Manfaat Buah Pir Yang Mengagumkan Bagi Kesehatan

image: techlifemag.ca
Buah pir merupakan salah satu buah dengan rasa menyegarkan. Buah pir kini bisa ditemukan di seluruh daerah Indonesia. Pada dasarnya, buah ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tahukah anda, bahwa buah pir ini juga menjadi bahan alami pencegah penyakit stroke. Khasiat yang terdapat pada buah pir sangatlah banyak, seseorang yang ingin sehat maka sudah seharusnya mengkonsumsi buah pir dalam waktu sering. Hal itu karena kandungan nutrisi alaminya, mampu membuat beberapa gangguan kesehatan teratasi dengan baik.

Buah pir mengandung antioksidan, flavonoid dan juga serat yang mampu membuat tubuh tetap sehat. Dalam satu buah pir mengandung 101 kalori, 0 gram lemak, 27 gram karbohidrat, serta 17 gram gula dan 6 gram serat. Sementara untuk proteinnya tercatat sebanyak 1 gram protein. Dengan demikian bisa disimpulkan, jika makan satu buah pir dengan ukuran sedang maka akan memberikan 12% kebutuhan vitamin C harian, kemudian 10% vitamin K, 6% kalium, serta jumlah yang lebih kecil dari kalsium zat besi, magnesium, riboflavin, folat dan vitamin B-6. Dari beragam kandungan tersebutlah membuat nutrisi buah pir ini  dibutuhkan oleh tubuh.

Buah pir juga mengandung fruktosa yang lebih tinggi dibandingkan dengan glukosanya. Oleh sebab itu buah pir boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes. Disamping itu, seseorang yang sedang melakukan diet juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini. Supaya lebih jelasnya ketahuilah deretan manfaat dan khasiat yang didapat dari buah pir berikut ini :

1. Mencegah penyakit jantung
Di dalam buah pir mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Dengan kolesterol yang semakin terurai, maka risiko penyakit jantung akan berkurang hingga 50%.

2. Anti radikal bebas
Kandungan vitamin K, vitamin C, dan juga tembaga di dalam buah pir ternyata mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

3. Pencegah kanker
Sebuah riset membuktikan jika kandungan serat tinggi dalam buah pir mampu mencegah kanker usus besar. Sehingga dengan mengkonsumsi 1 buah pir di setiap harinya, juga mampu menurunkan risiko serangan kanker payudara bagi kaum wanita.

4. Mengontrol kadar gula darah
Kandungan senyawa alami di dalam buah pir, mampu menjaga jumlah kadar gula darah menjadi tetap normal. Hal itu karena di dalam buah ini mengandung gliserin serta serat yang tinggi, sehingga mampu mengendalikan kadar gula serta mencegah penyakit diabetes kronis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kondisi sistem imunitas tubuh yang melemah ternyata bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pir. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah ini, mampu meningkatkan sistem imun sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit.

6. Mencegah osteoporosis
Buah pir ternyata juga mampu menjaga ketahanan tulang. Hal ini karena kandungan boron di dalam buah pir, mampu mempermudah penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga tulang tidak mudah keropos.

7. Menyehatkan pencernaan
Ketika seseorang mengalami susah BAB, maka solusi tepatnya adalah dengan mengkonsumsi buah pir. Hal tersebut karena kandungan serat di dalam buah pir ini, mampu melancarkan pencernaan, sehingga juga membantu melancarkan buang air besar. Selain itu dengan mengkonsumsi buah pir juga mampu mencegah terjadinya polip usus.

Buah pir bisa anda konsumsi dalam bentuk jus ataupun dalam kondisi yang masih segar. Beberpa manfaat yang ada pada buah pir tersebut, akan mempermudah anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Kandungan senyawa alami di dalam buah pir akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, serta seseorang tidak mudah terserang penyakit karena sistem imunnya terjaga. Sementara bagi seseorang yang menderita diabetes, sebaiknya mengkonsumsi buah pir dalam keadaan segar tanpa harus mengupas kulitnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar