6 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Konsumsi Minuman Bersoda

image: toat.com
Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi karena mampu membuat tubuh menjadi lebih segar. Terdapat berbagai rasa dan variasi minuman soda yang dipasarkan, sehingga mulai anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukai jenis minuman bersoda. 

Namun, Tahukah anda setelah mengonsumsi soda ternyata tubuh akan mengalami beberapa hal yang harus diketahui, supaya kebiasaan mengkonsumsi minuman soda bisa lebih dikurangi. Jenis minuman ini sangat mudah ditemukan, bahkan di setiap minimarket selalu menjual jenis minuman bersoda. Selain itu, pada beberapa acara pesta juga banyak yang menggunakan minuman soda sebagai pelengkap sajiannya.

Soda, termasuk minuman populer dengan rasa khas dan dipercaya mampu mengembalikan stamina tubuh. Di Indonesia, minuman soda tidak hanya terdapat satu merk saja, bahkan ratusan merk bisa ditemukan. Sementara di sisi lain, Setelah dikonsumsi ternyata minuman soda akan menimbulkan beberapa hal berikut ini :

1. 10 menit setelah Konsumsi soda
Yang mana 10 menit pertama setelah seseorang  minum soda, Maka terdapat 10 sendok teh gula yang masuk ke dalam tubuh anda. Dimana takaran ini sama dengan ambang batas maksimal dari konsumsi gula harian. Dengan demikian, seseorang lebih disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula pada 10 menit pertama setelah mengonsumsi soda.

2. Pada menit ke 20
Kandungan zat gula di dalam tubuh akan mengalami peningkatan, dan hal tersebut memicu insulin lebih aktif dalam mencerna gula tersebut. Setelah dicerna oleh insulin, Kandungan gula ini akan mengarah ke liver dan diubah menjadi lemak. Ketika seseorang lebih sering mengonsumsi soda, maka tubuhnya bisa menjadi lebih gemuk. Hal ini terbukti pada beberapa penggemar soda yang perutnya cenderung lebih buncit.

3. 40 menit setelah mengonsumsi soda
Tubuh akan menyerap kandungan kafein di dalam soda secara menyeluruh. Kandungan kafein di dalam soda yang berhasil terserap oleh tubuh ini, Akan membuat tekanan darah meningkat, dan pupil mata menjadi membesar.

4. 45 menit kemudian
Kafein yang ada di dalam soda akan membuat hormon dopamin aktif di produksi. Dimana hormon ini mempunyai efek yang sama dengan heroin.

5. Pada menit ke 60
Pada menit ke 60 setelah mengonsumsi soda, kandungan magnesium, zat besi, dan juga kalium tubuh akan diikat oleh asam fosfor. Lebih buruknya, Kandungan gula serta pemanis buatan di dalam soda memicu terjadinya peningkatan produksi kencing. Dalam hal ini seseorang akan lebih sering kencing, Serta tubuh tidak menjadi lebih segar, Namun justru tetap merasa haus.

6. Lebih dari 1 jam setelah mengonsumsi soda
Satu jam setelah konsumsi soda, Maka kalsium, zat besi, dan juga magnesium akan diikat dan luruh melalui air kencing. Hal ini bisa menyebabkan kehilangan elektrolit maupun cairan yang ada di dalam tubuh. Terutama ketika anda mengonsumsi soda dalam jumlah berlebih.

Disamping mengalami beberapa hal di atas, terlalu banyak dalam mengonsumsi minuman bersoda, Juga bisa memperlambat sistem metabolisme di dalam tubuh. Akibat proses metabolisme yang lambat, Maka seseorang menjadi lebih senang dalam mengonsumsi makanan manis. Banyak konsumsi makanan manis tentu tidak menyehatkan bagi tubuh, salah satunya meningkatnya jumlah glukosa darah.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga bisa membuat tubuh menjadi terasa berat dan seseorang menjadi sering ngantuk. Dengan demikian, Saat berkendara misalnya, sebaiknya hindari konsumsi minuman soda. Nah.., Setelah mengetahui hal-hal yang terjadi paska tubuh mengonsumsi minuman soda, apakah anda masih terus menggemari soda?, Ya kalau ingin sehat sebaiknya kurangi ya guys..!.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar