7 Gejala Penyakit Ini Bisa Dilihat Melalui Kaki Anda

image: wikihow.com
Diantara organ tubuh yang satu dengan organ yang lain, tentunya memiliki satu ikatan yang tak terpisahkan. Adakalanya bila sebagian organ tubuh mengalami gangguan kesehatan, maka organ tubuh yang lain bisa mengalami perubahan secara signifikan. Dan tak lain itu adalah kaki yang menjadi indikasi, yang mana bisa juga anda gunakan sebagai petunjuk akan berbagai permasalahan dalam tubuh anda. Mengapa bisa begitu..?, Hal demikian karena berbagai pertanda bisa anda lihat secara kasat mata bila menemukan suatu perubahan pada kondisi kaki anda. 

Sehingga dari situ tentunya anda bisa dengan mudah untuk menebak mengenai gangguan kesehatan pada tubuh, bahkan penyakit yang anda derita pun bisa dilihat bila kondisi kaki anda mengalami berbedaan. Yang mana perubahan atau perbedaan itu dari bentuk tekstur kaki yang tidak normal secara tiba-tiba, maupun merasakan hal yang tidak wajar. Dengan demikian, pastinya anda akan mudah untuk menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan tubuh dengan tepat. Dan inilah 7 gejala penyakit yang bisa anda lihat melalui kondisi kaki :

1. Kaki terasa dingin
Perlu anda ketahui, bahwa jika kaki yang dingin ini biasanya disebabkan oleh kelenjar tiroid yang kurang aktif, atau hal demikian juga dikenal dengan istilah hipotiroidisme. Akan tetapi tidak hanya itu saja, bahwa kaki yang dingin juga bisa menjadi pertanda akan penyakit Raynaud. Yang mana hal tersebut karena pembuluh darah kaki menjadi hipersensitif terhadap obat-obatan, suhu, dan kondisi stres. Sehingga menjadikan terbatasnya aliran darah yang masuk, dan membuat kaki tampak terlihat putih. 

Dan setelah aliran darah mengalir kembali, maka kaki langsung merasakan gatal dan bengkak.  Selain itu, pertanda umum kaki yang dingin ini juga dikarenakan sakit pada otot, kelelahan, masalah berat badan, depresi dan lainnya. Untuk mengatasinya, maka hendaknya anda bisa menghindari suhu dingin dan lakukan tes fungsi tiroid secara medis.

2. Jempol pada kaki membesar
Bila jempol pada kaki anda membesar, maka hal demikian biasanya menjadi pertanda gout atau mengalami penumpukan kristal asam urat di bagian sendi. Yang mana hal itu bisa terjadi biasanya disebabkan oleh kelebihan berat badan dan genetik. Jempol yang membesar ini biasanya diawali rasa sakit dan berwarna merah, kemudian terjadilah bengkak pada jempol kaki. Sehingga untuk menanggulangi hal tersebut, maka hendaknya anda bisa melakukan diet rendah protein dan mengkonsumsi banyak air putih.

3. Kaki mati rasa atau terkena borok
Bila kaki mengalami mati rasa dan mulai muncul borok, maka hal demikian menjadi pertanda utama akan penyakit diabetes tipe 2. Biasanya pada awalnya jari-jari kaki merasa kesemutan, kemudian kaki mulai mati rasa dan muncul borok tersebut. Untuk mengatasinya hendaknya anda bisa meminum antibiotik jangka panjang secara tepat.

4. Kuku pada kaki menebal dan rapuh
Hal demikian bila terjadi, maka bisa menjadi tanda akan psoriasis. Dimana kuku akan menjadi menebal dan tiba-tiba rapuh. Dan biasanya hal demikian terjadi bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh terlalu aktif. Dengan begitu, setidaknya anda bisa langsung melakukan perawatan krim steroid, obat oral, serta terapi cahaya dalam menanggulanginya.

5. Sendi kaki merasa nyeri
Tahukah anda, bahwa sendi kaki yang mulai merasakan nyeri dan kaku, biasanya menjadi pertanda akan penyakit rheumatoid arthritis. Yang mana  terjadinya pembekakan pada sendi, sehingga menjadikan kaki akan bisa lebih sensitif. Namun bila hal demikian tidak segera ditanggulangi secara efektif, maka dalam jangka panjang akan bisa menimbulkan kerusakan pada tulang rawan, serta melemahkan fungsi otot anda.

6. Jari kaki tanpa bulu
Bila jari pada kaki tidak ada bulu, maka bisa jadi pertanda akan penyakit pembuluh darah. Bahkan pada kaki pun akan terlihat mengkilap dan nampak merah dengan kuku yang tebal. Hal tersebut bisa juga menjadi tanda permasalahan sirkulasi pada darah. Dengan demikian hendaknya ada penanganan yang cepat dan tepat, sebelum menjadi permasalahan kesehatan yang cukup fatal.

7. Kuku pada kaki berubah bentuk
Terjadinya kuku pada kaki yang mengalami perubahan bentuk, maka bisa menjadi pertanda akan masalah kardiovaskular, paru-paru atau masalah pencernaan. Yang mana semuanya itu bisa menjadikan kuku kaki berubah bentuk secara tiba-tiba. Perlu anda ketahui, bahwa hal tersebut biasanya disebabkan oleh terjadinya pemotongan pada tingkat gen oxy darah dalam tubuh. Dengan demikian, Seseorang bisa segera menanganinya dengan bantuan medis atau pengobatan klinis lainnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar