7 Manfaat Luar Biasa Tidur Miring Ke Kiri Bagi Kesehatan

image : ©2015 Merdeka.com/shutterstock
Untuk mendapatkan kondisi rileks bagi tubuh, tidur memang sudah menjadi rutinitas secara alamiah pada setiap insan. Bahkan pada saat kondisi seseorang sedang tertidur, maka otak dan jiwa pun akan bisa beristirahat sejenak. Dengan tidur secara rutin dan teratur, pastinya dari situ akan membuahkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dimana tidur secara rutin dan teratur ini, memang bisa berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak secara optimal. 

Namun tidak hanya itu saja, bahwa posisi pada saat anda tidur itu sangat menentukan kondisi kesehatan tubuh anda. Dan hal tersebut tak lain ialah tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri. Yang mana dari situ akan bisa mendongkrak tubuh untuk memberikan reaksi yang positif bagi kesehatan tubuh anda. 

Sebelumnya perlu anda tahu, bahwa pada saat anda tidur dengan posisi miring ke kiri ini, maka secara tidak langsung berbagai organ dalam tubuh bisa menjalankan perannya, dan tentunya memberikan beberapa efek yang baik bagi tubuh. Apa sajakah itu...?, mari kita simak 7 manfaat luar biasa tidur miring ke kiri bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan fungsi ginjal
Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri, memang bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal anda. Hal demikian karena sisi kiri dari tubuh, itu menjadi sisi limfatik. Yang mana sebagai tempat hati dan ginjal dalam tubuh anda. Sehingga dengan cara tidur sambil miring ke kiri ini, bisa menjadikan  penyaringan terhadap akumulasi racun dalam tubuh bekerja secara maksimal. Dan pada akhirnya racun yang terdapat pada tubuh pun bisa hilang dengan mudah. Oleh karena itu, posisi tidur miring ke kiri ini bisa anda terapkan untuk meningkatkan kemampuan ginjal dalam menjalankan fungsinya. Sehingga dari situ bisa bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

2. Meningkatkan pergerakan usus dalam tubuh
Bagaimana bisa begitu...? Ya, dengan cara anda tidur posisi tubuh miring ke kiri, memang sangat berguna untuk bisa meningkatkan terhadap pergerakan usus dalam tubuh. Hal itu karena jika anda tidur dengan posisi tersebut, maka akan bisa mempermudah pergerakan makanan dari usus kecil ke usus besar dalam tubuh. Alhasil, proses pencernaan pun akan bisa lebih mudah dan lancar. Selain itu, limbah dari sisa makanan akan bisa cepat keluar dengan mudah. Dan dari situ semua, pergerakan usus dalam tubuh pun bisa lebih maksimal fungsinya. Memang, posisi tidur miring ke kiri ini mampu meningkatkan kinerja usus dalam tubuh anda.

3. Meningkatkan fungsi jantung Anda
Dengan cara anda tidur miring ke kiri, ini sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan fungsi jantung dalam tubuh. Hal itu karena tidur dengan posisi miring ke kiri akan bisa membantu kinerja jantung dalam memompa darah. Yang mana kinerja jantung bisa lebih ringan, karena pada dasarnya gravitasi pada tubuh juga akan membantu kinerja jantung anda. Dan perlu anda ketahui bahwa terjadinya sirkulasi darah ke jantung, bisa menjadi sebab meningkatnya beban pembuluh darah dalam mengambil darah ke jantung. Sehingga bila tidur dengan posisi miring ke kiri, secara tidak langsung gravitasi akan membantu jantung dalam melakukan kinerjanya. Sehingga fungsi jantung akan bisa lebih meningkat bagi tubuh anda.

4. Mencegah terbentuknya asam lambung
Posisi tidur miring ke kiri juga bisa memberikan manfaat untuk pencegahan terjadinya penyakit asam lambung, Layaknya asam lambung akut. Yang mana asam lambung akut itu akan bisa berkurang bila anda menerapkan tidur dengan posisi miring ke kiri.  Selain itu, kondisi jantung anda akan terhindar dari rasa panas akibat asam lambung yang ada dalam tubuh. Oleh karena itu, tidur miring ke kiri ini bisa anda terapkan untuk mencegah asam lambung dalam tubuh.

5. Mencegah rasa lelah
Mengapa bisa demikian...?, Karena dengan cara tidur miring ke kiri, maka kantung empedu dan hati dalam tubuh, akan menggantung secara bebas. Sehingga bisa menjadikan proses pengeluaran racun dalam tubuh berjalan dengan lancar. Dan semuanya itu akan bisa membebaskan anda dari rasa lelah. Selain itu anda bisa tertidur dengan nyenyak, tanpa ada proses dari organ dalam tubuh yang mengganggu tidur lelap anda. Alhasil, setelah bangun tidur anda tidak akan merasa lelah dan tetap dalam kondisi bugar.

6. Dapat mencegah dari ancaman penyakit serius
Hal demikian karena bila anda tidur dengan posisi miring ke kiri, maka tubuh mudah sekali menghapus racun melalui drainase limfatik. Sehingga hal itu bisa menjadikan semua racun dan limbah dalam tubuh hilang seacra maksimal. Perlu anda tahu, Bahwa sisi kiri tubuh ini menjadi posisi yang dominan dari sisi limfatik. Oleh sebab itulah tidur miring ke kiri ini, sangat membantu tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Tidur dalam posisi miring ke kiri, bisa juga berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dalam tubuh. Karena dengan cara tidur seperti ini, maka akan membuat lambung dan pankreas dalam tubuh bisa menggantung secara alami. Dengan demikian, Produksi enzim pankreas akan bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, pergerakan makanan pada sistem pencernaan bisa lebih mudah dan lancar. Sehingga dari situ semua, kinerja pencernaan dalam tubuh pun bisa lebih meningkat pula.

Nah…, Itulah beragam manfaat luar biasa yang bisa anda dapatkan jika tidur dalam posisi tubuh miring ke kiri. Sehingga posisi tidur yang tepat dan baik ini perlu anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa bermanfaat…!!!
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar