Beragam Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

image: organicfacts.net
Tahukah anda, jika pisang ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Pisang merupakan buah yang khas untuk dijadikan sebagai pencuci mulut. Di Indonesia terdapat banyak sekali varietas pisang yang memiliki rasa dan juga ukuran berbeda. Pisang biasanya tidak hanya digunakan sebagai buah saja, namun juga bisa diolah menjadi selai, kue, ataupun sekedar gorengan saja. Sebagian orang masih belum mengetahui secara detail tentang manfaat buah pisang. Pasalnya, mereka menganggap buah ini sebagai makanan pelengkap saja.

Pisang merupakan buah multiguna yang bisa diolah dalam keadaan matang, maupun bisa diolah ketika kondisinya masih mentah. Salah satunya sebagai keripik pisang. Buah ini paling banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia, Karena di dalamnya mengandung nutrisi alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam 126 gram pisang mengandung 30 gram karbohidrat, 110 kalori, dan juga 1 gram protein. 

Disamping itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, kalium, folat, magnesium, riboflavin, vitamin B6, vitamin A, dan juga zat besi. Oleh sebab itulah buah pisang ini semakin dibutuhkan karena mengandung beragam nutrisi terebut.

Pisang juga bisa digunakan sebagai menu tambahan ketika seseorang melakukan diet. Pasalnya, pisang ini mampu membantu proses penurunan berat badan, dimana kandungan serat di dalamnya akan memberikan nutrisi, serta menjaga pencernaan dengan baik. Untuk lebih jelasnya simak beberapa manfaat dan khasiat buah pisang berikut ini :

- Melancarkan peredaran darah
Hal ini karena pisang mengandung potasium yang baik untuk mengatasi masalah peredaran darah yang kurang normal. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang akan mengatur tekanan darah. Dengan demikian pisang mampu mencegah terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

- Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang ada di dalam pisang mampu mengatasi masalah sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup dengan mengkonsumsi buah pisang saja masalah sembelit akan teratasi dengan baik. Selain itu pisang juga berkhasiat sebagai pencegah penyakit kanker usus. Disamping itu vitamin C di dalam buah pisang juga mampu menahan inflamasi yang terjadi di dalam tubuh.

- Menjaga kesehatan mata
Di dalam buah pisang mengandung vitamin A yang larut dalam lemak, sehingga mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini mampu melestarikan membran yang mengelilingi mata, serta menjadi komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Nutrisi vitamin A yang cukup, ternyata juga mampu mengurangi risiko kebutaan akibat kerusakan mata. Untuk tingkat kebutuhan vitamin A bagi kaum laki-laki dan perempuan itu berbeda.

Dimana untuk perempuan membutuhkan 700 mg vitamin A dalam setiap harinya. Sementara untuk laki-laki membutuhkan 900 mg vitamin A per hari. Selain itu pisang juga mengandung beta karoten yang bisa diuraikan menjadi vitamin A. Sehingga hal itulah yang menjadikan buah pisang membuat mata menjadi lebih sehat.

- Menormalkan fungsi jantung
Tahukah anda, mengkonsumsi pisang disetiap hari saat sarapan mampu menambah nutrisi tubuh, terutama dalam meningkatkan fungsi jantung. Di dalam buah pisang ini mengandung mineral elektrolit kalium, yang mampu membuat jantung bisa berfungsi dengan normal.

Dengan mengetahui beberapa fungsi dan kegunaan buah pisang tersebut, anda bisa menerapkan konsumsi buah pisang dalam waktu lebih sering. Tujuannya, agar bisa memiliki tubuh sehat melalui nutrisi alami di dalamnya. Senyawa-senyawa alami di dalam pisang mampu meningkatkan kinerja organ di dalam tubuh. Dengan demikian, lengkapilah menu harian anda dengan buah pisang supaya tubuh tetap sehat dan bugar.
Artikel Terkait