8 Manfaat Hebat Daun Beluntas Bagi Kesehatan

image: sma1-sukawati.sch.id
Beluntas, Jenis tumbuhan semak ini memang merupakan salah satu tanaman yang bisa dengan mudah ditemukan oleh masyarakat. Yang mana jenis tanaman ini bisa tumbuh dengan subur tanpa harus dibudidayakan terlebih dahulu. Namun terkadang tanaman beluntas juga sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Dimana mereka sering menganggap bahwa beluntas merupakan tanaman yang kurang memiliki manfaat bagi kebutuhan manusia. 

Sehingga membuat mereka kurang minat untuk menilik lebih dalam akan tanaman beluntas yang berada di sekeliling mereka. Padahal kandungan yang terdapat pada jenis tanaman semak ini, memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Hal demikian karena banyak jenis penyakit yang dialami oleh seseorang, bisa disembuhkan dengan menggunakan daun dari tanaman beluntas itu sendiri. 

Perlu anda ketahui, bahwa daun beluntas memiliki beberapa kandungan yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya kalsium, flavonoid, magnesium, fosfor, tannin, natrium, alkaloid, dan minyak atsiri, yang semuanya itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menjaga tubuh agar sehat dan bugar. Dan inilah 8 khasiat dan manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi rematik
Perlu anda tahu, bahwa biasanya rematik ini dialami oleh kebanyakan orang yang sudah tua. Yang mana seseorang bisa memanfaatkan ramuan dari daun beluntas untuk membasmi rematik yang ada. Bahkan berbagai macam nyeri pun bisa tertanggulangi dengan baik, dengan cukup menggunakan daun dari tanaman semak ini. Cara menggunakannya cukup sederhana, dengan cara anda meminum segelas air rebusan daun beluntas secara runtin, maka rematik akan bisa teratasi denagn baik.

2. Mengobati perut kembung
Dalam hal ini, anda bisa juga mengkonsumsi daun beluntas untuk mengatasi perut kembung yang anda derita. Dengan cara menyediakan terlebih dahulu beberapa helai daun beluntas, kemudian merebusnya. Setelah itu, minumlah rebusan air daun beluntas tersebut untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat perut kembung. Dengan begitu, perut kembung yang anda alami bisa teratasi secara efektif.

3. Untuk obat nyeri pinggang
Anda mengalami nyeri pinggang…?,  Pastinya hal demikian akan bisa mengganggu rutinitas anda sehari-hari. Dengan begitu, anda bisa meminum ramuan dari daun beluntas, sehingga menjadikan nyeri pinggang yang anda derita bisa hilang secara alami. Yakni dengan cukup merebus daun beluntas dengan air secukupnya, kemudian minumlah air rebusan dari daun beluntas tersebut. Sehingga anda akan merasakan khasiatnya untuk mengatasi nyeri pinggang.

4. Mengatasi pegal linu
Tahukah anda, bahwa pegal linu yang sering terjadi akan sangat menyiksa tubuh anda. Untuk mengatasinya, anda bisa juga mengkonsumsi rebusan dari daun beluntas untuk meringankan rasa sakit dari pegal linu tersebut. Dan minumlah ramuan daun beluntas ini secara rutin dan teratur 3 kali sehari, sehingga pegal linu yang anda alami bisa sembuh secara efektif.

5. Menghilangkan keputihan
Untuk mengobati keputihan yang sering dialami oleh para kaum hawa ini,  cukup dengan menggunkan bahan alami dari daun beluntas akan bisa menanggulangi keputihan dengan baik. Bahkan dengan jangka waktu yang tidak lama, keputihan bisa segera teratasi. Oleh karena itu, anda juga bisa meminum air rebusan dari daun beluntas secara rutin, hingga keputihan yang anda alami bisa segera sirna dan segera terhenti.

6. Mengatasi TBC kelenjar leher
Dalam hal ini, daun beluntas bisa juga anda gunakan sebagai bahan alami mengatasi penyakit TBC kelenjar leher. Dengan cara anda menyiapkan terlebih dahulu batang dan daun beluntas yang diekstrak, kemudian tambahkan pula ekstrak gelatin dari kulit sapi, serta campur dengan rumput laut. Setelah itu, anda bisa menanak/mengukus semua bahan tersebut hingga lunak, kemudian barulah anda konsumsi seacra rutin dan teratur. Sehingga penyakit TBC kelenjar leher ini bisa teratasi dengan baik.

7. Meredakan nyeri haid
Cukup dengan mengkonsumsi rebusan dari daun beluntas ini, maka hal demikian bisa juga untuk meredakan rasa nyeri pada saat menstruasi atau haid. Dengan begitu, daun beluntas ini memang bisa dijadikan bahan alami untuk membantu pada saat wanita sedang mengalami datang bulan. 

8. Menyembuhkan gangguan pencernaan pada anak
Dengan cara menyiapkan terlebih dahulu beberapa helai daun beluntas, dan bersihkan dengan air, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkanlah dengan bubur atau masakan, kemudian barulah bisa dikonsumsi, sehingga bisa mengatasi gangguan pencernaan pada anak. Dengan begitu, daun beluntas ini memang cukup kompleks manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar