Awas, 7 Jenis Makanan Ini Berbahaya Dikonsumsi Mentah

Secara spintas bisa anda bayangkan tentang sayur brokoli misalnya, yang cukup enak dan juga baik bila dikonsumsi secara mentah. Namun tidaklah semua jenis makanan yang ada itu sehat bila dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Pada dasarnya setiap jenis makanan yang ada, pastinya memiliki kandungan yang berbeda-beda. Bahkan ada juga makanan tersebut masih terkandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga untuk menetralisirnya pun harus dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan cara yang tepat.

Namun tidak hanya itu saja, ada berbagai alasan yang bisa menjadikan beberapa jenis makanan tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah. Oleh karena itu, mengetahui beberapa jenis makanan tersebut amatlah penting. Hal demikian ditujukan agar anda bisa lebih waspada dan bisa mengkonsumsinya dengan benar. Sehingga dari situ anda bisa memanfaatkannya untuk kesehatan tubuh anda. 

Sebenarnya mengkonsumsi makanan mentah atau bisa dibilang raw food ini, sangatlah populer di kalangan masyarakat saat ini. Hal tersebut karena kebanyakan orang meyakini bahwa bila mengkonsumsinya secara mentah, nantinya akan bisa mendapatkan vitamin dan mineral secara utuh dari makanan tersebut. Namun tidak semuanya makanan memiliki sifat seperti itu. 

Sehingga dengan mengetahui beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara mentah ini, akan bisa bermanfaat bagi anda semua agar lebih waspada. Dan inilah beragam jenis makanan yang tidak boleh anda konsumsi secara mentah, karena bisa membahayakan kesehatan tubuh.

# Terong
Perlu anda tahu, bahwa terong ini tidak baik bila anda konsumsi mentah. Hal demikian karena kandungan solanin yang terdapat pada terong, bisa memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Sehingga untuk menetralisir kandungan berbahaya pada terong ini, haruslah dimasak terlebih dahulu. Sehingga bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda.

Dan bila anda memaksakan diri untuk mengkonsumsi secara mentah, maka hal demikian bisa menjadikan tubuh anda keracunan, yang mana akan disertai dengan terjadinya rasa pusing, diare, kram pada perut, dan muntah. Sehingga anda bisa lebih waspada akan hal yang seperti ini, dan bisa mengkonsumsi sayur terong ini dengan cara yang tepat.

# Kentang
Untuk mengkonsumsi kentang, maka hendaknya anda mengkonsumsinya dalam keadaan matang atau sudah dimasak terlebih dahulu. Mengapa bisa demikian...?, Perlu anda ketahui bahwa di dalam kentang juga memiliki kandungan solanin, yang tentunya akan bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Bahkan bila kentang yang yang terdapat warna hijau, maka tidak salah lagi bahwa itulah kandungan solanin yang semakin nampak secara jelas. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi jenis makanan kentang ini, hendaknya bisa dimasak terlebih dahulu secara tepat dan sehat.

# Kacang merah
Hal demikian juga perlu anda perhatikan, bahwa mengkonsumsi kacang merah secara mentah, akan bisa menjadikan anda keracunan. Dimana kandungan lektin yang terdapat pada kacang merah ini bila masuk dalam tubuh, maka akan menimbulkan rasa mual. Sehingga anda bisa mewaspadai dalam mengkonsumsi kacang merah agar selalu dimasak terlebih dahulu. Sehingga tidak akan menimbulkan terjadinya keracunan dalam tubuh, dan bisa memenuhi asupan gizi dalam tubuh anda.

# Buncis
Pada sayuran buncis ini, memang sangat berbahaya bila anda konsumsi mentah. Hal demikian karena kandungan glikosida sianogen yang terdapat di dalamnya, akan bisa beracun bagi tubuh anda. Yang mana glikosida sianogen itu sendiri merupakan zat asam amino beracun yang cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi sayur buncis ini, hendaknya anda bisa memasaknya terlebih dahulu dengan menggunakan cara yang benar. Sehingga kandungan zat yang tidak baik pada buncis bisa ternetralisir dengan baik.

# Ayam
Dalam mengkonsumsi daging ayam, hendaknya anda tidak memakan secara mentah. Sehingga anda bisa memasaknya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Hal demikian karena bila anda mengkonsumsi ayam secara mentah, hanya akan berakibat tidak baik akan kesehatan tubuh anda. Oleh sebab itu, paling tidak anda harus mengolah ayam tersebut dengan menggunakan suhu sekitar 165 derajat, agar bisa mematikan bakteri berbahaya yang terkandung pada daging ayam tersebut. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh anda ketika dikonsumsi.

Selain makanan tersebut di atas, ada juga bagian buah tertentu yang tidak baik jika anda konsumsi. Hal demkian karena terdapat kandungan zat yang merugikan bagi kesehatan di bagian buah tersebut, Yakni: 

# Bagian dari buah pir
Tahukah anda, bahwa pada bagian dalam buah pir ini, yang dekat dengan biji buah, memiliki tekstur lembut dan tampaknya bisa dimakan. Namun sebaiknya janganlah mengkonsumsinya pada bagian itu, karena pada bagian buah pir tersebut mengandung amygladin yang kurang baik bagi kesehatn tubuh anda. Oleh karena itu, hendaknya anda bisa memakan buah pir ini cukup sampai pada daging buahnya saja. Sehingga anda bisa mendapatkan khasiat yang sempurna dari makan buah pir bagi kesehatan tubuh anda.

# Bagian buah apel
Yang mana pada bagian buah apel ini, sama halnya dengan bagian buah pir yang telah dijelaskan diatas. Hal demikian karena pada bagian dalam buah apel yang dekat dengan isi, dan sedikit memiliki tekstur lembut tersebut juga mengandung amygladin yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar