Inilah Manfaat Buah Apel Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan


image: emaze.com
Apel merupakan salah satu buah favorit di Indonesia. Ketahuilah, di dalam buah apel mengandung beragam senyawa alami yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Buah yang berwarna hijau dan juga merah ini mengandung nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Hampir semua orang suka menyantap buah apel ini. Karena rasanya yang khas dan cocok untuk dijadikan sebagai pencuci mulut, membuat buah apel terus dicari oleh banyak kalangan. Khasiat dari buah apel bagi kesehatan sangatlah banyak, bahkan bisa dijadikan sebagai salah satu bahan herbal dalam mengatasi gangguan kesehatan. 


Dalam 100 gram buah apel mengandung 58 gram kalori, 0,3 gram zat besi, 6 gram kalsium, 0,4 gram lemak, 90 gram vitamin A, 5 gram vitamin C, 0,3 gram protein, dan juga 84,1 gram air. Apel merupakan buah yang bisa dikonsumsi dalam kondisi segar, ataupun dibuat sebagai jus. Ragam kegunaan buah apel bagi kesehatan ini, membuat buah apel sering dijadikan menu makanan sehat di setiap harinya. Hingga kini, banyak kalangan masyarakat yang semakin banyak menggunakan apel sebagai pencuci mulut. Hal demikian karena rasa asam manis di dalam buah inilah yang mampu menghilangkan rasa amis, ataupun pedas setelah kita mengkonsumsi makanan.

Nutrisi dari buah apel memang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Seseorang bisa rentan terserang penyakit ketika sistem imunnya mulai lemah. Oleh sebab itu, Buah apel ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas, serta menjaga sistem imun dengan baik. Supaya anda lebih jelas tentang manfaat dan khasiat yang terdapat pada buah apel, simak beberapa ulasan berikut ini :

1. Mengurangi risiko kanker
Seseorang yang rutin mengkonsumsi apel, mereka bisa terhindar dari risiko serangan kanker. Kandungan flavonoid di dalam buah apel, mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Sehingga, jika anda ingin terhindar dari penyakit mematikan ini sebaiknya konsumsilah apel secara rutin.

2. Menjaga kesehatan gigi
Hal ini karena buah apel mampu merangsang produksi air liur di dalam mulut. Dengan demikian bisa mencegah terjadinya pengeroposan gigi, serta mampu membuat gigi tetap sehat terawat.

3. Mencegah terjadinya dehidrasi
Mungkin banyak yang tidak tahu jika buah apel mampu mencegah dehidrasi. Di dalam buah apel mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga ketika seseorang rutin mengkonsumsi buah apel, maka mereka bisa terhindar dari masalah dehidrasi.

4. Mencegah serangan jantung
Hal demikian karena di dalam buah apel terdapat kandungan fitonutrien, dan dikenal sebagai quercetin, phlorizin, catechin, serta klorogenat. Fitonutrien pada buah apel ini akan membantu dalam melindungi sistem kardiovaskular dari sebuah keruskan.

5. Menangkal radikal bebas
Mengkonsumsi apel tanpa dikupas kulitnya, itu ternyata lebih menyehatkan. Karena di dalam kulit apel mengandung kuersetin. Dimana zat ini mampu menangkal radikal bebas dengan baik. Selain itu juga mampu melawan masalah penuaan.

6. Mencegah diare dan juga sembelit
Kedua masalah pencernaan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah apel. Hal demikian karena buah apel mengandung senyawa alami, yang mampu mengatasi diare dan juga sembelit.

7. Mencegah penyakit diabetes
Hal ini dikarenakan buah apel mengandung senyawa fenolik, yang mampu mencegah terjadinya peningkatan kadar gula di dalam darah. Selain mencegah, buah ini juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Beberapa keuntungan yang didapat dari buah apel di atas, akan mempermudah anda dalam menjaga kesehatan dengan rutin mengkonsumsi buah ini. Jika anda bosan mengkonsumsi dalam kondisi segar, anda juga bisa membuatnya sebagai jus. Perlu diingat, Seseorang lebih disarankan untuk mengkonsumsi apel tanpa dikupas, namun harus dicuci bersih terlebih dahulu.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar