Inilah Penyebab Utama Munculnya Varises

image: health-first.org
Terjadinya pelebaran pembuluh darah balik ( vena ) atau yang cukup dikenal dengan istilah varises ini, memang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Sehingga keadaan ini bisa mengganggu penampilan, terutama bila hal tersebut dialami oleh kaum hawa. Kata varises itu sendiri sebenarnya diambil dari bahasa latin yang memiliki arti memutar. Dan fungsi dari pembuluh darah balik ( vena ) itu sendiri untuk mengangkut darah di seluruh tubuh, hingga nantinya akan kemabali lagi ke jantung. Dimana bila pembuluh darah balik ini sampai mengalami pembesaran, maka akan mengakibatkan terjadinya urat-urat tubuh menjadi meyembul atau menonjol.

Biasanya terjadinya varises ini terletak di sekitar bagian area betis yang terlihat jelas ada beberapa urat yang menyembul ke atas. Sehingga bila hal demikian sampai terjadi pada seseorang, maka akan bisa merusak penampilan mereka yang tentunya mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, mengetahui sebab-sebab yang menjadikan terkena varises itu sangatlah penting, agar munculnya varises bisa dicegah secara efektif. 

Dan inilah beberapa penyebab utama munculnya varises pada tubuh anda.

# Jarang bergerak
Apabila anda jarang bergerak atau kurang melakukan gerakan, maka hal demikian bisa menjadikan munculnya varises. Mungkin karena sebab kesibukan anda yang terlalu lama duduk di depan layar komputer, bahkan hingga menjadikan anda tidak bergerak berjam-jam, maka pembuluh darah vena tidak lagi mampu memompa darah secara maksimal. Sehingga dari situ semua akan menjadikan munculnya varises pada tubuh anda, terutama di daerah betis.

# Terlalu lama berdiri
Dengan berdiri yang terlalu lama tanpa melakukan gerakan, maka akan bisa membuat kaki anda terasa semakin berat untuk menahan berat badan pada tubuh. Sehingga hal demikian bisa menjadikan pembuluh vena melakukan kinerja terlalu ekstra, yang bisa berujung munculnya varises bila tidak segera anda hindari. 

Dan hendaknya bila anda berdiri terlalu lama, maka bisa anda selingi dengan melakukan gerakan ringan, atau bisa sambil berjalan. Sehingga bisa menjadikan otot pada kaki tidak mudah untuk tegang. Dan munculnya varises pun sudah bisa anda cegah secara efektif.

# Memakai high heels terlalu lama
Untuk para wanita, tentunya high heels ini bisa membuat penampilan lebih tampak menawan. Namun perlu anda ketahui, bahwa memakai sepatu yang terlalu tinggi dengan berlama-lama, maka bisa membuat otot tumit anda tidak bisa bekerja dengan maksimal. Dimana kinerja dari otot tumit itu sendiri berperan untuk membantu kinerja dari pembuluh darah. Oleh karena itu, hendaknya anda dalam memakai high heels ini tidak lebih dari dua jam, agar otot tumit yang anda miliki tidak mudah tegang.

# Faktor keturunan
Pada umumnya, munculnya varises ini biasa dialami oleh orang dewasa yang dikarenakan terjadinya pertambahan berat badan dan perubahan hormon. Akan tetapi, bila varises ini sudah terjadi pada seseorang yang berusia masih muda, maka kemungkinan besar hal tersebut karena faktor keturunan.

# Merokok
Merokok memang sudah menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya varises. Hal demikian karena kandungan zat yang terdapat pada rokok bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku. Bahkan bisa juga pembuluh darah tersebut mengalami penyempitan, sehingga dari situ semua akan bisa memunculkan varises. Selain itu, merokok juga bisa menjadikan pembuluh darah anda tidak elastis seperti keadaan normalnya, dan kemungkinan besar akan menjadikan urat-urat otot akan menyembul keatas.

Nah, itulah beberapa penyebab utama terjadinya varises pada tubuh manusia. Maka hendaknya anda bisa mencegah timbulnya varises tersebut dengan memperhatikan beberapa penyebabnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar