Langkah Alami Dalam Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

image: webmd.com
Infeksi merupakan terjadinya kuman atau bakteri yang menyerang di bagian organ tubuh kita. Infeksi saluran kemih atau ISK, disebabkan karena adanya kuman atau bakteri yang berkembang di dalam saluran kemih. Infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang berhubungan dengan masalah kencing. Seseorang yang mengalami penyakit ini, ditandai dengan anyang–anyangan atau kencing dalam waktu sering, namun hanya dalam kapasitas sedikit. 
 
Penyakit infeksi saluran kencing, disebabkan dari adanya bakteri E-Coli di dalam saluran kemih. Selain itu, ketika seseorang sering menahan kencing juga bisa menjadi penyebab akan terjadinya penyakit ini. Penyakit ini biasanya lebih sering menyerang kaum wanita, Pasalnya saluran uretra pada wanita lebih pendek jika dibandingkan dengan uretra laki–laki. Sehingga bakteri penginfeksi saluran kemih mudah menjangkau uretra pada wanita.
 
Proses keluarnya urin atau air kencing dari dalam tubuh, Terjadi melalui ginjal yang telah melakukan sekresi atau menyaring zat beracun. Yang mana nantinya akan dikeluarkan melalui urin. Dengan demikian, jika seseorang mengalami infeksi saluran kemih, maka segera lakukan pengobatan supaya tidak memicu terjadinya penyakit gagal ginjal. Dalam beberapa kasus yang sudah terjadi, infeksi saluran kemih menyebabkan gagal ginjal. Untuk itu lakukan beberapa cara alami berikut untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih tersebut :
 
1. Dengan Jahe
Jahe termasuk obat herbal yang sangat efektif dalam mengatasi infeksi saluran kemih. Di dalam jahe mengandung bahan aktif yang disebut gingerol. Dimana gingerol ini adalah agen antibakteri yang bisa menghambat penyebaran bakteri di dalam ginjal. Untuk mengatasi infeksi saluran kemih, anda bisa mengonsumsi wedang jahe secara rutin pada pagi dan malam hari.
 
2. Probiotik
Ini biasanya bisa didapatkan di dalam susu. Bakteri sehat yang ada di dalam susu ini ternyata bisa mengatasi penyakit infeksi saluran kemih. Sebuah penelitian membuktikan, bahwa mikroorganisme pada susu ternyata mampu mencegah terjadinya batu ginjal, serta tetap menjaga kesehatan sistem pencernaan anda.
 
3. Cuka apel
Cuka apel, Atau cuka yang didapatkan dari sari apel, Yang mana bahan alami ini mengandung berbagai senyawa alami yang mampu mengatasi infeksi saluran kemih. Untuk pengonsumsiannya, anda cukup mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka apel. Kedua campuran bahan ini bisa dikonsumsi setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 
4. Lidah buaya
Lidah buaya, Merupakan bahan alami yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Aloe vera di dalam lidah buaya tidak hanya mempercantik kulit saja, namun juga mampu menghilangkan racun di dalam tubuh. Dengan demikian, konsumsi jus lidah buaya 2 kali dalam sehari akan membantu mengobati infeksi saluran kemih.
 
5. Cranberry
Cranberry, Merupakan buah yang bisa dijadikan sebagai obat mujarab dalam mengatasi bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Hal demikian karena buah Cranberry mampu meningkatkan tingkat keasaman tubuh, Sehingga bisa mengatasi perkembangan bakteri di dalam saluran kemih.
 
6. Kunyit
Kunyit adalah obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Di dalam kunyit mengandung kurkumin yang bersifat sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri, dan juga anti jamur, Sehingga bisa membantu menghambat pertumbuhan maupun penyebaran berbagai jenis mikroba.
 
Mengingat penyakit infeksi saluran kemih ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan gagal ginjal, maka seorang penderita ISK bisa melakukan pengobatan cara alami di atas. Pengobatan herbal tidak akan menimbulkan efek samping dalam jangka panjang, Justru akan memulihkan saluran kemih yang sebelumnya terinfeksi. Jadi, Seseorang bisa juga melakukan cara alami untuk mengatasi penyakit ISK.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar