji juga bisa anda manfaatkan sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit diabetes, asma, alergi, serta meningkatkan sistem imum tubuh. Sehingga kegunaan dari jenis jamur ini, memang memiliki khasiat yang cukup kompleks bagi kesehatan tubuh.

7. Jamur Chanterelle
Khasiat dari jenis jamur unik ini, berguna sekali sebagai anti-mikroba, bakteri, dan anti jamur dalam tubuh. Selain itu jamur Chanterelle  juga diperkaya dengan kandungan potassium, serta vitamin C dan D yang cukup tinggi. Sehingga semuanya itu pastinya akan berguna untuk menjaga kondisi tumbuh tetap sehat dan bugar.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar