Tips Agar Mobil Matic Anda Hemat Bahan Bakar

image: telegraph.co.uk
Mobil matic, Merupakan sebuah mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Dimana jenis mobil ini memang banyak digemari bagi kebanyakan orang, Terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Yang mana keramaian dan padatnya jalanan yang ada di kota, Memang sering menjadikan para pengendara mobil mau tidak mau, Harus sering memainkan  rem dan gas pada saat mengitari sepanjang jalan. Terlebih lagi bila sering terjadi kemacetan, Maka para pengendara mobil pun bisa disulitkan oleh rem dan gas saat menggunakan jenis mobil yang bertransmisi manual. Oleh sebab itu, mobil matic ini memang solusi yang cukup nyaman bila berselancar di sepanjang jalanan kota. 

Namun tahukah anda, Bahwa mobil matic ini juga memiliki kekurangan, Yakni merupakan jenis mobil yang dikenal lebih boros akan bahan bakar, Jika dibandingkan mobil tansmisi manual. Mengapa bisa demikian…?, Hal demikian karena mobil dengan transmisi otomatis ini, menggunakan fluida untuk mentransfer tenaga lewat torque converter. Sehingga pada saat perpindahan gigi berlangsung, maka sebagian tenaga digunakan untuk meningkatkan tekanan fluida itu sendiri, Sehingga proses transfer tenaga ke bagian roda menjadi berkurang. Oleh karena itu, Penggunaan BBM dari mobil matic ini menjadi lebih boros.

Namun anda janganlah khawatir, Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menyiasati akan borosnya bahan bakar mobil bertransmisi otomatis ini. Sehingga mobil matic anda bisa tetap irit akan bahan bakar, Serta dalam proses pengemudiannya pun juga bisa nyaman. Dan inilah 6 tips yang perlu anda terapkan agar mobil matic bisa tetap irit bahan bakar.

1. Perhatikan saat menekan pedal gas
Dalam mengemudi mobil matic ini, Yakni disaat pertama mobil hendak melaju, setidaknya anda bisa menekan gas secara perlahan saja. Sehingga jangan sampai terlalu tajam ketika menekan pedal gas mobil matic tersebut. Hal demikian karena dengan hanya memasukkan tuas D saja, maka mobil matic ini sudah bisa meluncur secara otomatis tanpa langsung menginjak gas dahulu. Dengan begitu akan bisa mengirit bahan bakar pada penggunaan mobil matic.

2. Kecepatan melaju yang konstan
Hendaknya anda bisa mengoperasikan mobil dengan menggunakan kecepatan yang konstan. Dan ingat, hindari pengereman secara tiba-tiba. Yang mana, jika anda seringkali menginjak pedal rem dengan tajam / mendadak, maka secara otomatis anda akan sering menginjak pedal gas. Sehingga dari situ mobil akan memakan tenaga yang lebih besar, Maka bahan bakar pun pun menjadi lebih boros. Dengan demikian operasikanlah mobil dengan kecepatan yang konstan saja.

3. Perhatikan posisi RPM
Sebaiknya dalam mengoperasikan mobil matic ini, perhatikan posisi RPM agar tetap di kisaran angka 2.500 sampai 3.000 RPM. Hal demikian bertujuan agar tenaga yang dihasilkan oleh mobil tidak terlalu besar dan tetap seimbang. Sehingga penggunaan Bahan bakar pun bisa menjadi lebih teratur dan irit.

4. Pada saat terjebak kemacetan
Jika dalam mengemudi mobil matic ini Anda terjebak kemacetan, maka tempatkanlah tuas transmisi pada posisi 2/S. Yang mana hal ini berarti kendaraan mobil matic anda melaju setara kecepatan gigi 1 hingga 2 pada mobil manual. Dimana pada posisi yang seperti ini, Memang terdapat engine break yang berguna untuk melakukan pengereman pada mesin mobil. Sehingga dari situ anda tidak perlu sering untuk menginjak pedal rem. Dan bila kemacetan tersebut disebabkan adanya lampu lalu lintas, maka anda bisa memindahkan tuas pada posisi Netral, Sehingga mobil pun akan berhenti melaju. Dengan begitu, Bahan bakar pun juga bisa lebih dihemat.

5. Perhatikan penggunaan AC
Dimana penggunaan AC pada mobil yang terlalu berlebih, akan sangat membutuhkan asupan tenaga yang besar. Sehingga dari situ akan menjadikan penggunaan bahan bakar pun bisa lebih banyak. Hendaknya anda bisa menggunakan pendingin ini dalam temperatur yang cukup atau sedang saja, dan tidak dalam temperatur yang tajam. 

6. Perhatikan jarak aman
Hal demikian tidak hanya mengurangi kemungkian akan terjadinya kecelakaan saja, Namun juga ada sangkut pautnya dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan oleh kendaraan anda.  Sehingga apabila kendaraan yang ada di depan melakukan pengereman, maka anda bisa menurunkan kecepatan secara perlahan dan bisa memperkirakan jarak aman anda.  

Selain itu, dengan menerapkan jarak aman, Anda bisa terhindar dari perlakuan menginjak pedal Rem dan Gas yang mendadak. Hal demikian karena saat menginjak pedal gas yang mendadak, maka semakin besar pula  porsi penggunaan bahan bakar terhadap mobil matic anda.  Dengan menekan gas dan rem secara perlahan, maka ketika anda ingin berakselerasi kembali, juga tidak terlalu banyak membuang tenaga. 

Dengan demikian, Semua cara yang anda terapkan tadi, maka akan bisa menghemat bahan bakar mobil matic anda antara 20 hingga 25 persen, Dibandingakan dengan menggunakan teknik yang tak beraturan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar