7 Khasiat Sayur Kenikir Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

image: nyata.co.id
Menikmati lalapan atau urap-urap sayur kenikir, yang mana juga dikenal dengan sebutan daun ulam raja ini, memang sangat enak bila dijadikan menu santapan bersama keluarga. Bahkan sayur kenikir / ulam raja sekarang ini sudah tersebar luas di berbagai pelosok tanah air. Hal demikian karena banyak para petani yang sudah membudidayakan tanaman kenikir untuk kebutuhan bagi kalangan masyarakat. 

Sebenarnya kenikir sendiri berasal dari Amerika latin, yang mana tanaman tersebut tumbuh berkembang hingga tahunan. Tumbuhan sayur kenikir ini bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 1 meter, memiliki daun yang bertangkai panjang, serta daunnya pun tumbuh secara berhadapan. Bagi kebanyakan orang biasanya memanfaatkan daun kenikir sebagai salah satu menu lalapan atau urap-urap, yang sampai saat ini biasa dikenal dengan urap-urap khas Jawa. Dimana daun kenikir memang menjadi salah satu bahan masakan lalapan yang tak bisa dilewatkan. Akan tetapi, masih sedikit orang yang tahu bahwa daun kenikir ini ternyata memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Baik itu dibuat sebagai obat alami untuk penyembuhan penyakit, maupun dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Hal demikian karena daun kenikir memilki kandungan gizi yang cukup kompleks. Sehingga bisa memberikan asupan bagi kebutuhan tubuh dengan baik. Sayur kenikir banyak mengandung nutrisi yaitu flavonoid, saponin, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin A, minyak atsiri, yang semuanya itu bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan inilah tujuh manfaat sayur kenikir bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Mengatasi lemah pada jantung
Kandungan antioksidan  atau flavonoid yang terdapat pada daun kenikir ini, mampu memperbaiki sel-sel pada tubuh. Bahkan flavonoid ini akan memberikan manfaat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Yang mana nantinya akan berperan untuk memperkuat otot pada jantung, dan pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga dari situ bila konsdisi jantung mulai melemah, maka dengan mengkonsumsi rutin daun kenikir ini, jantung yang lemah akan bisa normal kembali. Yakni dengan cara menyiapkan 5 lembar daun kenikir lalu rebuslah dengan 250 ml air, kemudian tuangkan dalam satu wadah atau gelas,  lalu minumlah 2 kali sehari secara teratur.

2. Menjadi obat anti kanker
Di dalam daun kenikir, terdapat kandungan saponin, terpenoid, antioksidan , flavonoid yang semuanya itu bisa dijadikan bahan alami untuk melawan sel kanker. Oleh karena itu, daun kenikir bisa jadikan obat untuk menanggulangi penyakit kanker, layaknya kanker hati, payudara, dan lambung. Dengan cara meminum rebusan air kenikir secara rutin dan teratur, maka hal demikian bisa anda terapkan dalam menanggulangi jenis penyakit ini.

3. Membersihkan darah dari racun
Pada daun kenikir ini, juga bisa anda manfaatkan untuk membersihkan darah dari racun dalam tubuh anda. Hal demikian karena kandungan vitamin E, flavonoid, antioksidan yang terdapat pada daun kenikir, memang cukup dikenal untuk menetralisir darah dari racun yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga dengan cara mengkonsumsi daun kenikir secara rutin, secara tidak langsung kondisi darah dalam tubuh bisa terbebas dari zat racun yang berbahaya.

4. Menguatkan tulang anda
Kandungan mineral, kalsium, dan magnesium yang terdapat pada daun kenikir, memang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dalam tubuh. Sehingga dari situ bisa menjadikan tulang dalam tubuh terjaga dengan baik, dan tetap kuat. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk lalapan sayuran, atau berupa air rebusan untuk menjadikan tulang anda kuat.


  - Begini Cara Kenikir Menguatkan Tulang Pada Tubuh Anda 

5. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
Tahukah anda, bahwa kandungan vitamin A dan E yang terdapat pada sayur kenikir ini, ternyata juga mampu untuk memperbaiki sistem imun dalam tubuh anda. Selain itu, kandungan protein daun kenikir juga bisa membantu dalam proses pembentukan fagosit, yaitu sebagai imun dalam tubuh. Bahkan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh secara maksimal.

6. Menjadi obat lemah pada lambung
Kandungan polifenol, tokoferol, dan hidroksieugenol pada sayur kenikir ini, Sangat berguna untuk menetralkan asam lambung yang mungkin anda derita. Hal demikian karena kandungan tersebut bisa berguna untuk menguatkan otot sphincter lambung pada tubuh anda.  Oleh karena itu, dengan cara mengkonsumsi daun kenikir ini, bisa anda jadikan obat alami mengatasi lemah pada lambung. 

7. Mencegah penuaan dini
Daun kenikir juga bisa mencegah tubuh  anda dari penuaan dini. Yang mana dengan mengkonsumsi sayur kenikir secara rutin, maka kulit anda bisa terjaga dengan baik, dan sehat. Sehingga hal tersebut bisa mencegah kulit mudah keriput. Oleh sebab itu, hendaknya daun kenikir ini bisa anda konsumsi secara rutin, agar tubuh bisa terlihat awet muda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar