Ini 7 Nutrisi Penting Agar Tubuh Tak Mudah Sakit

image: vitalzone.hu
Sistem imun tubuh yang menurun bisa menyebabkan tubuh sering mudah sakit. Biasanya memang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya cuaca yang cukup ekstrim, pola makan yang salah, gangguan tidur, stres, dehidrasi dan lainnya. Yang semuanya itu pasti akan bisa membuat daya tahan tubuh kurang terjaga dengan baik, sehingga beberapa penyakit bisa menyerang tubuh seseorang. Hal tersebut karena kurangnya asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga daya tahan tubuh selalu dalam kondisi sehat.

Oleh karena itu, ada beberapa jenis asupan yang perlu anda ketahui untuk menyeimbangkan sistem imun tubuh agar bisa selalu meningkat, dan tubuh pun tidak mudah diserang oleh barbagai macam penyakit. Sehingga dari situ anda bisa menerapkannya dalam kehidupan rutinitas sehari-hari, Yang mana dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang penuh nutrisi . Dan inilah 7 asupan nutrisi penting agar tubuh anda tidak mudah sakit :

1. Vitamin D
Dalam hal ini, jenis vitamin D memanglah asupan yang penting untuk menjaga daya imunitas tubuh anda. Dimana anda bisa menerapkannya dengan cara mengkonsumsi ikan tuna, salmon, beberapa produk susu, yang semuanya itu memang diperkaya dengan vitamin D. Dengan begitu, Daya tahan tubuh anda bisa terjaga dengan baik dan sehat. Sehingga tubuh anda tidak mudah terserang penyakit.

2. Vitamin A
Nutrisi vitamin A ini memang juga diperlukan bagi tubuh demi menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Untuk mendapatkan asupan vitamin A ini, hendaknya anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang tinggi akan kandungan karotenoid di dalamnya. Makanan tersebut tak lain ialah kentang, wortel, labu, dan sejenisnya. Yang semuanya itu cukup dikenal dengan kandungan vitamin A yang penting bagi tubuh.

3. Selenium
Tahukah anda, bahwa Selenium memiliki efek yang cukup kuat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal demikian karena selenium sangat berguna sekali dalam menjaga sel tubuh agar tetap sehat, dan mencegah berbagai aktifitas sel kanker yang tumbuh. Agar asupan selenium dapat terpenuhi, hendaknya anda bisa mengkonsumsi makanan layaknya brokoli, bawang, kacang-kacangan, sardine tuna, yang semuanya itu kaya akan selenium di dalamnya. Dengan begitu, kondisi tubuh anda akan bisa memiliki pertahanan yang cukup kuat dari berbagai penyakit yang ada.

4. Zat besi
Fungsi dari zat besi itu sendiri ialah membantu tubuh untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, zat besi juga bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan pada tubuh anda. Untuk mendapatkan asupan zat besi ini, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan layaknya daging ayam, brokoli, kale, dan lainnya. Sehingga dari situ asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi.

5. Vitamin C
Memang vitamin C memiliki hubungan yang erat dengan sistem imunitas dalam tubuh. Sehingga vitamin C menjadi asupan yang penting demi menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit yang ada. Dengan demikian, Anda bisa menerapkan konsumsi makanan layaknya buah-buahan, sayur bayam, kale, stroberi, yang semuanya itu kaya akan vitamin C di dalamnya. Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat tersebut secara rutin dan teratur, demi menjaga sistem kekebalan tubuh anda.

6. Vitamin E
Layaknya sayur brokoli dan bayam yang cukup dikenal dengan kandungan vitamin E yang tinggi. Sehingga nutrisi sayuran tersebut akan berguna seperti halnya vitamin C, yakni sebagai antioksidan yang cukup kuat bagi tubuh. Yang mana pada vitamin E itu sendiri juga bisa berguna untuk melawan infeksi yang ada pada tubuh anda. Sehingga mengkonsumsi makanan yang diperkaya akan vitamin E ini, memang sangat penting dalam mencukupi asupan nutrisi tubuh anda.

7. Vitamin B6
Tahukah anda, bahwa hampir dari 200 biokimia dalam tubuh memerlukan jenis vitamin B6 ini. Yang mana jenis vitamin ini, memang memiliki perang penting demi menjaga tubuh agar tetap sehat. Untuk mendapatkan asupan vitamin B6, hendaknya anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan layaknya ayam, pisang, ikan tuna, serta berbagai jenis kacang-kacangan. Sehingga dari situ nantinya akan bisa memenuhi semua asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, serta tingkat daya tahan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar