Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Waktu Yang Terbaik Minum Susu

Siapa yang tak kenal manfaat minum susu bagi kesehatan..?, Tentunya bagi kebanyakan orang baik itu mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa bahkan orang yang sudah lansia pun turut serta untuk menikmati minuman segar dan menyehatkan ini. Hal demikian karena di dalam kandungan susu, memang terdapat nilai gizi yang bisa mencukupi bagi kebutuhan tubuh manusia. Apalagi bila pada masa pertumbuhan, maka dari situ akan membuat susu menjadi minuman pilihan untuk mendongkrak pertumbuhan, agar bisa menjadikan tubuh berkembang dengan baik dan sehat.

Namun, terkadang juga masih ada sebagian orang yang kurang mengetahui tentang waktu terbaik untuk mengkonsumsi susu. Sehingga jika susu dikonsumsi pada waktu yang tepat, semua kandungan susu bisa didapatkan secara maksimal bagi kesehatan tubuh. Nah, dari situ pada akhirnya membuat waktu yang tepat dalam mengkonsumsi susu ini, memang sangat berpebgaruh sekali terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan seseorang. 

Dan perlu anda ketahui, bahwa kandungan asam amino tryptophan yang terdapat pada susu ini, sangat baik sekali dan berguna sebagai prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Yang mana fungsi dari neurotransmitter itu sendiri berguna untuk membantu anda lebih cepat tidur dengan nyenyak. Hal demikian karena neurotransmitter ini memiliki sifat untuk menenangkan. 

Oleh sebab itu, sebaiknya dalam mengkonsumsi susu bisa anda terapkan di malam hari sebelum tidur. Ini  memang berdasarkan apa yang dikatakan oleh dr. Rini Sjoekri dalam diskusi yang ada pada grup facebook Gerakan Sadar Gizi.

Sehingga bila anda ingin mengkonsumsi susu, hendaknya anda bisa meminumnya di waktu malam hari sebelum tidur. Sehingga dari situ anda akan bisa mendapatkan kahasiat yang luar biasa di dalamnya. Dan ingat, bahwa mengkonsumsi susu yang dimaksud di sini ialah berupa susu sapi maupun sejenisnya. Yang mana memang dikenal dengan kandungan gizi yang amat luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. 

Bahkan, kandungan kalsium yang terdapat pada susu ini bisa berguna menjaga kesehatan pada tulang anda. Hal demikian karena kandungan kalsium yang terdapat pada susu memang menjadi nutrisi yang terbaik bagi kesehatan tulang.

Namun dari situ, perlunya waktu yang tepat dalam mengkonsumsi susu ini sangatlah penting agar nutrisi bisa mudah diserap oleh tubuh. Nah, untuk mendapatkan hasil yang bisa maksimal, maka sebaiknya minuman segar dan kaya nutrisi ini bisa dikonsumsi pada malam hari. Yang mana pada waktu malam hari inilah, kalsium yang terdapat pada susu akan bisa mudah diserap oleh tubuh secara maksimal. Sehingga akan bisa berguna untuk kesehatan tulang anda. 

Selain itu waktu malam hari juga memang terbatas, karena di waktu malam hendak menjelang tidur tidak melakukan berbagai aktifitas, bahkan sel-sel penghancur tulang (osteoklas) pun tidak bekerja.  Sehingga membuat khasiat susu ini mudah diperoleh secara optimal bagi tubuh, terutama untuk tulang anda.

Hal demikian memang sesuai dengan apa yang dikatakan oleh ibu Nor Hasanah, yakni seorang ahli gizi yang berasal dari Stikes Borneo Banjarbaru, beliau menuturkan bahwa “ jika tujuannya untuk meningkatkan pada penyerapan kalsium, maka mengkonsumsi susu sebaiknya pada waktu malam hari”.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk minum susu ini, sebaiknya anda konsumsi pada malam hari. Sehingga asupan gizi yang terdapat pada susu terutama kalsiumnya, bisa anda dapatkan secara sempurna bagi tubuh. 

referensi: vemale