5 Khasiat Tanaman Talas Untuk Obat Tradisional

image: lushplants.com.au
Colocasia esculenta Schott, itulah nama ilmiah dari tanaman talas yang sudah populer di tanah air ini. Namun tanaman ubi talas ini bagi kalangan masyarakat tanah jawa sering disebut dengan istilah ‘’lompog’’. Tidak hanya ubinya saja, Bahkan pada daun talasnya akan lebih terasa kelezatannya bila dikonsumsi sebagai sayuran dan dicampur dengan santan. Tidak sebatas kenikmatannya, dibalik kenikmatan tanaman ini ternyata memiliki khasiat yang cukup luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Dimana menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman talas memang terbukti akan kandungan yang ada di dalamnya, yakni memiliki unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh karena itu, tidak salah jika banyak kalangan masyarakat yang mengkonsumsi jenis makanan enak ini. Karena kandungan nutrisi dan vitamin dari tanaman talas bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang ada. Dan tentunya akan bisa lebih aman, dan tidak menimbulkan efek samping dalam jangka panjang. 

Sebelumnya perlu anda ketahui, bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman talas ini memanglah cukup kompleks yakni protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, saponin, polifenol, vitamin A, C, B1, yang semuanya itu bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dan inilah 5 manfaat tanaman talas untuk pengobatan tradisional.

1. Untuk mengobati disentri
Dengan cara anda menyediakan 20 gr akar talas yang masih dalam kondisi segar, kemudian cuci terlebih dahulu dengan air hingga bersih. Lalu potong dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian barulah anda mengaduknya hingga merata dan minumlah ramuan talas ini secara rutin, hingga penyakit disentri sembuh secara total. Dan hendaknya anda segerakan minum selagi ramuan tersebut masih hangat, sehingga anda bisa meraih khasiat yang luar biasa dari tanaman ini.

2. Mengobati radang ginjal
Setidaknya anda bisa menyiapkan 500 gram ubi talas dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian anda bisa membersihkannya dengan air, lalu potong dan jemurlah hingga kering. Setelah itu anda bisa menggiling ubi talas yang sudah kering tersebut sampai lembut menjadi bubuk. Dengan begitu anda bisa mengambil bubuk talas secukupnya dan taruh kedalam gelas, setelah itu tambahkan dengan gula merah dan air, serta aduk hingga rata. Selanjutnya anda bisa meminumnya 1-2 kali sehari secara rutin dan teratur.

3. Mengobati nyeri sendi dan otot
Dalam hal ini, anda bisa menyediakan ubi talas secukupnya saja, kemudian kupas pada kulitnya serta bersihkan, dan blender hingga halus. Setelah itu anda bisa menambahkannya dengan 2 sendok teh cuka beras putih, serta minyak wijen secukupnya saja. Kemudian hendaknya anda aduk hingga rata, baru oleskan ramuan yang telah dibuat tadi pada bagian otot yang terasa sakit. Sehingga penyakit nyeri sendi dan otot yang anda alami bisa teratasi dengan baik. Oleh karena itu, terapkan cara ini 2 kali sehari secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

4. Untuk obat diare
Untuk menyembuhkan diare yang anda alami, setidaknya anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 30 gram batang tanaman talas dan 30 gram patikan kebo suci. Kemudian potonglah kedua bahan tersebut, setelah itu rebus dalam 2 gelas air dan tunggu hingga sampai tersisa satu gelas/separuhnya. Setelah ramuan tersebut diaduk hingga rata, maka anda bisa meminum ramuan ini 2 kali sehari hingga diare yang anda derita bisa sembuh, dan dapat tertanggulangi dengan tepat.

5. Sebagai obat biduran
Dalam mengatsi biduran dengan tanaman talas, terlebih dahulu anda bisa menyiapkan 50 gram akar talas dan 150 gram iga sapi. Kemudian cuci kedua bahan tersebut hingga bersih. Setelah itu, hendaknya anda mengetimnya selama dua jam. Selanjutnya ambilah airnya dan minumlah segera ramuan tersebut dalam kondisi hangat, sehingga biduran yang anda alami bisa teratasi dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar