Sederet Manfaat Buah Stroberi Yang Baik Bagi Kesehatan

image: bonappetit.com
Stroberi merupakan salah satu buah yang primadona di Indonesia ini. Buah yang berwarna merah dan memiliki rasa asam manis ini, ternyata menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah tersebut terdapat banyak manfaat bagi tubuh yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik. Bentuk dan juga rasa yang khas, membuat banyak orang selalu mengidolakan buah stroberi ini. Di dalam buah stroberi mengandung vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, C, serta betakaroten yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain itu kandungan asam folat, kalsium, potasium, sodium, seng, besi, dan magnesium ini mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Stroberi mengandung vitamin C sangat tinggi, sehingga tidak heran jika buah ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh, termasuk melawan beberapa virus yang berbahaya bagi tubuh manusia . Khasiat dari buah stroberi sangatlah banyak, mulai dari mengatasi diare hingga penyakit pneumonia. Kandungan vitamin C ini juga mampu menyerap zat besi dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh, sehingga bisa meningkatkan kadar vitamin, dan mampu mencegah anemia pada tubuh seseorang.

Selain mampu mencegah serangan anemia, stroberi juga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kadar gula, serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Buah stroberi juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan berat badan, karena dengan mengkonsumsi buah stroberi, akan menekan nafsu makan anda sehingga mampu membantu menurunkan berat badan. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa manfaat dan khasiat buah stroberi berikut ini :

1. Sebagai anti-kanker
Hal ini karena di dalam buah stroberi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga mampu bekerja secara sinergis dan lebih kuat dalam melawan oksidasi, sekaligus mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan inilah yang nantinya akan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

2. Mengatasi jerawat
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika buah stroberi juga bermanfaat bagi kecantikan. Di dalam buah stroberi mengandung vitamin C, AHA, flavonoid, dan juga asam salisilat, yang mana mampu mengatasi jerawat sekaligus mengurangi minyak yang berlebih. Anda bisa menggunakannya sebagai masker, cukup mencampurkan stroberi dengan madu kemudian oleskan pada wajah secara merata.

3. Meningkatkan daya ingat dan kesehatan mental
Kandungan folat yang ada di dalam buah stroberi mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta kemampuan otak dalam memproses informasi. Hal ini menjadi salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya cacat otak pada bayi di dalam kandungan. Oleh sebab itu, seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah stroberi.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Hal demikian karena di dalam buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, yang mana akan bisa merangsang sekresi saliva dan cairan lambung. Sehingga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, terutama terhadap protein. Tidak hanya itu, serat yang ada di dalam stroberi juga mampu membersihkan usus besar.

5. Menjaga kesehatan jantung
Di dalam buah stroberi mengandung antioksidan yang mampu melindungi arteri dari kerusakan, serta bisa mencegah terjadinya pembekuan darah di dalam pembuluh darah. Dengan demikian, ketika seseorang rutin dalam mengkonsumsi stroberi, mereka akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Strawberry, bisa disantap dalam keadaan segar ataupun dalam campuran minuman dan makanan. Lebih enaknya lagi ketika stroberi dijadikan campuran dalam kue. Buah tersebut juga lebih menyegarkan ketika dikonsumsi dalam bentuk jus. Dari beberapa manfaat pada buah stroberi yang dijelaskan di atas, anda bisa mempertimbangkan kapan anda harus mengkonsumsi buah stroberi ini. Hal tersebut bertujuan dalam menjaga kesehatan dan supaya terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar