4 Kebiasaan Aneh Ini Ternyata Bisa Menyehatkan Tubuh

image: pineknotfarmandlab.com
Menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi bugar dan sehat, memanglah penting bagi kehidupan setiap manusia. Dalam menyiasatinya, pastinya bagi kebanyakan orang akan senantiasa melakukan orahraga yang cukup, mengatur pola makan yang tepat, tidur teratur, menghindari beberapa hal yang bisa menjadikan kesehatan tubuh terancam, dan lainnya. Yang mana semua itu memang sudah menjadi kebiasaan umum yang tentunya anda pasti mengetahuinya.

Akan tetapi tidak hanya itu saja, bahwa berdasarkan penelitian, masih ada beberapa kebiasaan yang mungin tidak terlintas dalam benak pikiran, yang ternyata memiliki dampak baik dan menyehatkan tubuh anda. Sehingga dari beberapa kebiasaan tersebut, bisa anda terapkan untuk menjadikan tubuh anda tetap dalam kondisi sehat, dan terhindar dari berbagai gangguan yang bisa menggerogoti kesehatan tubuh. Dan inilah 4 kebiasaan aneh yang ternyata bisa menyehatkan tubuh anda.

1. Bertelanjang kaki
Kebiasaan kaki bertelanjang atau tidak memakai sandal atau sepatu dengan berjalan di sekitar rumah, memang bisa menyehatkan dan berdampak positif bagi tubuh anda. Hal demikian berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Keith Penera, D.M.P, yakni seorang spesialis penyakit kaki yang berada di Healthcare Partners, California, menunjukkan bahwa kegiatan berjalan sambil menelanjangkan kaki, akan bisa melatih otot-otot pada kaki. 

Bahkan kebiasaan ini juga mampu memperbaiki suasana hati dan mengurangi nyeri pada kaki anda. Dengan begitu, kebiasaan unik ini bisa anda terapkan demi menjadikan tubuh anda agar tetap bugar dan sehat.

2. Menelepon ibu untuk menghilangkan stres
Dalam sebuah studi yang telah diterbitkan pada Proceedings B oleh para peniliti yang berada di University Of Wisconsin Madison, menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kesempatan untuk menghubungi ibu mereka, akan memiliki kadar oksitosin, yakni kadar hormon bahagia. Sehingga dari situ akan menjadikan tingkat hormon stres atau kortisol bisa menurun. 

Dan perlu anda ketahui bahwa tingkat stres yang dialami oleh seseorang pastinya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, menelepon ibu untuk menghilangkan stres, memang termasuk kebiasaan yang bisa mendongkrak kesehatan tubuh anda.

3. Tidur di lantai
Perlu anda tahu, bahwa tidur di lantai juga termasuk kebiasaan yang bisa menyehatkan tubuh anda. Hal demikian karena bila anda berbaring terlentang di permukaan yang lebi keras, maka akan bisa mengurangi tekanan punggung pada tubuh.

Yang mana hal tersebut juga diungkapkan oleh Charles Kim, yakni seorang spesialis obat nyeri yang berada di Nyu Langone Medical Center Rusk Rehabilitation. Beliau menunjukkan bahwa jika seseorang memiliki sakit punggung, maka cobalah untuk menerapkannya dengan tidur di lantai. Dengan demikian, kebiasaan ini juga termasuk menyehatkan bagi tubuh anda.

4. Berbicara pada diri sendiri
Tahukah anda, bahwa berbicara pada diri sendiri memang termasuk kebiasaan yang bisa menyehatkan tubuh. Mengapa bisa demikian…? Ya, karena berbicara pada diri sendiri bisa meningkatkan semangat dan peluang untuk meraih kesuksesan anda. Hal demikian memang sesuai dengan apa yang dijelaskan pada sebuah studi masa kini, yang mana dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology. 

Selain itu, berbicara pada diri sendiri juga bisa bertindak sebagai bentuk meditasi yang akan menurunkan tingkat stres tekanan darah. Sehingga akan berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik anda. Hal tersebut berdasarkan  apa yang telah diungkapkan oleh Kevin Campbell, MD, yakni seorang ahli jantung. Dengan begitu, kebiasaan berbicara pada diri sendiri memang bisa memantu untuk mendongkrak kesehatan tubuh anda. 

Namun perlu anda ingat, lakukan tips ini di rumah atau di kamar anda. Dan jangan melakukannya di tempat umum atau keramaian, sehingga tidak menimbulkan pandangan negatif dari orang lain.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar