Ini Alasan Mengapa Jus Buah Harus Langsung Diminum

Cuaca panas memang lebih asik bila anda selingi dengan minum segelas jus buah. Selain menjadikan badan terasa segar dan bugar, Minuman jus juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi bila hal demikian anda menyiapkan dengan berbagai jenis buah-buahan di dalam jus, maka bisa menjadikan minuman jus semakin terasa kesegarannya. 

Namu terkadang juga masih ada sebagian orang yang kurang memperhatikan tentang bagaimana mengkonsumsi jus buah tersebut dengan baik. Sehingga bisa membuat berbagai asupan gizi yang terdapat pada jus tersebut berkurang. Hal yang lebih parah bila yang satu ini terjadi, yakni jus yang sudah anda sajikan, tidak langsung anda minum. Yang mana hal demikian justru malah akan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan tubuh. Mengapa hal tersebut bisa terjadi...?

Nah, perlu anda ketahui bahwa ahli gizi menuturkan, bila anda terlalu lama dalam menyimpan jus buah yang sudah disajikan, alias tidak meminumnya dengan segera, maka hal demikian bisa menjadikan jus buah akan malah menimbulkan gas di perut anda. Sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan Leane Suniar, yakni seorang ahli gizi yang berasal dari rumah sakit PGI Cikini, beliau menuturkan bahwa ketika seseorang telah selesai membuat jus, tidak langsung segera diminum atau dikonsumsi, itu merupakan salah satu kelalaian umum yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang. Yang mana hal demikian bila terlalu lama jus dibiarkan begitu saja, maka justru akan bisa terjadi proses fermentasi, yang bisa menimbulkan gas di perut dan bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Dan proses fermentasi pada jus buah yang telah lama dibiarkan ini, tergantung pada jenis buah dan tingkat kematangan dari buah yang dibuat jus. Hal demikian sesuai dengan apa yang dikatakan oleh seorang ahli gizi tersebut. Bila buah yang dibuat jus terlalu matang, maka bisa semakin mempercepat proses fermentasinya. Sehingga mengkonsumsi jus dengan segera itu sangatlah penting, agar anda bisa mendapatkan khasiat dari jus buah tersebut tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan anda. 

Menurut Leane Suniar, beliau menyarankan agar jus buah yang telah anda buat, hendaknya bisa segera anda konsumsi. Paling tidak batas waktu maksimal sekurang-kurangnya 30 menit, dan janganlah sampai berjam-jam anda membiarkan jus buah yang telah anda buat. Karena bila anda terlalu lama membiarkannya, maka akan bisa membuat perut anda kembung akibat fermentasi tersebut.

Oleh karena itu, memperhatikan tentang cara mengkonsumsi jus buah ini sangatlah perlu. Sehingga tips ini bisa anda terapkan ketika sedang membuat jus buah atau membelinya di tempat penjual jus  tersebut.

sumber: beritasatu
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar