Ini Penyebab Anyang-anyangan Dan Cara Mengatasinya

Anyang-anyangan, memang penyakit yang satu ini tergolong bukan penyakit yang serius. Namun pernahkah anda merasa ingin buang air kecil, Sehingga membuat anda ingin segera pergi ke kamar mandi ?. Dan ketika anda sampai di kamar mandi, ternyata air seni yang keluar cuma sedikit, bahkan hal demikian juga diselingi dengan rasa nyeri yang cukup menyakitkan.

Kebanyakan orang yang terkena penyakit anyang-anyangan ini, biasanya disebabkan oleh hal yang sangat umum, yakni karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Yang mana bila disaat anda sedang pergi ke tempat yang memiliki cuaca cukup panas dan asupan air yang dikonsumsi sangat sedikit. Maka dari situ akan menjadikan anda mengalami anyang-anyangan. Hal demikian memang menjadi sebab yang cukup mendasar.

Dan perlu anda ketahui, bahwa terjadinya seseorang terkena anyang-anyangan tidak hanya disebabkan karena dehidrasi saja, namun ada beberapa sebab yang menjadikan anyang-anyangan itu menyerang bagi sebagian orang. Diantara yang menjadikan anyang-anyangan ialah terlalu lama anda menahan berkemih, bakteri yang berasal dari rectum, atau anus yang berpindah ke uretra. 

Selain itu, anyang-anyangan disebabkan oleh kehamilan, yang mana posisi kandung kemih (tempat penampung kemih) terdorong oleh janin yang lambat laun semakin membesar. Anyang-anyangan juga disebabkan infeksi pada saluran kemih yang mengakibatkan bisa merangsang otak untuk mengeluarkan isi dari kandung kemih, meskipun masih sedikit sekali. 

Oleh karena itu, mengetahui semua penyebab dari terjadinya anyang-anyangan itu sendiri sangatlah penting. Hal demikian karena berbeda sebab anda terkena anyang-anyangan, maka berbeda pula cara mengatasinya. Sehingga dari situ anda bisa menemukan cara yang tepat bila anda terkena anyang-anyangan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang cukup efektif bila anda terkena anyang-anyangan tersebut, dan inilah 4 cara untuk mengatasi anyang-anyangan  dengan mudah.

1. Dengan cara banyak minum air putih
Apabila anda mengalami anyang-anyangan yang dikarenakan dehidrasi, maka dengan cara menambah asupan air atau minum banyak air akan bisa menyelesaikan terjadinya anyang-anyangan yang menimpa anda. Sehingga dengan begitu akan menjadikan air seni yang anda keluarkan bisa menjadi lancer, tanpa menimbulkan anyang-anyangan. Dan pada dasarnya terkena anyang-anyangan yang dikarenakan dehidrasi ini, akan bisa sembuh lebih cepat dibandingkan anyang-anyangan yang disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih, yang bisa sampai berhari-hari untuk bisa sembuh.

2. Minum ramuan dari daun kumis kucing
Dengan menyediakan beberapa helai daun kumis kucing yang sudah anda keringkan terlebih dahulu, kemudian siapkan juga gula jawa sebagai bahan campurannya. Setelah itu, hendaknya anda merebus daun kumis kucing dengan air secukupnya, dan tambahkan gula jawa yang sudah anda sediakan tadi.

Kemudian hidangkan dalam satu gelas atau wadah, barulah anda meminumnya untuk mendapatkan khasiat dari ramuan daun kumis kucing ini. Sehingga anyang-anyangan yang anda alami bisa teratasi dengan mudah dan efektif.

3. Menggunakan jeruk nipis dan gula pasir
Hendaknya anda siapkan terlebuh dulu jeruk nipis secukupnya saja serta gula pasir, yang mungkin sudah tersedia di dapur rumah anda. Kemudian anda bisa memeras jeruk nipis tersebut untuk diambil airnya, lalu hasil perasan jeruk nipis ditambah air hangat secukupnya. Setelah itu barulah masukkan gula pasir tadi kedalam gelas atau wadah yang sudah terisi air jeruk nipis tersebut. Selanjutnya ramuan tersebut bisa anda minum untuk mengatasi anyang-anyangan yang anda alami.

4. Mendengarkan gemericikan keran air
Hal demikian merupakan cara terapi yang cukup sederhana, yakni bila dirasa air kencing tidak mau keluar atau hanya sedikit-sedikit saja, anda bisa masuk ke kamar mandi kemudian nyalakan keran dengan pelan saja. Sehingga anda bisa mendengarkan suara gemericikan pada aliran air dari keran tersebut. Yang mana semua itu ditujukan untuk merangsang anda agar berkemih. 

Sehingga hal tersebut bisa dijadikan terapi yang unik untuk mencegah timbulnya anyang-anyangan. Namun bila tubuh mengalami pembesaran prostat, cara ini tentu tidak akan berhasil secara maksimal. Dan setidaknya cara ini bisa merangsang kantung kemih untuk mengeluarkan isinya, sehingga tidak akan menimbulkan yang namanya anyang-anyangan.

Perlu anda ingat, apabila beberapa cara di atas belum memberikan efek untuk mengatasi anyang-anyangan, hendaknya anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan secara medis.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar